Mohon tunggu...
EVANS MAULUDDIN
EVANS MAULUDDIN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Sebagai mahasiswa pascasarjana universitas bina bangsa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Layanan Purna Jual yang Prima Meningkatkan Minat Beli Serta Meningkatkan Citra Merek dan Mendapakan Kepercayaan Calon Konsumen Hyundai

20 Desember 2022   09:17 Diperbarui: 20 Desember 2022   09:54 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dengan Layanan Purna Jual yang Prima dapat meningkatkan Minat Beli Serta Meningkatkan Citra Merek dan Mendapakan Kepercayaan Merek di Benak Calon Konsumen Mobil Hyundai

Oleh : Evans M¹ & Basrowi²
¹Mahasiswa MM Uniba, ²Dosen MM Uniba,


Ditengah maraknya persaingan Hyundai Motors Indonesia dituntut untuk mendongkrak penjualan mobil. Untuk memenangkan persaingan, Hyundai Motors Indonesia harus memanfaatkan peluang bisnis yang ada dan berusaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar mampu bersaing serta memenaangkan persaingan.

Untuk mendukung kehadiran dan pertumbuhannya, HMID berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dalam hal penjualan dan purna jual didukung dengan jaringan dealer resmi yang tersebar di seluruh tanah air dan akan terus bertambah. HMID bercita-cita menjadi mitra seumur hidup di bidang otomotif dan lainnya, untuk maju selangkah lebih dekat kepada pelanggan dan menjadi merek kesayangan mereka.

Minat beli konsumen merupakan kesediaan konsumen untuk membeli suatu produk (barang atau jasa) berdasarkan penilaian sampai kepada keputusan untuk membeli produk tersebut. Minat beli terbentuk dari persepsi konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Semakin tinggi minat beli konsumen terhadap suatu produk maka semakin tinggi pula tingkat pembelian terhadap produk tersebut.

Persaingan perusahaan untuk memperebutkan konsumen tidak lagi terbatas pada atribut fungsional produk seperti kegunaan produk, melainkan sudah dikaitkan dengan merek yang mampu memberikan citra khusus bagi pemakainya. Dengan kata lain peranan merek mengalami pergeseran,  ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seseorang dalam membeli suatu produk diantaranya Citra Merek. faktor tersebut turut memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian. 

Seperti yang dikemukakan oleh Priansa (2017:267), bahwa suatu produk dengan citra merek yang kuat akan berdampak positif bagi perusahaan karena mampu memberikan kepuasan kepada konsumen/pelanggan sehingga dapat meningkatkan daya tarik konsumen untuk menggunakan produk tersebut.

Selain merek, faktor lain yang mempengaruhi keputusan dalam melakukan pembelian adalah layanan purna jual yang ditawarkan. layanan purna jual adalah pelayanan yang diberikan perusahaan sebagai tanggung jawab atas    produk  yang  telah  dijual.  Layanan  ini  dapat  diberikan  dalam  bentuk konsultasi lanjutan atau garansi berupa penggantian barang (suku cadang) yang rusak, pemeliharaan dan penyediaan suku cadang. Peranan layanan purna jual bertujuan untuk memberikan pelayanan dengan standart dan kualitas yang baik untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan untuk melakukan keputusan pembelian suatu produk .

Dengan demikian , secara tidak langsung layanan purna jual yang ada dalam suatu produk juga menjadi media promosi perusahaan serta menjadi mediasi dalam menarik perhatian konsumen serta meminimalisir kehawatiran Konsumen dalam menentukan keputusan pembelian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun