Mohon tunggu...
Fachrur Rozi
Fachrur Rozi Mohon Tunggu... Guru - Menyukai Traveling dan seorang Konseptor

Saya adalah seorang konseptor, saya senang membuat perencanaan terhadap suatu kegiatan atau tugas dengan target maksimal. Saya berwawasan luas, mudah bergaul dan suka untuk mencoba hal-hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Ke - 12, Membangun Peradaban Sekolah Berkemajuan

6 Mei 2024   10:42 Diperbarui: 6 Mei 2024   10:47 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Assalamu'alaikum semuaa...!!! 

Semoga kabarnya baik, sehat dan bahagia...!

Terima kasih karena hingga tulisan terakhir untuk jurnal refleksi dwi mingguan, sobat baca masih "stay" dilaman ini. Mungkin hampir semua tulisan saya terlihat kurang menarik untuk dibaca mengingat model penulisan jurnal ini berdasarkan model yang sudah ditentukan. Tetapi penulis berusaha untuk mengemas setiap tulisan terlihat lebih menarik untuk dibaca.

Di postingan ini saya menulis jurnal refleksi dwimingguan sesuai dengan pengalaman saya dalam proses pendidikan guru penggerak Angkatan ke-9. Jurnal refleksi ini saya tulis setelah saya mengikuti Pendampingan Individu 6 dan Lokakarya 6. Dalam menulis jurnal, saya menggunakan model 4F, yakni Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan). 

Berikut jurnal refleksi dwimingguan kegiatan pendampingan 6 dan lokakarya 6.

Fact (Peristiwa)

Saya mengikuti pendampingan individu ke-6 pada hari Kamis, 28 Maret 2024. Ada empat fokus pada pendampingan individu ke-6 ini, yakni refleksi hasil survei (feedback 360), perubahan selama pembelajaran, penilaian pemetaan aset, dan persiapan panen hasil belajar. Di samping itu, di pendampingan individu ke-6 ini, Pengajar Praktik juga mewawancarai rekan sejawat terkait proses pemetaan aset yang sudah saya lakukan sebelumnya. 

Sumber : Kegiatan Rapat Pemetaan Aset dengan Rekan Sejawat/Dok. pri
Sumber : Kegiatan Rapat Pemetaan Aset dengan Rekan Sejawat/Dok. pri

Selanjutnya, pada hari Sabtu, 30 Maret 2024, saya bersama rekan-rekan CGP se-Kabupaten Kutai Timur mengikuti lokakarya ke-6 yang bertempat di SMA Negeri 2 Sangatta Utara. Agenda kegiatan dalam lokakarya ke-6 ini adalah:

a.Pembukaan dan persiapan kegiatan

b.Berbagi tujuan program

c.Rencana pengemabangan sekolah

d.Posisi calon guru penggerak

e.Refleksi calon guru penggerak terkait kompetensi yang dimiliki 

f.Rencana penguatan kompetensi diri 

g.Penutup dan refleksi

Feeling (Perasaan)

Saya merasa senang saat mengikuti pendampingan individu ke-6 karena saya bisa belajar banyak dari proses wawancara bersama Pengajar Praktik, yakni Ibu Deviary, S.Pd., M.Pd. 

Sumber : Rapat bersama Pengurus Komite Sekolah/dok. pri
Sumber : Rapat bersama Pengurus Komite Sekolah/dok. pri

Di lokakarya ke-6 saya juga merasakan senang, bangga, dan terkesan. Saya merasa senang karena bisa berkolaborasi bersama dengan rekan CGP. Saya bangga karena bisa mempresentasikan visualisasi program sekolah yang sudah saya buat. Saya terkesan karena di lokakarya tersebut saya mendapatkan banyak inspirasi terkait visualisasi tujuan program sekolah yang dipresentasikan oleh rekan-rekan CGP. 

Findings (Pembelajaran)

Di pendampingan individu ke-6 saya mendapat banyak pembelajaran, di antaranya saya bisa mengenali sejauh mana kompetensi diri yang saya miliki berdasarkan refleksi hasil survei (feedback 360). Dengan dipandu oleh Pengajar Praktik, saya juga bisa memahami perubahan diri saya selama pembelajaran dalam Pendidikan Guru Penggerak. Saya pun mendapat pemahaman yang lebih tentang pemetaan aset yang dapat digunakan sebagai sumber daya di sekolah. Dalam proses pendampingan individu ke-6 ini saya juga sudah memiliki gambaran tentang panen hasil belajar.

Sumber : Diskusi bersama Peserta Didik tentang Pemetaan Aset/dok. pri
Sumber : Diskusi bersama Peserta Didik tentang Pemetaan Aset/dok. pri

Di lokakarya ke-6 saya banyak mendapatkan inspirasi tentang tujuan dan latar belakang program-program sekolah yang kreatif dan inovatif dari rekan-rekan CGP. Berkolaborasi dengan rekan-rekan CGP lainnya juga menambah wawasan saya tentang karakter-karakter guru yang memiliki ciri khas masing-masing.  

Future (Penerapan)

Setelah mengikuti kegiatan pendampingan individu ke-6 dan lokakarya ke-6, ke depannya saya akan menerapkan ilmu/materi yang saya dapatkan dari kegiatan-kegiatan tersebut. Misalnya, saya akan meningkatkan kompetensi diri sebagai guru penggerak berdasarkan refleksi diri hasil survei (feedback 360). Saya juga akan mempersiapkan karya-karya yang akan ditampilkan dalam Lokakarya Ke-7 atau Panen Raya Hasil Belajar Pendidikan Guru Penggerak Angkatan Ke-9.

Sumber : Kegiatan Pendampingan Individu 6 bersama Pengajar Praktik/dok. pri
Sumber : Kegiatan Pendampingan Individu 6 bersama Pengajar Praktik/dok. pri

Terima kasih atas kebersamaannya selama ini hingga akhirnya tuntas sudah tulisan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Ke - 12 ini. Jika menikmati seluruh proses pelatihan guru penggerak ini, waktu 6 bulan begitu cepat berlalu. Kedekatan dan kebersamaan dengan Ibu Kartini, S.Pd., M.Pd. selaku Fasilitator yang begitu sabar berbagi pengalaman dan ilmunya, juga Ibu Deviary, S.Pd., M.Pd. yang tanpa kenal lelah disela kesibukannya selalu datang mendampingi dengan wajah ceria. Terlebih lagi rekan seperjuangan, teman-teman kelas B Angkatan 9, terima kasih buat dukungannya.

Akhirnya, saya memohon maaf jika tulisan saya ada yang kurang berkenan bagi sobat hebat semua. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa kelak mempertemukan kita kembali dalam kesempatan baik lainnya. 

Terima kasih dan sampai jumpaa....!!!

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun