Membuat surat lamaran kerja merupakan langkah awal bagi seseorang yang ingin mempunyai pekerjaan. Surat lamaran kerja sendiri adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang ingin mempunyai pekerjaan dengan cara mengirim surat tersebut kepada sebuah perusahaan atau organisasi yang sedang membutuhkan tenaga kerja.
Surat ini tentunya memiliki tujuan untuk memperkenalkan diri, menunjukkan minat dan kualifikasi, kemudian mengajukan diri sebagai kandidat yang tepat serta membuat perusahaan tertarik untuk pertimbangkan kita sebagai pelamar.
Agar berhasil memikat perhatian perusahaan, penting untuk memahami struktur dalam membuat surat lamaran kerja. Berikut adalah struktur surat lamaran kerja:
1. Tempat dan Tanggal
Bagian ini diisi dengan tempat dan tanggal dibuatnya surat.
2. Alamat Pengirim
Bagian ini diisi dengan alamat si pengirim atau orang yang ingin melamar.
3. Alamat PenerimaÂ
Bagian ini diisi dengan alamat sebuah perusahaan yang ingin kita lamar.Â
4. Salam PembukaÂ
Pada bagian ini salam pembuka yang digunakan biasanya yaitu, "Dengan Hormat".
5. Isi Surat
Pada bagian isi diawali dengan perkenalan diri, dilanjut beritahu maksud dan tujuan membuat dan mengirimkan surat kepada penerima. Jangan lupa beritahu pengalaman yang kita miliki serta beritahu bahwa kita adalah orang yang sesuai dengan kualifikasi.Â
Â
Beritahu juga tentang kemampuan dan keahlian kita yang dapat membantu pekerjaan tersebut. Sertakan pula tujuan serta motivasi kita dalam bekerja dan buatlah kalimat yang menarik agak perusahaan tertarik.Â
Pada bagian akhir ucapkan terima kasih dan harapan kalian atas kesediaan untuk dipanggil dalam sesi wawancara.Â
6. Salam PenutupÂ
Pada bagian ini cukup berikan ucapan "Hormat Saya".Â
7. Nama dan Tanda TanganÂ
Sertakan nama dan tanda tangan jelas (bukan nama panggilan atau nama singkatan) kita sebagai pengirim.
8. LampiranÂ
Berikan pula dokumen pendukung lainnya seperti, CV, foto, KTP, ijazah dan sertifikat penghargaan yang kita miliki.Â
Selain perhatikan strukturnya, kita juga perlu perhatikan ejaan dalam penulisan dan juga perlu perhatikan tata letak dalam membuat surat lamaran kerja. Berikut adalah beberapa tips agar surat lamaran kerja kamu jadi makin cakep.
Langkah awalnya, yaitu menggunakan font standar seperti, Arial, Calibri atau Times New Roman, lalu gunakan ukuran font 12.Â
Letakan tempat dan tanggal pada bagian atas dan menggunakan rata kanan, kemudian klik enter 1 kali dan kembalikan ke rata kiri.Â
Gunakan 2 kali enter antara bagian alamat dengan bagian salam hormat. Lalu, gunakan 1 kali enter antara bagian salam hormat dengan bagian isi surat.
Pada bagian isi jangan lupa untuk klik "tab" pada komputer kamu, atau bisa klik spasi sebanyak 8-10 kali jika menggunakan handphone. Lakukan hal tersebut jika ingin membuat paragraf baru agar setiap awalan paragraf condong kebelakang dan jangan lupa untuk menggunakan rata kanan-kiri agar bagian isi terlihat rapi.
Gunakan 1 kali enter antara bagian isi surat dengan bagian salam penutup. Kemudian, gunakan 4-5 kali enter antara bagian salam penutup dengan bagian nama dan tanda tangan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H