Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Artikel ini dikerjakan untuk memenuhi UAS pada mata kuliah Manajemen Pemasaran Syariah, dosen pengampu Bapak Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM.
Pasar dan Jenis Pasar
Pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli, adanya transaksi serta pertukaran sebuah produk(barang/jasa) yang bernilai antara kedua belah pihak atau lebih. Istilah pasar bukan hanya mengacu kepada sebuah tempat secara fisik saja namun lebih kepada pembeli dan penjual yang melakukan sebuah transaksi atas produk.
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki seuatu keinginan atau kebutuhan tertentu yang sama, yang bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuasakan keinginan atau kebutuhan tersebut. Istilah pasar secara informalsering digunakan untuk mencakup berbagai pengelompokkan pelanggan.
Terdapat beberapa jenis pasar yaitu sebagai berikut:
- Pasar Konsumen
Pasar konsumen adalah yang membeli produk dan jasa untuk dikonsumsi sendiri, misalnya ibu-ibu yang membeli kosmetik, anak kost yang membeli mie instan dan anak SD yang membeli permen.
- Pasar Bisnis
Pasar bisnis adalah konsumen dari kalangan bisnis yang membeli produk atau jasa untuk membuat produk lain atau menjualnya Kembali untuk mendapatkan keuntungan, misalnya pabrik garmen membeli kain untuk dibuat baju, pabrik roti untuk membuat tepung dan gula untuk membuat roti, atau rumah sakit membeli alat rontgen untuk melayani pasien.
- Pasar Global
Pasar global yang dilayani perusahaan beroperasi secara global, seperti Unilever, P&G dan Microsoft merupakan perusahaan-perusahaan yang melayani pasar global. Tidak mudah bagi perusahaan untuk bisa melayani pasar global karena adanya perbedaan budaya, geografi, Bahasa, maka perusahaan global harus melakukan adaptasi-adaptasi dalam hal produk dan komunikasinya agar bisa diterima oleh target marketnya.
- Pasar Pemerintah dan Organisasi Nirlaba
Adalah konsumen dari organisasi pemerintahan misalnya dinas-dinas dipemerintahan Provinsi/Kabupaten/Kota, kementrian serta organisasi nirlaba (sekolah, organisasi amal, LSM, rumah ibadah dan lain-lain.
Motif dan Perilaku Konsumen