Mohon tunggu...
Erwin Jajang Manarna
Erwin Jajang Manarna Mohon Tunggu... Mitra Pengemudi Online dan Instruktur Mitra Pengemudi - Mitra Pengemudi Yang Menulis

Indahnya berbagi cerita sebuah catatan dari jalanan

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Cuaca Ekstrem Saat Liburan, Yuk Berkendara Aman!

31 Desember 2022   21:00 Diperbarui: 1 Januari 2023   06:47 838
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi berkendara saat hujan (Sumber: istimewa via otomotif.kompas.com)

Kehujanan bisa tiga bahkan sampai lima kali dalam sehari. Menyeramkan! Menakutkan?

Tenang, itu bukan saya. Melainkan Calya yang saya gunakan untuk bekerja antar jemput penumpang. Sedangkan saya tetap fokus duduk di balik kemudi. Meski terkadang turun untuk sekedar memayungi kala hujan atau membantu barang bawaan penumpang.

Bagi kami pengemudi online istilah saat bekerja biasa disebut dengan onbid, ngebid, ontrip atau ngetrip. Maka jangan heran jika ada pertanyaan seperti, "Sudah berapa trip hari ini?" berarti sudah berapa banyak penumpang yang saya layani di hari tersebut.

Beberapa hari belakangan saya merasakan fenomena yang tak lazim saat onbid. Bagaimana tidak, dalam satu hari sedikitnya saya bisa tiga bahkan sampai lima kali berjumpa dengan hujan.

Hujan yang saya temui bahkan memiliki pola yang beragam bak taktik Timnas Thailand saat melawan Timnas Indonesia.

Dari yang hanya rintik-rintik hingga sangat lebat bahkan berkoalisi dengan angin kencang namun belum mendeklarasikan capresnya. Jadi bikin galau kan!

Cuaca ekstrim di penghujung tahun 2022 ini bisa saja membuat kita mengurungkan niat bepergian dan berlibur ke luar kota. Sebagian orang lebih memilih hanya beraktifitas di rumah saja. Kalaupun berlibur, mungkin hanya ke lokasi yang tidak jauh dari sekitaran Jabodetabek alias Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang- Becek. Eh, Bekasi maksudnya.

Curah hujan intensitas tinggi dengan pola yang beragam, tentu bisa mengganggu gaya berkendara kita dijalan.

Oleh karena itu penting bagi saya untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi di jalan.

Ada beberapa hal sederhana namun penting saya lakukan, demi keamanan dan keselamatan bersama saat berkendara dalam cuaca ekstrim seperti hujan lebat disertai angin kencang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun