Mohon tunggu...
Fadhila Berlianti Azzahinas
Fadhila Berlianti Azzahinas Mohon Tunggu... Psikolog - Psikologi

publish hal mengenai psikologi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pendekatan Psikologi untuk Menumbuhkan Rasa Kepercayaan Diri Kepada Anak Usia Diri di TK Bahrul Ulum Surabaya

25 Desember 2021   16:03 Diperbarui: 25 Desember 2021   16:18 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendekatan Psikologi Untuk Menumbuhkan Rasa Kepercaya Diri Kepada Anak Usia Dini Di TK Bahrul Ulum Surabaya

Rabu (10/11/2021)

Taman Kanak-kanak Bahrul Ulum Surabaya

dok,pri
dok,pri

Fadhila Berlianti Azzahinas

Program Studi Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Jl. Semolowaru No. 45 Surabaya 60118, Indonesia

Email : fadhilaberliantiazzahinas@gmail.com


            Univeritas 17 Agustus 1945 Surabaya membuka kesempatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mandiri pendidikan, untuk melakukan pendampingan psikologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan seperti menjawab pertanyaan yang diberikan, menuangkan ide keterampilan melalui origami, berlatih mendengarkan bacaan buku cerita, dan bermain dengan media boneka jari. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sampel dari penelitian ini adalah guru pengajar dan siswa di Taman Kanak-Kanak Bahrul Ulum Surabaya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa melalui kegiatan-kegiatan tersebut sangat berpengaruh positif dalam menumbuhkan kepercayaan diri pada anak usia dini.

            Pendidikan merupakan proses, cara atau perbuatan mendidik yang bertujuan mengubah tata laku atau sikap seseorang dengan jalan membentuk sikap atau perilaku orang tersebut. Hal ini sejalan dengan pengertian Pendidikan dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional yaitu Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta ketrampilan yang di perlukan dirinya, masyakarat, bangsa, dan Negara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun