Mata Pelajaran
Kelas
IX
Fase
D
Capaian Pembelajaran
Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.
Tujuan Pembelajaran
Melalui model PjBL dan diskusi kelompok(C)
peserta didik (A) dapat membuat (B) sebuah iklan sederhana dengan kreatif.(D)
Materi Ajar
Teks Fiksi dan Non-fiksi
Jenis Asesmen (Formatif/Sumatif)
Formatif
Bentuk Asesmen (soal tertulis/projek/unjuk kerja/dll)
Projek
Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan tahapan perkembangan peserta didik? Jelaskan!
Asesmen yang sesuai dengan peserta didik adalah bagian asesmen formatif yang mana berupa tugas kelompok menganalisis teks fiksi dan non-fiksi. Dimana pada usia perkembangan tersebut peserta didik sudah mampu memecahkan masalah dan membentuk argument dengan kemampuan operasionalnya berkembang semakin kompleks
Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan perlunya mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik? Jelaskan!
Pada asesmen tersebut guru sudah
mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik, yang mana guru melakukan diferensiasi konten berupa teks fisi dan non-fiksi yang sesuai dengan minat peserta didik
Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan kemampuan peserta didik? Jelaskan!
Asesmen yang disusun sudah menunjukkan
kesesuaian dengan kemampuan peserta didik. Tingkat kemampuan peserta didik adalah kesiapan belajar peserta didik, bukan hanya pada tingkatan kelas. Berdasarkan asesmen awal, diketahui peserta didik memiliki informasi yang cukup baik mengenai teks fiksi dan non-fiksi. Selanjutnya guru juga memberikan video pemantik berupa cerita rakyat, sehingga peserta didik memiliki gambaran awal akan membuat teks fiksi yang seperti apa. Berdasarkan analisis awal dan disesuaikan dengan kodrat zaman peserta didik, maka guru menugaskan peserta didik membuat iklan dengan sederhana
Bagian mana dari asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian bahwa sudah memberikan ruang bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses
pembelajaran mereka?
Asesmen tersebut sudah menunjukkan kesesuaian dan sudah memberikan ruang kepada peserta didik untuk memberikan umpn balik terhapap proses pembelejaran, hal tersebut tergambar dari asesmen formatif yang diberikan menunjukkan bahwa guru ingin melihat tanggapan peserta didik mengenai rangkaian pembelajaran sebelumnya. Apakah informasi yang disampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik oleh peserta didik atau tidak. Apakah peserta dapat menyelesaikan penugasan sesuai dengan informasi yang disampaikan atau tidak. Semuanya dapat diketahui dari tes sumatif yang dikerjakan.
Jika Anda menjadi guru di kelas tersebut,hal apa yang ingin Anda tingkatkan untuk lebih memaksimalkan efektivitas asesmen
dengan memperhatikan tahapan
perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakter peserta didik, serta kemampuan peserta didik? Tuliskan pendapatmu secara lengkap!
Jika saya menjadi guru saya akan mencoba berbagai pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan beragam tingkat perkembangan peserta didik di kelas saya. Saya akan memastikan bahwa bahan- bahan tersebut mencerminkan atau merujuk pada pengalaman budaya peserta didik, agar lebih mudah dipahami dan relevan. Saya akan merancang tugas yang mencakup berbagai tingkat kesulitan dan gaya pembelajaran. Hal ini memungkinkan setiap peserta didik untuk menguji kemampuan mereka pada tingkat yang sesuai dengan perkembangan mereka. Tugas tugas ini juga akan mencernunkan kehidupan sehari hari dan pengalaman budaya peserta didik untuk mempertahankan minat dan keterlibatan mereka. Menentukan Asesmen Formatif yang sesuai
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H