Mohon tunggu...
Evi Sukmawati
Evi Sukmawati Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP

Humoris dan mudah menjalin pertemanan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Membangun Budaya Positif di Sekolah Melalui Kesepakatan Kelas

7 November 2022   14:56 Diperbarui: 7 November 2022   15:07 684
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

MEMBANGUN BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH 

MELALUI KESEPAKATAN KELAS

 

Oleh: Evi Sukmawati, S.Pd.

CGP Angkatan 6 

UPTD SMP Negeri 7 Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat

Latar Belakang

Pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat. Ki Hajar Dewantara memiliki keyakinan bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab maka pendidikan menjadi salah satu kunci utama untuk mencapainya. Pendidikan dapat menjadi ruang berlatih dan bertumbuhnya nilai-nilai kemanusiaan yang dapat diteruskan atau diwariskan. Sementara itu, pendidikan Indonesia kini telah memiliki acuan Profil Pelajar Pancasila sebagai gambaran, proyeksi, dan harapan yang bangsa kita upayakan agar mewujud pada murid Indonesia di masa depannya kelak. Profil Pelajar Pancasila mengandung enam dimensi yang kesemuanya berakar pada falsafah Pancasila: (1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; (2) Mandiri; (3) Bergotong-royong; (4) Berkebhinekaan global; (5) Bernalar kritis; (6) Kreatif.

Untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, seorang pendidik hendaknya mampu mengembangkan lingkungan pembelajaran yang berpihak pada murid sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara bahwa pendidik menghamba pada anak. Berpihak pada murid di sini berarti seorang pendidik selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan murid sebagai acuan utama. Selain itu, seorang pendidik juga harus memiliki visi yang jelas dan terarah serta sejalan dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Untuk mewujudkan visi tersebut, seorang guru harus menerapkan nilai dan peran guru penggerak dan mampu mengolaborasikan kekuatan tiap individu untuk membuat prakarsa perubahan yang kemudian dituangkan dalam Paradigma Inkuiri Apresiatif (IA) dengan tahapan BAGJA.

Berdasarkan paparan di atas, salah satu tanggung jawab seorang guru dalam menerapkan nilai dan peran guru penggerak adalah bagaimana menciptakan suatu lingkungan positif yang berpihak pada murid sesuai visi guru penggerak. Hal ini dapat diwujudkan jika seluruh warga sekolah saling bekerja sama sehingga tercipta kebiasaan-kebiasaan baik yang akan tumbuh menjadi karakter-karakter baik warga sekolah. Pada akhirnya karakter-karakter dari kebiasaan-kebiasaan baik akan membentuk sebuah budaya positif. Budaya positif adalah jembatan dalam mewujudkan murid dengan karakter Profil Pelajar Pancasila.

Salah satu upaya dalam membangun budaya positif di sekolah yang berpihak pada murid adalah menciptakan lingkungan kelas yang yang mendukung terciptanya budaya positif, yaitu dengan menyusun keyakinan kelas. Keyakinan kelas dipilih karena setiap tindakan atau perilaku yang kita lakukan di dalam kelas dapat menentukan terciptanya sebuah lingkungan positif. Perilaku warga kelas tersebut menjadi sebuah kebiasaan yang akhirnya membentuk sebuah budaya positif. Untuk itulah diperlukan penciptaan keyakinan-keyakinan dasar bersama di antara warga kelas.

Tujuan

Adapun tujuan Aksi Nyata ini, antara lain:

  • Mewujudkan budaya positif di kelas dengan membuat kesepakatan kelas untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan.
  • Menuntun murid agar memiliki nilai-nilai kebajikan universal (mandiri, tanggung jawab dan komitmen).
  • Mewujudkan hubungan yang harmonis baik antara siswa dengan siswa maupun antara guru dengan siswa.

Hasil Aksi Nyata

Hasil dari aksi nyata ini adalah:

  • Terwujudnya budaya positif di kelas melalui kesepakatan kelas dalam kegiatan pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan.
  • Terbangunnya motivasi internal murid untuk menerapkan nilai-nilai kebajikan (mandiri, tanggung jawab dan komitmen).
  • Terwujudnya hubungan yang harmonis baik antara siswa dengan siswa maupun antara guru dengan siswa.
  • Linimasa Tindakan Yang Akan Dilakukan

Langkah membuat kesepakatan kelas dapat dilakukan dengan langkah-langkah:

  • Guru mengajak murid memikirkan dengan hati-hati tentang keinginannya tentang kelas impian.

  • Guru meminta murid menuliskan apa yang mereka pikirkan dan inginkan tentang kelasnya dalam belajar yang dituliskan dalam kertas origami yang sudah dibagikan.

Dokpri
Dokpri
  • Murid menuliskan tentang kelas impian mereka.
  • Guru meminta murid mengumpulkan hasil pemikiran mereka.
  • Setelah semua berpartisipasi, dengan bantuan dua orang siswa, hal-hal yang telah ditulis di kertas origami tentang kelas impiannya dibaca satu per satu.
  • Guru mengajak murid berdiskusi membahas impian-impian tentang kelasnya yang sudah mereka tulis untuk menemukan kesamaan yang mereka miliki. Lalu membuat daftar kesamaan yang telah didiskusikan.

Dokpri
Dokpri
  • Guru memandu murid menyoroti hal-hal yang dianggap paling penting untuk disepakati bersama.
  • Guru memastikan semua murid ambil bagian dalam kegiatan ini.
  • Guru dan murid membaca hasil kesepakatan kelas yang telah disetujui, kemudian murid menempelkan kesepakatan kelas ke kertas karton sehingga membentuk sebuah poster.

Dokpri
Dokpri
  • Poster kesepakatan kelas di tempel di dinding kelas.

Dokpri
Dokpri

Dukungan Yang Dibutuhkan

Aksi nyata ini membutuhkan dukungan-dukungan sebagai berikut:

  • Dukungan dari kepala sekolah.
  • Dukungan dari rekan sejawat.
  • Dukungan dari murid dan orang tua/wali murid.
  • Sarana dan prasarana dalam menjalankan disiplin positif (kesepakatan kelas)

Rencana Tindak Lanjut

Adapun rencana tindak lanjut dari aksi nyata ini adalah:

  • Saya akan membuat keyakinan kelas bersama dengan murid-murid saya pada tiap awal tahun ajaran baru dalam upaya mewujudkan budaya positif di sekolah.
  • Saya akan selalu berusaha menempatkan diri sebagai seorang manajer dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada murid-murid saya, sehingga dapat memunculkan motivasi intrinsik pada murid untuk selalu menerapkan disiplin positif.
  • Saya akan membagikan praktik baik yang sudah saya lakukan terkait penerapan budaya positif di sekolah kepada rekan-rekan sejawat saya.

Dokumentasi Kegiatan Diseminasi Aksi Nyata Budaya Positif di Sekolah

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Untuk dokumentasi aksi nyata budaya positif yang lebih lengkap dapat di akses melalui tautan https://youtu.be/H-N1fHWRGdA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun