Mohon tunggu...
Etna Rufiati
Etna Rufiati Mohon Tunggu... Lainnya - Purna tugas dari SMAN 16 sebagai guru kimia

Saya sudah purna tugas dari SMAN 16 Surabaya sebagai guru kimia. Namun saya masih ingin menjadi guru hingga akhir hayat. Saya senang menulis apa saja yang bernuansa pendidikan. Catatan harian tentang pengalaman hidup Insya Allah secara bertahap akan saya tulis di sini. Semoga bermanfaat bagi pendidikan bangsa.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Guru Tak Pernah Merasa Bosan

15 November 2013   00:20 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:09 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sepanjang hidupku menjadi guru, sejak dijuluki guru kecil ketika umur 12 tahun sebagai guru privat hingga sudah purna tugas dari PNS, rasanya tak pernah bosan. Apalagi sekarang, anak didikku berada dimana-mana. Kapanpun pembelajaran dapat berlangsung. Mengapa bisa demikian? Bagaimana tidak, kita sekarang hidup di era cyber. Ya … tentunya pembelajaran melalui dunia maya tak mengenal batas ruang dan waktu.

Sekarang saya mendapat banyak julukan baru. Kata anak-anak saya adalah guru sms. Setiap sore hingga malam hari ada saja yang belajar melalui sms. Bagaimana dengan pulsa? hehehe anak-anak memintaku agar menggunakan im3 atau sejenisnya, murah meriah. Ada lagi julukan yang lain, guru dunia maya kata mereka, hehehe anak-anak sebenarnya lucu, menggemaskan, ada-ada saja kalau memberi julukan kepadaku. Berarti sebagian hidupku berada di dunia maya? Iya memang benar. Sekarang aku memiliki rumah maya baru, di sini. Silakan berkunjung, siapa saja bisa, bahkan seribu orang bersama-sama tempatnya cukup, luas sekali dan tak berdinding, hehehe.

Karena saya suka humor, ada yang mengatakan bahwa saya tergolong guru gaul. Alhamdulillah. Pernah diajak makan bersama, OK. Yah begitulah anak-anak, mereka menyenangkan, tak pernah membuatku bosan. Sebagian besar pengalamanku yang menyenangkan dengan mereka kucatat di buku harian, secara bertahap akan kutulis di sini.. Kalau kami merasa kangen, kami bertemu di media sosial. Karena kami dekat, maka mereka sering curhat dan sebagian curhatnya juga sudah kusimpan. Pembinaan karakter dan beberapa lika-likunya juga ada di almari maya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah memiliki rumah maya sepertiku? Sebagian dari rekan guru yang sudah memiliki rumah maya, saya sudah berkunjung. Marilah menulis dan membuat blog agar dapat digunakan oleh siapa saja. Sehingga layanan terhadap anak bangsa makin efektif dan menyenangkan. So, is it true? A teacher never gets bored. Guru tak pernah merasa bosan. Hidup rasanya indah, alhamdulillah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun