Mohon tunggu...
Fachrur Rozi
Fachrur Rozi Mohon Tunggu... Guru - Menyukai Traveling dan seorang Konseptor

Saya adalah seorang konseptor, saya senang membuat perencanaan terhadap suatu kegiatan atau tugas dengan target maksimal. Saya berwawasan luas, mudah bergaul dan suka untuk mencoba hal-hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Dwi Mingguan Ke-3. Meraih Mimpi Sang Guru Penggerak

9 Oktober 2023   02:25 Diperbarui: 20 Oktober 2023   10:12 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamu'alaikum sobat hebat semua...

Tulisan kali ini, saya masih menggunakan model 4F yaitu Facts (Peristiwa), Feelings(Perasaan), Findings(Pembelajaran) dan Future (Penerapan). Sebelumnya saya mohon maaf jika gaya tulisan saya kali ini berbeda dari biasanya, kenapa? Jujur, saya telat untuk menulis kegiatan saya pada jurnal ini. Begitu banyak kegiatan sehingga berdampak pada jadwal penulisan ini. Tapi semoga hal ini tidak membuat sobat hebat semua jadi males baca tulisan saya yaaahh...

Tapi saya janji pada diri saya sendiri dan tentunya sobat hebat semua yang masih setia sama tulisan saya bahwa yang seperti ini tidak akan terulang lagi, semoga Allah SWT, Tuhan YME senantiasa merahmati kita semua dalam lindungan dan kasih sayangNya. Yukk..kita simak tulisan saya kali ini yang saya beri judul "Meraih Mimpi Sang Guru Penggerak".

1. Facts(Peristiwa)

Pada hari Rabu, 13 September 2023, mendapatkan kunjungan pertama melalui Pendampingan Individu dengan pengajar praktik (PP) yaitu Ibu Deviary Bayuningriati, S.Pd., M.Pd.  yang biasa dipanggil Miss Devi. Pendampingan itu berlangsung selama kurang lebih 3 jam, dimulai sekitar pukul 13.15 sampa pukul 16.15 Wita. Dalam pendampingan individu ini saya mendapatkan banyak arahan dan masukan untuk kemajuan CGP dalam penerapan praktik baik keseharian di sekolah. Penerapan pemikiran filosofi pendidikan KHD di lingkungan sekolah dan penularan ke teman sejawat. Kendala-kendala yang saya hadapi, mendapatkan masukan dari Miss Devi membuat saya mulai merencanakan setiap tranformasi pembelajaran selanjutnya.Salah satu yang menjadi perhatian beliau adalah mengenai Portofolio Digital,yang harus saya buat sebelum Pendampingan Individu berikutnya

Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Kemudian pada tanggal 14-15 September 2023 berturut-turut melakukan pembelajaran mandiri pada LMS dan saling memberikan komentar terhadap materi yang menjadi topik pembelajaran.

Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi
Setelah itu dilanjutkan kegiatan Lokakarya 1 pada hari Sabtu, 16 September 2023 yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sangatta Utara yang berlangsung hingga sore hari.

Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Lalu secara berurutan hingga berakhir pada 2 Oktober 2023, melakukan berbagai diskusi pada Ruang Kolaborasi dan Elaborasi Pemahaman hingga memahami tahapan pembelajaran dengan melakukan Koneksi Antar Materi serta mengungga berbagai tugas sesuai dengan materi yang telah disampaikan. Setelah itu semua diakhiri dengan membuat Jurnal Refleksi Dwi Mingguan.

Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi

2. Feelings(Perasaan)

Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak adalah saya merasa senang, bersemangat, dan semakin termotivasi untuk terus menjalankan pendidikan guru bergerak. Saya juga merasa tertantang untuk terus mengadakan perubahan di kelas maupun di sekolah. 

Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi

3. Findings(Pembelajaran)

Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Setelah mempelajari modul 1.3 ini saya mendapatkan banyak pengalaman tentang memimpin sebuah perubahan, di mana kita harus memfokuskan diri pada kekuatan positif yang ada di sekolah. Dengan memegang teguh inquiry apresiatif sebagai paradigma serta menerapkan tahapan BAGJA dalam menyusun prakarsa perubahan maka akan menjadikan sebuah perubahan yang kita lakukan menjadi semakin nyata. 

Selama ini yang saya tahu bahwa untuk meningkatkan atau memajukan sekolah maka kita harus mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada, namun ternyata dalam pendidikan guru penggerak kita harus menitikberatkan kekuatan kita pada hal-hal positif yang kita miliki. Dengan terus mengembangkan hal-hal positif yang kita miliki maka perlahan-lahan kekurangan-kekurangan yang ada akan tertutupi.

4. Future(Penerapan)

Saya akan berusaha untuk terus menerapkan dan mewujudkan visi murid impian yaitu "Mewujudkan Merdeka Belajar dalam Membentuk Karakter Pancasila" . Selain itu saya akan terus berinovasi dalam pembelajaran serta mengupayakan pembelajaran yang berpihak pada murid. Saya juga akan melakukan kolaborasi dengan teman sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan dalam rangka untuk melaksanakan misi guru penggerak.

Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi
Inilah refleksi yang bisa saya tuangkan pada artikel ini, semoga dapat menjadi inspirasi bagi sobat hebat semua, sampai jumpa lagi pada jurnal refleksi berikutnya.

Salam Guru Penggerak !!!

Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabaratuh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun