Pendekatan Psikologi Untuk Menumbuhkan Rasa Kepercaya Diri Kepada Anak Usia Dini Di TK Bahrul Ulum Surabaya
Rabu (10/11/2021)
Taman Kanak-kanak Bahrul Ulum Surabaya
Fadhila Berlianti Azzahinas
Program Studi Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Jl. Semolowaru No. 45 Surabaya 60118, Indonesia
Email : fadhilaberliantiazzahinas@gmail.com
      Univeritas 17 Agustus 1945 Surabaya membuka kesempatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mandiri pendidikan, untuk melakukan pendampingan psikologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan seperti menjawab pertanyaan yang diberikan, menuangkan ide keterampilan melalui origami, berlatih mendengarkan bacaan buku cerita, dan bermain dengan media boneka jari. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sampel dari penelitian ini adalah guru pengajar dan siswa di Taman Kanak-Kanak Bahrul Ulum Surabaya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa melalui kegiatan-kegiatan tersebut sangat berpengaruh positif dalam menumbuhkan kepercayaan diri pada anak usia dini.
      Pendidikan merupakan proses, cara atau perbuatan mendidik yang bertujuan mengubah tata laku atau sikap seseorang dengan jalan membentuk sikap atau perilaku orang tersebut. Hal ini sejalan dengan pengertian Pendidikan dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional yaitu Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta ketrampilan yang di perlukan dirinya, masyakarat, bangsa, dan Negara.