Mohon tunggu...
Evia Machdini
Evia Machdini Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswi Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengulas Asessmen Bahasa Indonesia di Dalam Kelas

22 Mei 2024   10:29 Diperbarui: 22 Mei 2024   10:43 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mata Pelajaran

Bahasa Indonesia

Kelas

IX

Fase

D

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Tujuan Pembelajaran

Melalui model PjBL dan diskusi kelompok(C)
peserta didik (A) dapat membuat (B) sebuah iklan sederhana dengan kreatif.(D)

Materi Ajar

Teks Fiksi dan Non-fiksi

Jenis Asesmen (Formatif/Sumatif)

Formatif

Bentuk Asesmen (soal tertulis/projek/unjuk kerja/dll)

Projek

Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan tahapan perkembangan peserta didik? Jelaskan!

Asesmen yang sesuai dengan peserta didik adalah bagian asesmen formatif yang mana berupa tugas kelompok menganalisis teks fiksi dan non-fiksi. Dimana pada usia perkembangan tersebut peserta didik sudah mampu memecahkan masalah dan membentuk argument dengan kemampuan operasionalnya berkembang semakin kompleks

Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan perlunya mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik? Jelaskan!

Pada asesmen tersebut guru sudah
mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik, yang mana guru melakukan diferensiasi konten berupa teks fisi dan non-fiksi yang sesuai dengan minat peserta didik

Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan kemampuan peserta didik? Jelaskan!

Asesmen yang disusun sudah menunjukkan
kesesuaian dengan kemampuan peserta didik. Tingkat kemampuan peserta didik adalah kesiapan belajar peserta didik, bukan hanya pada tingkatan kelas. Berdasarkan asesmen awal, diketahui peserta didik memiliki informasi yang cukup baik mengenai teks fiksi dan non-fiksi. Selanjutnya guru juga memberikan video pemantik berupa cerita rakyat, sehingga peserta didik memiliki gambaran awal akan membuat teks fiksi yang seperti apa. Berdasarkan analisis awal dan disesuaikan dengan kodrat zaman peserta didik, maka guru menugaskan peserta didik membuat iklan dengan sederhana

Bagian mana dari asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian bahwa sudah memberikan ruang bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses
pembelajaran mereka?

Asesmen tersebut sudah menunjukkan kesesuaian dan sudah memberikan ruang kepada peserta didik untuk memberikan umpn balik terhapap proses pembelejaran, hal tersebut tergambar dari asesmen formatif yang diberikan menunjukkan bahwa guru ingin melihat tanggapan peserta didik mengenai rangkaian pembelajaran sebelumnya. Apakah informasi yang disampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik oleh peserta didik atau tidak. Apakah peserta dapat menyelesaikan penugasan sesuai dengan informasi yang disampaikan atau tidak. Semuanya dapat diketahui dari tes sumatif yang dikerjakan.

Jika Anda menjadi guru di kelas tersebut,hal apa yang ingin Anda tingkatkan untuk lebih memaksimalkan efektivitas asesmen
dengan memperhatikan tahapan
perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakter peserta didik, serta kemampuan peserta didik? Tuliskan pendapatmu secara lengkap!

Jika saya menjadi guru saya akan mencoba berbagai pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan beragam tingkat perkembangan peserta didik di kelas saya. Saya akan memastikan bahwa bahan- bahan tersebut mencerminkan atau merujuk pada pengalaman budaya peserta didik, agar lebih mudah dipahami dan relevan. Saya akan merancang tugas yang mencakup berbagai tingkat kesulitan dan gaya pembelajaran. Hal ini memungkinkan setiap peserta didik untuk menguji kemampuan mereka pada tingkat yang sesuai dengan perkembangan mereka. Tugas tugas ini juga akan mencernunkan kehidupan sehari hari dan pengalaman budaya peserta didik untuk mempertahankan minat dan keterlibatan mereka. Menentukan Asesmen Formatif yang sesuai

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun