Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) adalah strategi untuk mengelola semua hubungan dan interaksi perusahaan Anda dengan pelanggan dan pelanggan potensial Anda. Ini membantu Anda meningkatkan keuntungnan perusahaan Anda.
1. Manajemen prospek
Prospek penting bagi perusahaan, dari orang-orang yang mencari informasi dan melihat website itu termasuk prospek. CRM digabungkan dengan website, pengunjung diundang untuk mengirimkan informasi pada formulir yang diambil software CRM secara otomatis.
Dengan software CRM membantu menangkap detail prospek dari berbagai saluran, bukan saja formulir web, tapi juga panggilan telepon, platform media sosial, dan email. Fungsi dalam manajemen prospek mengatur agar Anda tidak kehilangan prospek dan bahwa Anda menilai serta memenuhi syarat prospek dengan benar.
Otomatiskan semua proses seperti pengumpulan data, analisis data, kampanye pemasaran, dan tugas lain dengan CRM, yang sebelumnya dilakukan secara manual.
2. Manajemen Kontak
Manajemen kontak melibatkan pencatatan detail pelanggan, seperti nama, nomor telepon, alamat, dan pegangan media sosial, dalam database yang dapat ditelusuri.
Guna:
- Melacak dan menyimpan interaksi pelanggan dalam database kontak untuk membangun profil klien yang terintegrasi.
- Meningkatkan efisiensi dan produktivitas tim penjualan Anda dengan membantu sales fokus pada prospek yang tepat pada waktu yang tepat.
- Faktor demografis dan psikografis, dapat menentukan prospek yang tepat
- Mengumpulkan data pelanggan yang penting dan memperkuat strategi pemasaran Anda saat memperkenalkan produk baru.
- Meningkatkan personalisasi semua kontak dengan pelanggan, membuat mereka merasa penting dan dilayani.
3. Otomatisasi alur kerja
CRM dapat memfasilitasi pengoptimalan dengan mengotomatiskan proses seperti pengumpulan data, analisis data, kampanye pemasaran, dan tugas lain yang sebelumnya dilakukan secara manual.
Otomatisasi alur kerja membantu staf penjualan menghemat waktu, menghindari pekerjaan duplikat, dan memastikan bahwa tindakan yang tepat diselesaikan di setiap tahap proses penjualan.
4. Manajemen dokumen
Manajemen dokumen memungkinkan Anda membuat, mengakses, mengedit, dan berbagi file dengan kolega atau klien langsung dari sistem CRM. Anda dapat mengatur akses dokumen dan hak edit untuk meningkatkan keamanan.
5. Manajemen proposal
Fitur ini membantu membuat dan mengirim proposal langsung dari CRM Anda. Ini juga memungkinkan Anda untuk merevisi kutipan, mengekspornya sebagai file PDF atau Word, dan menyesuaikannya agar sesuai dengan mata uang dan struktur pajak klien Anda. Anda juga dapat berbagi kutipan dengan kolega atau supervisor lain untuk mendapatkan persetujuan.
6. Memperkirakan
CRM membantu memperkirakan penjualan atau pendapatan masa depan Anda berdasarkan tren data saat ini dan masa lalu. Ini memungkinkan Anda menguji berbagai skenario bagaimana-jika untuk meningkatkan prediktabilitas model perkiraan Anda. Ini juga membantu dalam mempersiapkan strategi perekrutan berdasarkan data, memutuskan tingkat inventaris yang optimal, dan berinvestasi di saluran baru.
7. Pemasaran
Fungsi pemasaran mencakup aspek-aspek seperti pemasaran konten, manajemen sumber daya pemasaran, dan otomatisasi. Otomatisasi pemasaran membantu mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi inisiatif pemasaran.
8. Manajemen Saluran atau channel
Saluran penjualan membantu memvisualisasikan siklus penjualan dan mengidentifikasi di mana dalam corong penjualan kesepakatan tertentu berada. Mereka memungkinkan Anda untuk menyortir dan memfilter penawaran dan melakukan tindakan massal, seperti mengirim email ke pelanggan tertentu. Jika Anda menjual produk yang berbeda, Anda dapat membuat beberapa jalur penjualan untuk membandingkan volume penjualan di seluruh produk. Manajemen ini membantu menghitung penjualan dengan pendapatan dan memutuskan kesepakatan mana yang akan dilanjutkan berdasarkan prioritas dan mana yang akan dibatalkan.
9. Email
Manajemen email menawarkan kemampuan untuk mengirim email massal, melacak percakapan email dengan klien, merencanakan kampanye email, dan mengirim email otomatis ke klien untuk acara seperti ulang tahun atau hari jadi perusahaan.
10. Pelaporan dan analitik
CRM membantu pelaporan dan analitik diperlukan oleh bagian penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, layanan lapangan, e-niaga, dan banyak lagi. Laporan dan dasbor memberikan gambaran tingkat tinggi (dengan opsi lihat perincian) tentang bagaimana bisnis berjalan pada metrik yang berbeda. Â CRM membantu Anda mengumpulkan data dari media sosial, survey, dan website, kemudian menganilisa data tersebut.
Guna:
- Membantu melacak metrik seperti profitabilitas, tingkat retensi pelanggan, dan efektivitas kampanye pemasaran.
- Memungkinkan Anda berbagi laporan dengan tim yang berbeda untuk membuat keputusan kolaboratif berdasarkan data.
Contoh laporan untuk pertanyaan pemasaran tertentu. Personel pemasaran ingin melihat iklan mana yang menerima rasio klik-tayang dan konversi paling banyak, situs afiliasi mana yang menarik klik paling banyak dari prospek, demografi pelanggan, dan produk mana yang dijual dan berapa harganya.
Sumber:
- https://lucep.com/how-to-integrate-your-crm-with-your-website/Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H