Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berkeadilan yang menyesuaikan dengan porsi dan karakter siswa. Karena setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda. Pembelajaran melibatkan pengaturan dan penyesuaian dalam hal konten, proses, produk, dan lingkungan belajar sesuai dengan kebutuhan, minat dan gaya belajar siswa. Salah satu bentuknya adalah menghadirkan media pembelajaran yang memfasilitasi siswa, bahkan mengharuskan guru untuk menggunakan multimedia. Â
Media pembelajaran tidak harus menghadirkan perangkat digital, tetapi media adalah yang dapat menyampaikan pesan pembelajaran dengan baik kepada siswa. Kategori penyampaian pesan yang baik adalah media yang digunakan secara maksimal dapat menyampaikan pesan sampai kepada siswa. Guru memastikan pesan pembelajaran sampai dengan baik kepada siswa. Salah satu hal ang menjadi indikasi bahwa siswa menerima pesan pembelajaran dari guru adalah siswa memberikan reaksi ketika pembelajaran. Seorang guru harus haus akan eskpresi siswa ketika pembelajaran.
Banyak sekali gaya pembelajaran yang dapat diaplikasikan dalam kelas. Bahkan ketika mengabsen siswa, guru dapat membedakan siswa ketika mengabsen berdasarkan gaya belajar siswa. Siswa visual diabsen dengan cara ditatap wajahnya, siswa audio dengan disapa menanyakan kabar, siswa kinestetis dengan cara disentuh di tepuk pundaknya dan sebagainya.
Tujuan pembelajran berdiferensiasi adalah:
1. mengoptimalkan potensi siswa dengan memberikan ruang bagi perbedaan individu.
2. Menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan partisipatif.
3. Meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam proses belajar.
Rapat kerja guru SD Insan Kamil Bogor
Bagaimana jika di sekolah penilaian akhir semester masih menggunakan tes tertulis? apakah masih bisa menjiwai pembelajaran berdiferensiasi dan berasaskan keadilan?. Maka dalam hal ini sangat bergantung kreatifitas guru dalam menyajikan soal. Soal yang dibuat tidak melulu tentang hafalan namun bisa berdasarkan logika siswa ataupun pemecahan masalah. Misalnya dalam soal menjelaskan proses fotosintesis siswa dapat menjawab dengan menggambar, menulis maupun menulis cerita tentang fotosintesis. Â Soal disesuaikan dengan karakteristik materi, TP dan ATP.
Bagaimana strategi guru mengenali perbedaan siswa dalam pembelajaran  berdiferensiasi?