Belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kompetensi manusia setelah belajar secara terus menerus bukan hanya disebabkan karena pertumbuhan saja. Belajar merupakan suatu hal yang kompleks. Pada teori Condition Learning menurut Gagne menjelaskan bahwa terdapat beberapa jenis atau tingkatan belajar yang berbeda. Signifikansi dari klasifikasi ini adalah bahwa setiap jenis yang berbeda membutuhkan jenis instruksi yang berbeda pula.Â
Gagne mengidentifikasi terdapat 5 kategori utama hasil dalam pembelajaran yaitu sebagai berikut:Â
Intellectual skillÂ
Kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan lingkungan melalui lambang atau simbol. Mengasosiasikan simbol dengan fakta yang ada. contoh: asosiasi dan mata rantai, diskriminasi, konsep, kaidah, kaidah lebih tinggi
Verbal information
Kemampuan seseorang untuk mengenal dan menyimpan nama istilah, fakta, dan serangkaian fakta yang merupakan kumpulan pengetahuan. jadi kalo yang pertama mengenal lambang ini sudah memberi nama
Kognitif skill
Keterampilan untuk mengatur proses internal perhatian, belajar, ingatan dan pikiran
Attitude
Keadaan dalam diri peserta yang mempengaruhi pilihan untuk bertindak.
Motor skill
Mengorganisasikan gerakan sehingga terbentuk keutuhan gerakan yang mulus, teratur, dan tepat waktu
Kelima kategori hasil belajar tersebut memberikan landasan untuk menggambarkan bagaimana kondisi pembelajaran berlaku untuk setiap kategori dan hal ini akan berpengaruh terhadap pendekatan model instruksi yang akan digunakan. Gagne menjelaskan bahwa terdapat 9 model peristiwa instruksi dalam pembelajaran yaitu sebagai berikut:
Gain attention: menimbulkan minat dan memusatkan perhatian misalnya memunculkan video atau kisah yang membuat siswa berfikir kenapa menulis cerpen itu penting
Inform Learner objectives: menyampaikan tujuan pembelajaran
Stimulate recall of prior learning: mengingat kembali materi pembelajaran sebelumnya
Present stimulus material: menyampaikan materi
Provide learner guidance: memberi bimbingan atau pedoman untuk belajar, seperti memberikan langkah-langkah inti pembelajaran yang akan dilaksanakan
Elicit performance: memperoleh unjuk kerja (merespon) peserta didik misalnya memberikan tugas, project, test dll
Provide feedback: memberikan umpan balik setelah hasil unjuk kerja apa yang masih kurang apa yang perlu diperbaiki
Assess performance: mengukur atau mengevaluasi unjuk kerjaÂ
Enhan Retention & transfer: memperkuat hasil belajar dan retensi
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H