Beberapa strategi digital marketing yang bisa diterapkan di perusahaan anda:
5. Tinjau dan Perbaiki
Saat pertama kali mengembangkan rencana pemasaran, Anda harus menyertakan indikator kinerja utama (KPI) yang sesuai dengan sasaran bisnis penting. Anda perlu memiliki rencana untuk memahami tujuan dan sasaran Anda. Kemudian, setelah Anda memahaminya, Anda dapat memantau metrik yang memberi Anda informasi tentang KPI yang penting.
Intinya dengan kampanye atau taktik pemasaran digital adalah tetap selaras dengan tujuan inti Anda, bukan hanya produk Anda. Fokus pada manfaat, atasi kebutuhan nyata pelanggan, dan pahami apa yang membuat mereka tergerak. Selain itu, tetap ikuti tren sosial yang memengaruhi berbagai demografi. Ingatlah bahwa tugas Anda adalah "mengikuti" pelanggan dan bukan sebaliknya.
6. Otomasi Pemasaran
Seperti yang Anda lihat, otomatisasi pemasaran adalah elemen penting dalam banyak teknik pemasaran digital. Mengetahui lebih banyak tentangnya, secara umum, harus menjadi prioritas utama karena ini menjadi standar untuk bisnis di seluruh dunia.
Dengan 91% bisnis yang sukses sekarang mengatakan bahwa otomasi sangat penting untuk kesuksesan mereka, Anda bisa mendapatkan visi tentang apa itu pemasaran saat ini dan masa depan.
Untuk menjadi sukses dengan ini, coba cari platform CRM dengan otomatisasi pemasaran built-in.
Yang paling penting dari otomatisasi adalah menjaga konten Anda tetap konsisten di semua saluran untuk menghindari kebingungan merek.
7. Pemasaran Influencer
Salah satu metode pemasaran tidak mahal, tapi menghasilkan dampak adalah memakai influencer. Â
Influencer untuk mempromosikan merek Anda secara online bisa selebriti atau orang yang berpengaruh di sosial media , seseorang dengan banyak pengikut dan rekam jejak yang baik dalam mempromosikan produk.
Forbes mencatat Anda perlu mengidentifikasi pemberi pengaruh teratas terlebih dahulu, yang akan melibatkan sedikit riset. Anda dapat melakukan ini dengan melakukan pencarian hashtag di tempat-tempat seperti Twitter untuk melihat apa yang dikatakan orang tentang topik yang terkait dengan industri Anda.
8. Remarketing
Aspek penting lainnya dari pemasaran digital adalah mengejar prospek lagi dengan konten pemasaran. Fungsinya dengan melacak pengunjung ini melalui cookie dan membuat iklan baru di situs terkait.
Anda juga dapat membuat iklan baru di situs Anda untuk lebih menargetkan prospek Anda. Informasi yang Anda peroleh dari pengunjung situs memberi Anda data berharga untuk menyesuaikan iklan Anda untuk kebutuhan mereka.
Pada akhirnya, pemasaran ulang membantu Anda tetap lebih terlibat dengan prospek, membantu dalam kesadaran merek, dan meningkatkan konversi. Anda juga bisa mendapatkan pelanggan dari pesaing Anda, membantu membayar kembali setiap investasi yang Anda tempatkan dalam membuat iklan baru.
9. Desain Web Responsif
Menjangkau pelanggan melalui seluler sangat penting, bukan hanya sekarang tapi akan berkepanjangan. Website yang mudah dibuka dan tampilan yang baik di smartphone sangat penting. Satu-satunya cara Anda dapat membuat ini berhasil adalah melalui desain web yang responsif.
Dengan pemrograman responsif, Anda dapat membuat situs web Anda secara otomatis menyesuaikan dengan semua layar seluler. Ini berarti lebih dari satu format, termasuk tablet dan peningkatan penggunaan jam tangan pintar.
10. SEO
Meskipun Anda harus bekerja sama dengan design web untuk membuat berfungsi, Anda membutuhkan pakar SEO.
Bila website memiliki konten berkualitas dan memiliki penanganan SEO, algoritma Google bisa mengidentifikasi website yang menggunakan SEO.
Dari hasil survey, kurang dari 10 persen pencari menuju ke halaman kedua hasil pencarian
Mereka sering menemukan apa yang mereka cari, yang artinya bisnis Anda harus mendapat tempat di halaman pertama hasil penelusuran.
11. Mengunjungi Kembali Website Anda
Jika Anda sudah membuat landing page sebagai bagian dari kampanye pemasaran digital Anda, apakah Anda yakin prospek yang pernah berkunjung sebelumnya akan kembali?
Bila website Anda mungkin tidak terlalu menarik, solusinya pada desain web, ada form call dan iklan. Anda bisa berinvestasi dalam iklan PPC (bayar per klik) untuk menempatkan iklan untuk website terkait.
Iklan PPC akan muncul di bagian atas hasil pencarian, di atas daftar organik. Jika pengguna memutuskan untuk mengklik iklan Anda, Anda kemudian membayar untuk klik itu.
12. Email
Pemasaran email berfokus pada mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta mendapatkan yang baru. Ini adalah teknik yang sangat baik untuk membangun kesadaran merek, membuat perusahaan Anda selalu diingat, dan mendorong pembelian berulang.
13. Â Sosial Media
Pemasaran sosial media  berfokus pada membangun kesadaran merek dan meningkatkan konversi. Kampanye pemasaran sosial media  dapat menampilkan satu atau beberapa platform sosial media , tergantung pada audiens target Anda dan preferensi platform mereka.
Beberapa platform paling populer untuk strategi pemasaran Internet ini meliputi:
Selain memasarkan perusahaan Anda di sosial media , strategi ini juga sering kali berfokus pada periklanan.
Tujuan inti dari pemasaran sosial media  adalah untuk meningkatkan kesadaran merek dan konversi, serta membangun dan memelihara reputasi perusahaan Anda. Itulah mengapa pemasaran sosial media  berfokus pada pembuatan konten informasi dan promosi, ditambah interaksi dengan pengguna di berbagai platform.
Sumber :
- Lucep
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H