Semakin berkembang bisnis Anda, semakin banyak pula pesanan yang harus ditangani. Sehingga bisnis Anda perlu melakukan expansi dan scale up agar dapat mengimbangi permintaan pasar.
Tidak hanya mengenai penambahan karyawan atau gedung, cara menjalankan operasional bisnis pun harus ikut berubah agar masalah saat proses scale up dapat dihadapi dan ditanggulangi.Â
Cara yang paling tepat adalah menggunakan software HRIS untuk mengelola administrasi. Mengapa demikian?
Apa itu HRIS?
HRIS merupakan software yang dirancang untuk menangani permasalahan yang berkaitan dengan sumber daya manusia di suatu perusahaan seperti penggajian, pengajuan cuti, absensi dan lainnya. Salah satu aplikasi HRIS yang terkenal adalah HR Desk.
Kenapa UMKM Perlu Menggunakan HRIS?
HRIS dapat digunakan oleh perusahaan kecil, menengah maupun besar. Manfaat dari HRIS dapat dirasakan oleh semua ukuran bisnis. Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan saat menggunakan HRIS:
1. Proses Cepat dan Efisien
HRIS mempercepat proses administrasi seperti menghitung gaji dan kompensasi, approval cuti, dan absensi dengan mengotomatisasi prosesnya menggunakan satu aplikasi yang sama. Sehingga prosesnya berjalan lebih efektif dan efisien.Â
2. Mudah Diterapkan dan Digunakan
HRIS dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah diterapkan dan digunakan melalui device pribadi seperti smartphone atau laptop. HRIS juga dapat diinegrasikan dengan beberapa perangkat lain seperti mesin fingerprint.
3. Fleksibel
HRIS memiliki fitur-fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih modul yang sesuai misalnya modul payroll, employee management, dan lainnya.
4. Lebih Hemat
HRIS memiliki mekanisme pembayaran yang fleksibel seperti menyesuaikan dengan modul yang dipilih atau per kepala dengan menghitung jumlah karyawan yang ada di perusahaan. Kisaran harga umum vendor HRIS cukup murah, bisa dibawah Rp. 10.000 per kepala.
5. Fokus Mengembangkan Bisnis
Perusahaan dapat lebih fokus dan punya banyak waktu untuk mengembangkan bisnis daripada mengerjakan hal-hal administratif. Perusahaan Anda dapat memulai untuk mengembangkan produk, inisiatif marketing, atau lainnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H