Mohon tunggu...
Ety Purwasih
Ety Purwasih Mohon Tunggu... Guru - Guru/TK Dharma Wanita Persatuan Karangbong Gedangan, Sidoarjo

kreatif, fun

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Kelompok B Melalui Media Cerita Gambar Seri

11 Desember 2022   01:47 Diperbarui: 11 Desember 2022   02:41 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambr PPL 3 Bercerita Gambar Seri/Dok pribadi

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran.

TK Dharma Wanita Persatuan Karangbong Gedangan, Sidoarjo

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah 

Berdasarkan hasil observasi terkait kemampuan literasi anak kelompok B dari 7 anak masih ada 5 anak yang belum mampu menceritakan kembali cerita yang telah didengar. Hal ini terjadi karena guru belum maksimal dalam melakukan kegiatan bercerita sehingga anak-anak masih kesulitan untuk melakukan kegiatan bercerita serta mengungkapkan pendapatnya. Maka perlu adanya inovasi pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kemampuan literasi anak kelompok B dalam kegiatan bercerita yaitu menggunakan media cerita gambar seri.

Pentingnya Praktik ini dilakukan 

Dengan menggnakan media cerita gambar seri akan memudahkan anak untuk menceritakan gambar serta membantu mengembangkan kemampuan berbahasa dan komunikasi anak.

Peran dan tanggung jawab guru dalam praktik ini yaitu: 

  • Guru sebagai fasilitator dengan melakukan proses pembelajaran secara efektif dan kreatif menggunakan media yang lebih menarik dan inovatif serta mampu menyampaikan pesan yang bermakna bagi anak sehingga tujuan dari pembelajaran ini dapat tercapai.
  • Menciptakan suasana di kelas yang nyaman dan aman untuk anak, sehingga anak-anak antusias dan semangat mengikuti kegiatan.
  • Mencari solusi terhadap masalah yang teridentifikasi dengan cara berdiskusi dengan teman sejawat, dosen pembimbing serta guru pamong.

Tantangan untuk mencapai tujuan praktik ini yaitu:

  • Anak masih kesulitan dalam kegiatan bercerita serta masih malu-malu dalam bercerita.
  • Terbatasnya media yang digunakan untuk kegiatan bercerita.
  •  

Yang terlibat dalam kegiatan bercerita menggunakan media gambar seri yaitu:

  • Anak sebagai sentral dalam proses kegiatan pembelajaran
  • Guru sebagai fasilitator
  • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses pelaksanaan pembelajaran PPL
  • Rekan sejawat membantu terlaksanya kegiatan PPL

.

Gambr PPL 4 Bercerita Gambar Seri/Dok pribadi
Gambr PPL 4 Bercerita Gambar Seri/Dok pribadi

Berdasarkan dari hasil penilaian kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan bercerita menggunakan gambar seri, diperoleh dampak dari langkah-langkah yang dilakukan yaitu dapat diambil kesimpulan bahwa pada PPL 2 dari 7 anak ada 3 anak yang mampu melakukan kegiatan bercerita menggunakan media cerita gambar seri dan terjadi peningkatan kemampuan anak dalam kegiatan bercerita menggunakan media gambar seri dari kegiatan PPL ke-4 yaitu dari 7 anak ada 5 anak  yang mampu melakukan kegiatan bercerita menggunakan media cerita gambar seri dengan persentase 29%  menjadi 71% anak dapat melakukan kegiatan bercerita menggunakan media cerita gambar seri.

Respon terkait dengan stategi yang dilakukan:

Anak terlihat senang dan mudah dalam kegiatan bercerita menggunakan media cerita gambar seri dengan warna yang menarik.

Berdasarkan dari hasil penilaian kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan bercerita menggunakan gambar seri, diperoleh dampak dari langkah-langkah yang dilakukan yaitu dapat diambil kesimpulan bahwa pada PPL 2 dari 7 anak ada 3 anak yang mampu melakukan kegiatan bercerita menggunakan media cerita gambar seri dan terjadi peningkatan kemampuan anak dalam kegiatan bercerita menggunakan media gambar seri dari kegiatan PPL ke-4 yaitu dari 7 anak ada 5 anak  yang mampu melakukan kegiatan bercerita menggunakan media cerita gambar seri dengan persentase 29%  menjadi 71% anak dapat melakukan kegiatan bercerita menggunakan media cerita gambar seri.

Respon terkait dengan stategi yang dilakukan:

  • Anak terlihat senang dan mudah dalam kegiatan bercerita menggunakan media cerita gambar seri dengan warna yang menarik.
  • Kepala sekolah dan rekan guru mengungkapkan bahwa kegiatan bercerita dengan media gambar seri sangat menarik untuk dilakukan kegiatan ini dapat melatih anak untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya

Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan:

  • Dukungan dari kepala sekolah, rekan guru dan wali murid dalam meningkatkan motivasi belajar anak dalam bercerita
  • Pemilihan media yang menarik minat dan antusias anak dalam kegiatan bercerita
  • Guru menyiapkan beberapa cerita gambar seri sehingga anak bisa memilih cerita yang disenangi.

Pembelajaran dari keseluruhan proses kegiatan Bercerita menggunakan media cerita gambar seri yaitu:

  • Anak lebih mudah melakukan kegiatan bercerita secara runtut menggunakan media cerita gambar seri
  • Guru berperan aktif dalam memberikan motivasi kepada anak.
  • Tercapainya tujuan pembelajaran .

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun