MENYUSUN CERITA PRAKTIK BAIK (BEST PRACTICE) MENGGUNAKAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DARI YOUTUBE TERKAIT PENGALAMAN MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN
- PENDAHULUAN
Salah satu kompetensi yang harus dikuasi peserta didik dalam materi alat komunikasi dalam transaksi adalah dapat menguraikan prosedur alat komunikasi dalam transaksi, Kendala yang dialami adalah peserta didik kurang berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga timbul kesulitan siswa untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah dalam menguraikan prosedur alat komunikasi dalam transaksi. Masalah tersebut terjadi akibat dari pemanfaatan model pembelajaran inovatif dan juga media pembelajaran yang belum optimal, pemahaman siswa terkait materi HOTS belum maksimal, dan pemanfaatan teknologi yang inovatif belum optimal.
Beberapa hal dalam proses pembelajaran yang tidak sesuai dengan RPP Â yang sudah dibuat, misalnya:
Kondisi kelas yang seharusnya kondusif ternyata belum sepenuhnya kondusif sehingga dapat mempengaruhi konsentrasi peserta didik lain dalam menerima pembelajaran.
Menurut guru dengan menggunakan model pembelajaran yg dipilih bisa membuat semua peserta didik aktif ternyata hanya Sebagian saja yang aktif selama  pembelajaran.
Peserta didik seharusnya bisa memecahkan masalah dalam bentuk soal  HOTS tapi kenyataanya hanya Sebagian peserta didik yang bisa memecahkan masalah dalam bentuk soal HOTS.
Kemudian untuk menangani penyebab masalah penulis belum dapat memanfaatkan teknologi inovatif dari proses rangkaian pencarian solusi, akhirnya penulis mendapatkan:
1) Guru menggunakan media audio visual berupa video youtube untuk menciptakan motivasi dan ketertarikan siswa untk belajar.
2)  Guru menggunakan presentasi power point  dari canva untuk media pembelajaran
3) Menyajikan bahan/modul ajar dalam bentuk flipbook agar lebih menarik minat peserta didik dalam literasi sehingga peserta didik lebih mudah dalam mencari informasi.
4) Guru menggunakan media kartu gambar sebagai alat untuk melakukan presentasi sehingga peserta didik tidak jenuh dengan cara presentasi yang monoton.
- Hal hal baik yang sudah terlaksana dalam pemebelajaran adalah :
- Peserta didik aktif dalam pembelajaran dari awal sampai ahir pembelajaran
- Peserta didik bisa menguraikan prosedur alat komunikasi dengan benar
- Peserta didik mulai terbiasa mengerjakan soal dalam bentuk HOTS.
- Peserta didik mulai terbiasa berliterasi mencari informasi yang dibutuhkan untuk memecahkan permasalahan.
- Ada hal yang belum terlaksana sesuai dengan harapan dalam pembelajaran yaitu
- Ada satu dua peserta didik yang belum bisa bekerja sama dalam kelompok artinya peserta didik tersebut tidak mau memberikan ide  untuk memecahkan masalah.
- Sarana dan prasarana dalam hal jaringan internet yang tidak merasa ke semua kelas sehingga menjadi kendala untuk pencarian informasi oleh peserta didik.
- PEMBAHASAN