Mohon tunggu...
EVI SEPTIARINI
EVI SEPTIARINI Mohon Tunggu... Guru - Guru SDIT Badrussalam Magetan Jawa Timur. Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Perkenalkan saya Evi. Seorang guru matematika yang entah kenapa jatuh cinta pada dunia kata-kata. Bagi saya merangkai kata laksana mengerjakan soal matematika. Sulit dan rumit. Tapi asyik dan menarik. dan yang pasti seru dan menantang.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai Dari Diri Modul 3.2

3 Mei 2023   22:48 Diperbarui: 3 Mei 2023   22:53 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salam Guru Penggerak 

Alhamdulillah kita sudah masuk di Modul 3.2 Pendidikan Guru Penggerak. Mulai dari diri dengan menjawab beberapa pertanyaan untuk melihat sejauh mana pengetahuan tentang materi pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Berikut disajikan pertanyaan dan jawaban dalam aktivitas pembelajaran mulai dari diri modul 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya:

1. Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas. Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Dalam sebuah ekosistem terjadi interaksi antara faktor biotik dan faktor abiotik. Jika sekolah merupakan ekosistem, maka yang termasuk biotik adalah segala sesuatu yang hidup yaitu sumber daya manusianya meliputi kepala sekolah, guru, murid, tenaga kependidikan, dan wali murid. 

Sedangkan yang termasuk abiotik berkaitan dengan yang tidak hidup, misalnya sarana prasarana, bangunan sekolah, lapangan olahraga, lapangan upacara, visi misi sekolah, kurikulum sekolah, administrasi keuangan, dll. Kedua faktor tersebut saling berinteraksi satu sama lain untuk menciptakan lingkungan belajar yang berpihak pada murid.

2. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah? Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

Sumber daya manusia meliputi kepala sekolah, guru, karyawan, murid, dan wali murid. Sumber daya alam meliputi lingkungan sekolah dan benda-benda yang ada di sekitarnya.

3. Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut. Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

Kepala sekolah adalah seorang pemimpin yang memiliki tanggung jawab untuk menciptakan keseimbangan interaksi antara faktor biotik dan abiotik di sekolah. Juga mampu memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada di sekolah demi terwujudnya pendidikan sesuai dengan visi misi dan tujuan sekolah.

4. Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

Peran pemimpin yang ideal adalah kepala sekolah yang memiliki visi dan tujuan yang jelas dan terarah serta mempunyai program untuk mewujudkannya. Pemimpin seperti ini harus mampu memanfaatkan sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang ada di sekolah agar saling melengkapi. 

Memahami kekuatan yang dimiliki oleh sekolah untuk terus dikembangkan. Serta memahami kekurangan/hambatan yang ada serta mencari solusinya agar tidak semakin memperburuk keadaan di sekolah.

Pemimpin ideal harus memiliki pandangan ke depan, mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki ilmu dan wawasan yang luas, mampu memimpin dengan adil dan bijaksana, serta mampu bekerja sama dengan pihak lain.

5. Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah. Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

Peran saya di sekolah sebagai guru dan wali kelas. Sebagai guru tentu saya menjalin komunikasi yang baik dengan sesama guru, kepala sekolah, murid maupun wali murid. Sebagai guru saya memanfaatkan faktor abiotik lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar bagi anak-anak sesuai dengan bakat minat yang mereka miliki.

6. Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Harapan bagi:

a) Diri sendiri: mampu mengelola sumber daya yang terdapat di sekolah, mampu membuat strategi pengelolaan sumber daya, mampu memetakan sumber daya yang terdapat di sekolah, dan mampu menganalisis sejauh mana potensi kekuatan yang dimiliki sekolah serta tidak menganggap jelek kekurangan yang dimiliki.

b) Murid: memiliki tanggung jawab dan kesadaran diri dalam pengelolaan sumber daya di sekolah sehingga dapat dirasakan manfaatnya dalam pembelajaran.

c) Sekolah: mampu mengelola sumber daya secara efektif dan maksimal dengan melakukan program sekolah serta evaluasi dan membuat rancangan tindak lanjut di masa yang akan datang.

7. Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan dan materi yang diharapkan selain konten materi juga bukti praktik cara mengelola sumber daya yang berada di sekolah secara efektif, strategi pengelolaan sumber daya, cara membuat pemetaan sumber daya, dan cara menganalisis potensi kekuatan sumber daya yang ada di sekolah. 

Manfaat yang diharapkan pada modul ini yakni saya mampu mengaplikasikan materi yang akan saya pelajari terkait pengelolaan sumber daya yang dimiliki sekolah. Keunggulan yang dimiliki sekolah menjadi sumber kekuatan untuk melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid menuju Profil Pelajar Pancasila.

Terimakasih. Semoga bermanfaat.

Tergerak. Bergerak. Menggerakkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun