Halo Readers! Saya Ribka Esrani Sagari,Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwsata Trisakti Jakarta dan Saya Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi. Kali ini,saya akan berbagi untuk kalian tentang Empat (4) Cara Menilai Kepuasan Pelanggan.
Selamat Membaca!
Kepuasan adalah salah satu bentuk penilaian seseorang terhadap suatu hasil, baik itu barang atau pekerjaan sehingga ada perbandingan yang terjadi.
Pelanggan adalah orang atau berkelompok yang dengan kegiatan membeli barang atau pun menilai suatu produk baik itu dari harga,kualitas maupun pelayanannya.
Berikut Empat (4) Cara Menilai Kepuasan PelangganÂ
1. Survey Kepuasan Pelanggan
Penilaian survey kepuasan pelanggan ini dilakukan dengan mengirim dan memberikan daftar pertanyaan untuk mengetahui perasaan pelanggan terhadap pelayanan dan kinerja karyawan suatu restoran atau perusahaan.
2. Ghost Shopping
Ghost shopping adalah salah satu bentuk strategi pihak restoran atau perusahaan menjadi pembeli atau pelanggan sehingga dapat diketahui seberapa besar kelebihan dan kekurangan restoran atau perusahaan itu.
3. Keluhan dan Saran Pelanggan
Penilaian kepuasaan pelanggan dari keluhan dan saran yaitu pelanggan dapat memberikan penilaian di media sosial ataupun kotak surat yang sudah disediakan pihak restoran atau perusahaan.
4.Analisa Mantan Pelanggan
Penilaian ini yaitu pihak restoran atau perusahaan bisa dapat memastikan dan memahami kenapa pelanggan ini berhenti dan pidah berlangganan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H