Mohon tunggu...
euodia suryani
euodia suryani Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Seorang yang suka menulis, apalagi bermanfaat bagi banyak orang. Bekerja di bidang SEO, Content Writing dan Social Media. Motto : Membantu dengan tulisan

Selanjutnya

Tutup

Money

Penggunaan Iklan dalam Dunia Otomotif

14 September 2020   11:45 Diperbarui: 14 September 2020   11:59 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Untuk iklan otomotif bisa menggunakan segala macam alat pemasaran mulai dari iklan cetak tradisional hingga iklan televisi, iklan radio, pemasaran media sosial yang menghasilkan (automotive social leads) dan sebagainya. Mungkin untuk beberapa orang, melihat iklan terus menerus akan membuat jenuh, tetapi ketika orang itu ingin membeli mobil baru, dealer Anda mungkin merupakan penjual pertama yang terlintas dalam pikiran.

Penelitian dilakukan untuk menentukan iklan apa yang berhasil, dan prinsip-prinsip dasar ini dapat diterapkan pada segala hal mulai dari hubungan antarpribadi hingga menjadi komunikator yang efektif. Berpengetahuan tetapi tidak sombong; informasi tapi tidak merendahkan; dan, yang terpenting, pendengar yang baik. Seorang staf penjualan dapat menjawab pertanyaan dengan jujur dan benar, sehingga calon pembeli mobil percaya kepadanya.

Kiat untuk secara efektif menggunakan anggaran pemasaran dan periklanan dealer Anda:

A. Jangan Abaikan Iklan Tradisional

Pertahankan desainer grafis yang ahli untuk mengerjakan iklan cetak Anda. Jangan membanjiri konsumen dengan teks yang tidak relevan; sebaliknya, nyatakan secara ringkas aspek terpenting yang ingin Anda sampaikan kepada publik, apakah Anda sedang mempromosikan obral atau memamerkan kendaraan tertentu.

B. Pemanfaatan media online

Menurut Google, rata-rata, pelanggan terlibat dalam lebih dari 900 interaksi digital dengan dealer sebelum mereka melakukan pembelian.

- Rata-rata, pembeli mobil melakukan 139 browsing di Google sambil meneliti pembelian mereka berikutnya

- Dan dari mereka yang menghabiskan waktu mereka untuk meneliti secara online, 71 persen meneliti harga mobil

- Website 

Pastikan bahwa situs Anda menarik atau mengesankan, rapi dan teratur, dan interaktif, sehingga memudahkan pelanggan untuk membuat janji temu online dan sebagainya.

- Keahlian Media Sosial

Media sosial adalah alat yang ampuh, dan cara yang memungkinkan publik untuk langsung menghubungi dealer Anda dengan pertanyaan, komentar, dan korespondensi lainnya. Ini juga merupakan cara untuk menampilkan ulasan positif dan jujur, serta cara untuk menampilkan kendaraan.

Menyewa seorang ahli untuk mengelola media sosial dealer Anda, dari membangkitkan semangat hingga menciptakan minat atau meluncurkan ajakan bertindak, keahlian media sosial adalah alat ampuh sehingga banyak yang menyadari kehadiran digital dealer Anda.

- Iklan di Internet

Selain memiliki website dan media sosial yang menarik, iklan online bisa sangat efektif; sekitar 63% dealer otomotif membelanjakan anggaran untuk iklan online yang tentunya untuk car buyer leads.

Iklan otomotif masih memakai media televisi, tetapi iklan internet tumbuh dengan cepat. Lebih dari 50% dari semua pengeluaran iklan otomotif. Untuk televisi 54,5% pada 2018, jauh di atas rata-rata global 32,9% di semua kategori. Televisi menjadi saluran untuk menyampaikan citra merek. Namun, peringkat televisi telah turun.

Diperkirakan bahwa pangsa televisi iklan otomotif turun dari 54,9% pada 2017 menjadi 54,4% pada 2018, dan akan turun lebih jauh menjadi 52,1% pada 2020.

Semua merek mobil telah mengalihkan lebih banyak anggaran mereka ke iklan internet, termasuk beriklan di semua layanan video online.

Dealer dapat menjangkau konsumen pada fase kunci ini di jalur pembelian. Diperkirakan pangsa internet belanja iklan otomotif meningkat menjadi 25,6% pada tahun 2020.

C. Manajemen Hubungan Pelanggan - (CRM - Customer Relationship Management)

Pemakaian media online harus disertai dengan CRM. Manajemen hubungan pelanggan (CRM - Customer relationship management) adalah kombinasi dari praktik, strategi, dan teknologi yang digunakan perusahaan untuk mengelola dan menganalisis interaksi pelanggan dan data di seluruh perjalanan pembelanjaan pelanggan, dengan tujuan meningkatkan hubungan layanan pelanggan dan membantu retensi pelanggan dan mendorong pertumbuhan penjualan otomotif.

Dealership CRM tidak berhenti begitu saja bila penjualan sudah final. Menjangkau pelanggan Anda melalui teks, email, atau lainnya dengan penawaran khusus, diskon, dan pengingat layanan adalah cara untuk menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda peduli.

D. Gunakan sistem pelayanan Lucep

Banyak dealer mempekerjakan pakar pemasaran digital yang dapat membuat iklan yang informatif, membantu, dan langsung; menjawab pertanyaan penting yang mungkin dimiliki pelanggan tentang kendaraan. Iklan yang penting, membantu dan bersahabat, bisa sangat meningkatkan bisnis Anda.

Kunci periklanan yang efektif adalah keragaman. Dari iklan tradisional sampai pemasaran digital. Pendekatan terbaik adalah menggunakan para ahli seperti Perusahaan Lucep untuk membantu Anda mengiklankan dealer Anda dengan berbagai cara.

Berbagai macam hasil yang sudah dirasakan manfaatnya oleh client Lucep:

- Waktu respons prospek: Data client Lucep merupakan salah satu otomotif terkenal di dunia. Dealer tersebut menggunakan sistem Lucep dan menunjukkan peningkatan rasio test drive dari 7,2% menjadi 33%, dan mengurangi waktu respons prospek dari 51 jam menjadi 6 menit

- Akuisisi prospek multisaluran: Dengan menggunakan platform Lucep, perusahaan dapat menghubungkan semua prospek web yang dihasilkan dari pemasaran digital mereka di situs web, sosial, email, dan saluran lain langsung ke DSE mereka di ruang pamer.

- Sistem Lucep dapat menganalisa data setiap prospek yang diperoleh mencakup informasi analisis tentang prospek, termasuk demografi (siapa mereka) dan bagaimana mereka menemukan situs web Anda (sumber), halaman mana yang mereka kunjungi di situs Anda, dan banyak lagi.

- Secara akurat memantau dan mengelola kinerja tim penjualan dengan laporan khusus untuk jaringan dealer Anda, serta untuk dealer tertentu dan setiap eksekutif penjualan dealer.

Sumber: 

- Berbagai sumber 

- lucep.com/automotive

- lucep

- lucep

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun