Mohon tunggu...
Ezra Antonius
Ezra Antonius Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pemburu dunia digital

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menjadi Kreatif dengan Canva: Edukasi dan Praktik Desain di SMP Muhammadiyah 7 Desa Kebagusan

12 Agustus 2023   21:52 Diperbarui: 12 Agustus 2023   22:06 316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1: Berfoto bersama siswa kelas 9 setelah penyampaian materi/dokpri

Ampelgading, 21 Juli 2023 - Inovasi teknologi semakin berkembang dan merambah ke berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Hal ini terbukti dari pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema "Kegiatan Edukasi dan Praktik Penggunaan Aplikasi Desain Canva" yang diadakan di SMP Muhammadiyah 7 Desa Kebagusan, Kecamatan Ampelgading.

Membuka Peluang Kreativitas Melalui Aplikasi Desain Canva

Dalam program KKN kali ini, siswa SMP Muhammadiyah 7 Desa Kebagusan mendapatkan kesempatan untuk menggali potensi kreativitas mereka melalui edukasi dan praktik penggunaan aplikasi desain Canva. Aplikasi ini memungkinkan mereka untuk menciptakan desain grafis dengan cara yang mudah dan intuitif.

Gambar 2: Pengenalan aplikasi canva/dokpri
Gambar 2: Pengenalan aplikasi canva/dokpri

Pengenalan Canva dari Nol

Kegiatan dimulai dengan pengenalan Canva dari nol kepada para siswa. Mereka diberikan gambaran tentang potensi dan fitur-fitur aplikasi ini dalam dunia desain grafis. Dengan penuh antusias, para siswa belajar tentang penggunaan berbagai elemen desain, seperti teks, gambar, dan latar belakang, untuk menciptakan desain yang menarik.

Praktik Membuat Desain Kartu Identitas

Tidak hanya mendapatkan pengetahuan, para siswa juga diajak untuk langsung mempraktikkan penggunaan Canva. Dalam sesi praktik, mereka diberikan tugas untuk membuat desain kartu identitas. Dengan bimbingan dan arahan dari para fasilitator, siswa mulai berkreasi dan merancang desain kartu identitas sesuai dengan imajinasi dan kreativitas masing-masing.

Gambar 2: Sharing materi bersama kepala sekolahdokpri
Gambar 2: Sharing materi bersama kepala sekolahdokpri

Minat Kepala Sekolah Terhadap Aplikasi Canva

Menariknya, tidak hanya para siswa yang tertarik dengan edukasi dan praktik Canva, namun Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 7 Desa Kebagusan juga turut memiliki minat untuk mempelajari fitur-fitur yang ada di aplikasi Canva. Beliau melihat potensi besar dalam pemanfaatan teknologi desain untuk mendukung pengembangan kreativitas siswa dan memperkaya metode pembelajaran di sekolah. Selain itu, para guru pun turut antusias dalam bertanya apabila ada hal yang sulit dipahami.

Gambar 3: Sharing materi bersama gurudokpri
Gambar 3: Sharing materi bersama gurudokpri

Dampak Positif dan Pengalaman Baru

Hasil yang dicapai dari kegiatan ini sangat memuaskan. Para siswa berhasil menciptakan desain-desain menarik dan unik untuk kartu identitas mereka sendiri. Dampak positifnya tidak hanya terbatas pada kemampuan teknis dalam menggunakan aplikasi desain, tetapi juga dalam meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri, dan rasa bangga mereka atas hasil karya yang mereka buat.

Gambar 4: Mendampingi siswa selama praktik desaindokpri
Gambar 4: Mendampingi siswa selama praktik desaindokpri

Antusiasme dan Semangat Belajar

Kegiatan berlangsung dengan penuh antusiasme dan semangat belajar dari para siswa. Mereka aktif berinteraksi, bertanya, dan berbagi pengalaman selama sesi edukasi dan praktik. Hal ini mencerminkan tingginya minat mereka dalam mengembangkan keterampilan baru yang relevan dengan perkembangan zaman.

Mendukung Kemajuan Pendidikan

Program KKN ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi siswa, tetapi juga mendukung kemajuan pendidikan di SMP Muhammadiyah 7 Desa Kebagusan. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran membuka peluang baru untuk mengajarkan keterampilan praktis yang relevan dengan dunia nyata.

Melalui program KKN dengan tema "Kegiatan Edukasi dan Praktik Penggunaan Aplikasi Desain Canva," siswa SMP Muhammadiyah 7 Desa Kebagusan telah mengambil langkah maju dalam mengembangkan kreativitas dan keterampilan desain mereka. Dengan semangat belajar yang tinggi, mereka berhasil menciptakan desain-desain menarik yang akan terus menginspirasi mereka dalam perjalanan belajar dan berkarya di masa depan. Dukungan dan minat Kepala Sekolah dalam mengikuti perkembangan teknologi desain turut memperkaya pengalaman belajar siswa di sekolah ini.

Penulis : Antonius Ezra Cristian (Ilmu Perpustakaan - FIB)

Dosen Pembimbing : A'nim Kafabih, S.E., M.E.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun