Mohon tunggu...
Esa Jati Manunggal Sukma Adhi
Esa Jati Manunggal Sukma Adhi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S-1 Sosiologi UNS

Mengisi waktu luang dengan menulis. Suka mengamati isu sosbud, gender, dan ilmu sosial lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Alasan Mengapa Spirit Doll Begitu Populer di Indonesia dan Perspektif Sosiologinya

17 Februari 2022   14:50 Diperbarui: 18 Februari 2022   20:46 280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi spirit doll Foto oleh Ä°sra Nilgün Yılmaz dari Pexels 

Belakangan ini boneka roh atau spirit doll sedang viral di Indonesia. Itu terjadi sejak sejumlah selebriti Indonesia secara terang-terangan mengaku membesarkan boneka roh seperti anak sendiri, misalnya saja Ivan Gunawan, Celine Evangelista, Roy Kiyoshi, dan yang lainnya.

Mereka mengatakan bahwa memelihara atau merawat spirit doll akan membawa keberuntungan bagi mereka. Namun, pro dan kontra langsung datang di kalangan netizen. Apalagi ketika para seniman tersebut juga berbagi aktivitas dengan spirit doll yang mereka adopsi. Faktanya, mereka merawat boneka-boneka itu seperti bayi manusia.

Jadi, apa itu spirit doll? Dan mengapa mereka menjadi populer di Indonesia?

Spirit doll dianggap boneka yang diisi dengan roh orang yang telah meninggal. Mereka yang merawat boneka itu akan menyebut boneka itu sebagai anak angkatnya.

Karena ada kepercayaan bahwa boneka itu kerasukan roh, maka mereka yang mengadopsi boneka tersebut akan memperlakukannya seperti anak angkat pemiliknya. Selain itu, orang tua asuh boneka roh itu juga mengatakan bahwa boneka itu juga bisa mati.

Dimana spirit doll dapat ditemukan?

Dikutip dari berbagai sumber, diketahui bahwa tren spirit doll berasal dari Thailand yang dimulai pada 2014. Kini, spirit doll bisa ditemukan di sejumlah marketplace online di Indonesia.

Bicara soal harga, bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Beberapa boneka bahkan mencapai ratusan juta rupiah. Rata-rata penjualan spirit doll di beberapa online marketplace memang memberikan informasi mengenai keuntungan mengadopsinya, dan jenis boneka spiritnya.

Dikatakan juga bahwa spirit doll tidak berbahaya dan tidak mengganggu karena mereka telah dididik dan senang melayani tuannya. Bahkan, ada juga informasi yang menyebutkan bahwa mereka bisa mencari makan sendiri. Namun, mereka perlu diberikan hadiah sesekali. Misalnya, bunga, makanan, atau kopi.

Para pemilik spirit doll percaya bahwa boneka tersebut dapat membawa keberuntungan bagi mereka. Terutama bagi mereka yang merawatnya dengan baik.

Pro dan kontra

Tren adopsi boneka arwah tentu menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia. Ada yang beranggapan bahwa bermain spirit doll sebenarnya tidak berbeda dengan anak kecil yang bermain dengan berbagai bentuk boneka. Selama Anda bisa membedakan antara kenyataan dan halusinasi, itu tidak masalah.

Sementara itu, sejumlah pemuka agama mengatakan bahwa adopsi spirit doll tidak bisa dibenarkan oleh agama khususnya jika menyangkut kepercayaan terkait spirit doll yang bisa membawa keberuntungan. Ini tidak bisa dibenarkan dari sudut pandang agama.

Perspektif atau analisis Sosiologi tentang perilaku memperlakukan boneka

Umumnya masyarakat menilai perilaku memperlakukan boneka itu tindakan halu, kurang kerjaan, dan kurang waras. Namun, apabila ditinjau secara sosiologis dengan perspektif interaksionisme simbolis, apa yang dilakukan pemiliknya sendiri merupakan sebuah perilaku yang wajar, unik, dan menarik karena melakukannya dalam keadaan sadar dan tidak lepas dari faktor sosialisasi, penafsiran simbol dan makna serta keputusan merespon.

1. Faktor sosialisasi kemungkinan berupa faktor pengalaman sang pemilik dengan anak-anak yang penuh dengan suka dan duka di mana dia diajarkan oleh orang-orang terdekatnya untuk peduli dan menyayangi anak-anak dan membersamai mereka dalam menghadapi realitas kehidupan.

Hal itu dikonstruksi dan direfleksikan dalam kehidupannya, karena sejatinya individu masyarakat manusia memiliki naluri merespon dan memproses apa-apa yang diterimanya.

2. Pemaknaan simbol boneka dan maknanya tidak sekadar ditafsirkan secara individual, namun yang lebih penting ialah menafsirkan makna dan simbol tersebut dalam proses interaksi sosial. 

Dalam hal ini, pemilik boneka tersebut memasuki proses belajar sosial dengan memperlakukan  simbol boneka bayi seperti anak sungguhan, dalam arti dia menunjukkan dan mengkomunikasikan kepada orang-orang terdekatnya dan kepada publik bahwa dia mengaktualisasikan dan memenuhi kebutuhan afeksi dengan cara memainkan peran seolah-olah sebagai orang tua yang  penyayang anak.

Proses mengkomunikasikan apa yang dilakukannya untuk menciptakan interaksi timbal alik dimana dia menanggapi respon masyarakat yang cenderung negatif terhadap dirinya, dimana dia memperlakukan dua boneka bayi seperti anak sendiri juga karena kemampuannya dalam memodifikasi tindakan berdasarkan proses berpikir yang tidak lepas dari faktor sosialisasi di masa lalu, mempengaruhinya untuk menetapkan keputusan memperlakukan boneka bayi layaknya bayi sungguhan. 

Hal itu menandakan ekspresi kebebasan untuk leluasa memperlakukan boneka bayi secara afeksi dibandingkan harus memperlakukan bayi sungguhan yang proses dan tindakannya lebih repot dan tidak mudah.

Sekali lagi karena faktor interaksionisme simbolis berupa sosialisasi, penafsiran terhadap simbol dalam proses interaksi sosial, serta keputusan memodifikasi tindakan karena pengaruh peran dan identitas sosial yang dimiliki. 

Hal ini menjadi sebuah edukasi agar jangan mudah dan terburu-buru menjustifikasi sebuah perilaku tanpa proses intersubjektif yang mendalam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun