Menurut Smart Insights, strategi paling efektif sekarang ini adalah pemasaran sosial media , pemasaran konten, dan pengelolaan data, bersama dengan SEO.
Email dan video bisa dipakai untuk digital marketing namun lebih kuat adalah tentang konten atau sosial media. Beberapa pertimbangan untuk membuat kampanye yang efektif dalam konteks bisnis Anda.
Jika Anda bekerja sendiri atau di perusahaan kecil, jangan takut untuk menyewa konsultan luar untuk membantu Anda  dan mendefinisikan kembali tujuan jika sesuatu tampaknya tidak berjalan sesuai rencana.
Beberapa strategi marketing yang bisa diterapkan di perusahaan anda:
1. Pahami Secara Mendalam Pelanggan Anda
Pemasaran digital yang akan efektif jika Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang siapa yang membeli produk Anda dan mengapa mereka membelinya. Di mana dan bagaimana mereka membelinya mungkin relevan atau mungkin juga tidak relevan. Gali lebih dalam dan jelajahi berbagai demografi untuk tidak hanya memahami apa yang ingin mereka beli tetapi juga memahami apa yang menjadi perhatian mereka secara budaya, sosial, dan politik.
Kampanye video Mercedes hanyalah salah satu dari banyak contoh kampanye yang menggunakan kombinasi teknologi, keaslian, dan pesan sederhana dengan kemitraan influencer untuk menarik perhatian pecinta hewan dan petualangan. Video ini menawarkan pemandangan VR 360 derajat dari bintang Instagram anjing, Loki, dan pemiliknya Kelly Lund mengemudi melalui pegunungan bersalju dengan Mercedes.
Bentuk profil yang kuat dari audiens Anda dan informasikan taktik Anda dengan:
- Menentukan saluran yang paling sesuai dengan demografi utama
- Berbicara bahasanya, mengingat "bahasa" bukan hanya kata-kata
- Membuat persona yang berguna untuk setiap demografi Anda guna membantu Anda -Mempertimbangkan kemitraan unik seperti dengan influencer
- Berfokus pada pengalaman dan hasil yang berorientasi pada tindakan daripada produk itu sendiri
- Menggunakan alat otomatisasi yang dikembangkan dengan baik untuk segmentasi dan penargetan yang sangat rinci
2. Fokus pada Hasil Akhir
Dalam pemasaran dan pengembangan produk, sering kali ada begitu banyak penekanan yang ditempatkan pada produk dan "angka" yang mengelilinginya (keuntungan) sehingga terkadang orang melupakan kebutuhan yang akan dipenuhi oleh produk tersebut.
Yang benar-benar penting adalah kepada siapa Anda memasarkan, dan mengapa. Anda perlu memahami poin kebutuhan mereka untuk mengetahui mengapa produk anda bisa berguna bagi mereka.
3. Gunakan Konten untuk Perolehan Prospek
Ada banyak cara untuk menghasilkan prospek, tetapi salah satu metode yang telah dicoba dan diuji adalah dengan menyediakan konten tertulis yang berharga dan mendistribusikannya dengan tepat. Ketika Anda membuat artikel Anda dan mengarahkan ke landing page penawaran tertentu, Anda meningkatkan potensi konversi Anda. Menurut Entrepreneur, blogger 13 kali lebih mungkin memiliki ROI positif, dan perusahaan memiliki hasil yang sama dari konten atau artikel yang dibuat.
Dalam pemasaran konten, bisnis Anda berfokus pada menjangkau, melibatkan, dan terhubung dengan konsumen melalui konten. Konten ini, yang dapat mencakup video, posting blog, infografis, dan lainnya, memberikan nilai kepada pengguna dan bersifat informasi.
4. Siaran Langsung
Saat Anda memimpin dalam mengatur dan menyelenggarakan acara secara langsung, termasuk webinar langsung yang juga dapat didistribusikan ke kontak berharga nanti atau digunakan sebagai penawaran khusus, Anda membangun otoritas dan konektivitas di lapangan. Siaran langsung tidak harus formal, seperti unboxing atau review produk.
Apa pun yang Anda rekam dengan kualitas tinggi atau yang Anda lakukan untuk memfasilitasi pendidikan dan koneksi akan melekat di benak orang.
Menurut Statistica, sekitar 4,78 miliar orang di seluruh dunia akan terhubung ke ponsel pada tahun 2020. Dan Convince & Convert mengklaim bahwa 40% pembeli berkonsultasi dengan setidaknya satu saluran sosial atau pencarian saat mereka berbelanja dan bahwa 4 dari 5 pembeli menggunakan ponsel cerdas mereka. sebagai bagian dari kebiasaan konsumsi rutin mereka.
Dengan mengingat hal itu, berikut beberapa cara untuk memastikan bahwa strategi pemasaran seluler Anda tetap berjalan sesuai rencana:
- Gunakan nomor telepon, alamat, dan CTA yang dapat diklik
- Pastikan detail kontak Anda terhubung ke aplikasi peta
- Pastikan situs web memuat dengan cepat
- Selalu tinjau iklan untuk sosial media  atau jenis platform ramah seluler lainnya
- Gunakan Konten untuk Menunjukkan Otoritas & Keaslian
- Berbagi nilai dan misi perusahaan Anda sendiri
Berikan elemen interaktif dan tampilan di belakang layar pada perusahaan atau produk jika memungkinkan.
Tawarkan pembelajaran dan pendidikan berkelanjutan sebagai bagian dari misi merek Anda, apakah itu tentang merek itu sendiri atau tentang penyebab yang dekat dengannya.
Gunakan podcasting dan wawancara tertulis untuk menghasilkan konten pada tingkat percakapan dan memastikan bahwa Anda memiliki konten otoritatif yang dioptimalkan untuk SEO di web.
Poskan video langsung dan video lainnya ke situs web Anda dan bahkan sematkan dalam iklan. Video adalah salah satu pengonversi teratas, dan tidak memerlukan anggaran tinggi untuk digunakan dengan baik.
Dan jangan lupakan alur cerita berbasis emosi. Kisah yang menarik bagi orang-orang nyata di belakang perusahaan Anda dapat bermanfaat. Mereka membuat perusahaan Anda tampak lebih menarik dan mudah didekati, membangun kepercayaan. Konsumen mencari lebih banyak makna di balik kebiasaan pembelian mereka. Beri mereka alasan bagus untuk terus memilih Anda.
Sumber :
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H