LAPORAN BEST PRACTICE
PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN
Tahun 2021
Â
IMPLEMENTASI TEHNIK STEMPEL UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIFITAS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI TK YWKA KERTOSONO KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2021/2022
DISUSUN OLEH :
Nama: ERVERA AYU SYSCASARI,S.Pd
No UKG: 201800225066
Â
Â
TK YWKA KERTOSONO
2021
Â
BIODATA
Nama
:
Ervera Ayu Syscasari
TTL
:
Nganjuk, 21 Januari 1994
No UKG Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
:
201800225066
Pendidikan Terakhir        Â
:
S1 PAUD
SekolahÂ
:
TK YWKA KERTOSONO
Alamat Sekolah          Â
:
Jl. Gatot Subroto No.159 Banaran Kertosono
Kecamatan
:
Kertosono
Kota/Kabupaten        Â
:
Nganjuk
PropinsiÂ
:
Jawa Timur
No Telepon/HP Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
:
08983998234
:
erveraayusyscasari@gmail.com
                    Â
                 Â
Â
              Â
   Â
                   Â
Â
LEMBAR PENGESAHAN
Â
Program pengembangan karya tulis melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Kategori 2 Gelombang 1 Universitas Negeri Surabaya Tahun 2022.
Pengembangan dalam bentuk Best Practise yang berjudul "IMPLEMENTASI TEHNIK STEMPEL UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIFITAS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI TK YWKA KERTOSONO Â KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2021/2022"
KEPALA TK YWKA KERTOSONO
ETIK INDARWATI,SPd.AUD
GURU Â KELOMPOK B
ERVERA AYU SYSCASARI,SPd
Berdasarkan penjelasan diatas dan berdasarkan hasil pengamatan yang dilaksanakan di kelompok B TK YWKA Kertosono Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk terdapat 5 dari 15 anak, memiliki  kreatifitas yang tergolong rendah,. Anak cenderung mewarnai dengan 1 atau 2 warna saja dan terlihat bosan dengan kegiatan mewarnai.
- Berdasarkan uraian diatas, diasumsikan bahwa kegiatan pembelajaran yang sering digunakan guru di TK YWKA Kertosono  umumnya bersifat konvensional, karena anak sulit memahami materi yang telah disampaikan guru, sehingga tujuan pembelajaran  kurang   secara optimal. Untuk meningkatkan hasil pembelajaran perlu adanya perbaikan pada kegiatan pembelajaran yang bersifat menyenangkan bagi anak dengan menggunakan tehnik baru dalam kegiatan mewarnai yaitu tehnik stempel.
- Teknik Stempel  adalah salah satu cara mewarnai yang menggunakan kekuatan jari-jari untuk membentuk suatu objek. Teknik Stempel  merupakan alat yang digunakan oleh anak-anak dalam kegiatan belajar dengan prinsip pencampuran warna, menyetempel warna pada gambar wortel  yang di sediakan serta aktifitas kreatif lebih mengutamakan kepekaan , estetik dan ketrampilan motorik sehingga anak bisa mengekspresikan atau menuangkan sesuatu yang artistic secara insiktif. Jenis-jenis teknik stempel  ini ada dua yaitu, teknik stempel menggunakan alat dan teknik stempel tidak menggunakan alat.
- Dalam pelaksanaan kurikulum 2013, peran guru profesional  dalam pembelajaran sangat penting karena sebagai kunci  keberhasilan belajar peserta didik dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Guru harus semakin berkopenten dan professional dalam membangun dan mengembangkan proses pembelajaran yang baik, efisien, efektif sehingga pemerintah mengembangkan pembelajaran berorientasi pada ketrampilan berpikir tingkat tinggi atau higher Order thingking Skill (HOTS) adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi yang menuntut pemikiran secara kritis, kreatif, analitis terhadap informasi dan data memecahkan masalah (Barratt,2014). Dalam pelaksanaan pembelajaran di TK penerapan pembelajaran HOTS lebih mengacu pada pembelajaran saintifik yang terdiri dari 5 komponen yaitu, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,  menalar dan mengkomunikasikan. Dalam penerapannya pembelajaran saintifik di padukan dengan pembelajaran penguatan Pendidikan Karakter kepada anak didik dan pembelajaran Gerakan Literasi Nasional serta kemampuan  yang harus dimiliki di pembelajaran di adab 21. Diharapkan dengan keterpaduan yang sinergis akan menghasilkan  generasi cerdas  otak dan juga memiliki akhlak maupun perilakunya yang baik.
- Berkaitan dengan program pengembangan kreatifitas  dan pembelajaran Saintifik pada anak usia dini, maka pada karyatulis ini akan dibahas mengenai apakah "IMPLEMENTASI TEHNIK STEMPEL UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIFITAS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI TK YWKA KERTOSONO KELOMPOK B  TAHUN AJARAN 2021/2022".
- Jenis Kegiatan
- Kegiatan  yang dilaporkan dalam laporan Best Practice ini adalah kegiatan pembelajaran tematik melalui pendekatan Saintifik kelompok B usia 5-6 tahun.
- Pada Tema     : Tanaman
- Sub Tema      : Tanaman Sayur
- Sub-Sub Tema  : Sayur Wortel
- Manfaat KegiatanÂ
- Manfaat melaksanakan kegiatan ini adalah :
- Bagi Guru
- Menambah wawasan dan teori baru  dan sumbangan keilmuan tentang peningkatan  kreatifitas anak melalui kegiatan teknik stempel.
- Sebagai informasi untuk memperbaiki pembelajaran agar guru dapat berkembang secara professional, kreatif dan inovatif.
- Memahami proses pembelajaran yang menyenangkan
- Menambah pemahaman tentang pembelajaran berorientasi  HOTS dan TPACK
- Bagi peserta didik
- Mengembangkan kreatifitas anak.
- Membuat karya seni
- Melatih anak untuk berekspresi.
- Meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran tematik melalui pendekatan saintifik yang berorientasikan pada HOTS dan TPACK.
- BAB II
- PELAKSANAAN KEGIATAN
- Tujuan dan Sasaran
- Tujuan
- Tujuan yang ingin di capai dalam pelaksanaan kegiatan pengembangan kreafitas adalah :
- Â Mengembangkan kreatifitas anak.
- Membuat karya seni
- Melatih anak untuk berekspresi.
- Meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran tematik melalui pendekatan saintifik yang berorientasikan pada HOTS dan TPACK
- Sasaran
- Sasaran dari kegiatan ini adalah peserta didik kelompok B di TK YWKA Kertosono Kecamatan Kertosono  sebanyak 15 anak.
- Bahan / Materi KegiatanÂ
- Bahan yang digunakan dalam praktek pembelajaran ini adalah materi kelompok B usia 5-6 tahun, dengan Tema : Tanaman, Sub Tema : Tanaman Sayur, Sub-sub tema : Wortel, Bidang pengembangan yang diambil adalah aspek seni dengan KD 3.15-4.15.
- Metode / Cara melaksanakan kegiatanÂ
- Metode yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran yaitu
- Demontrasi
- Tanya Jawab
- Pemberian tugas
- Bercakap-cakap
- Alat / Instrumen
- Alat yang digunakan dalam kegiatan ini adalah :
- Kertas HVS/ LKPD
- Gambar Wortel
- Pewarna makanan
- Spons
Instrumen penilaian yang digunakan adalah :
- Lembar Observasi untuk menilai sikap.
- Penilaian praktek untuk menilai aspek ketrampilan.
- Penugasan untuk menilai aspek pengetahuan.
- Waktu dan tempat kegiatan
- Waktu
- Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2021, mulai pukul 08.00-09.00
- Tempat Kegiatan
- Kegiatan pembelajaran dilaksanakan di dalam kelas TK YWKA Kertosono  Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganju
- Â
ÂÂ
BAB III
HASIL KEGIATAN
Â
- Hasil Kegiatan
- Hasil kegiatan ini diuraikan sebagai berikut :
- Kegiatan pembelajaran dilaksanakan pada kelompok B dengan jumlah 15 anak dari jumlah dalam kegiatan membuat gambar dengan tehnik stempel melalui pendekatan saintifik di mulai dari pemutaran video sesuai dengan tema sayur wortel, anak-anak terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan karena dengan media audio visual menjadikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Hal ini menandakan bahwa mereka juga sudah mengikuti pembelajaran literasi yaitu dengan pembelajaran literasi digital .
- Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan guru dan anak-anak bercakap-cakap mengenai video sayur wortel, kemudian guru menerangkan kegiatan pada hari ini, yaitu menentukan urutan ukuran sayur wortel, membuat kata ' wortel" dengan plastisin, membentuk gambar wortel dengan teknik stempel. Dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan  metode pendekatan saintifik  sebagai faktualisasi dari pembelajaran berbasis HOTS yaitu dengan melaksanakan proses 5 M yang meliputi mengamati, menalar, menanya, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan agar anak terbiasa untuk belajar berpikir kritis dalam menyikapi segala sesuatu.
- Pembelajaran bisa berjalan dengan menyenangkan bagi anak, mereka sangat antusias dalam melakukan kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi dari LKPD yang dikerjakan peserta didik, dari 15 anak pada praktek pembelajaran  terdapat 12 anak yang bisa mengerjakan LKPD dengan hasil BSB dan 3 anak yang mendapatkan hasil BSH. Sebanyak 80% peserta didik sudah menguasai materi dengan sangat baik.
- Masalah yang Dihadapi
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar, tidak ada kendala yang berarti, kendala kecil dapat di selesaikan dan diatasi dengan baik. Anak dapat menikmati setiap kegiatan pembelajaran dan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak, Â sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai secara efektif dan efisien.
- Cara Mengatasi Masalah
- Untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam pembelajaran tersebut maka alternative solusi yang bisa dilaksanakan adalah :
- BAB IV
- KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
- Â
- KesimpulanÂ
- Kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan tersebut adalah :
- Tehnik stempel layak dijadikan praktik pembelajaran karena dapat meningkatkan ketrampilan peserta didik.
- Dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) secara sistematis dan cermat, pembelajaran saintifik yang mengintegrasikan TPACK dan HOTS.
- Dengan menggunakan pendekatan santifik berorientasi TPACK, peserta didik fokus dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
- Rekomendasi
- Guru seharusnya melakukan inovasi dalam pembelajaran, agar dapat menarik atensi peserta didik, sehingga pembelajaran  lebih bermakna dan penguasaan materi lebih mendalam serta tercapainya tujuan pembelajaran. Â
DAFTAR PUSTAKA
Permendikbud nomor 137 dan 146 tahun 2014 tentang kurikulum PAUD Putro, K.Z (2016)..1170
Putro, K.Z (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia : jurnal Aplikasi ilmi-ilmi Agama, 16 (1), 19. http//doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170
Sukamti, E.R.dkk. (2010). Bermain dan Kreatifitas sebagai Fondasi bagi tumbuh kembang Anak Usia Dini. FIK UNY : Yogyakarta.
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN  (RPPH)TK DHARMA WANITA KAPAS
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
- KOMPETENSI INTIÂ
- KI. 1 :
- Menerima ajaran agama yang dianutnya
- KI. 2 :
- Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis. Percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan atau pengasuh dan teman.
- KI. 3 :
- Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, dan atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara mengamati dengan indra ( melihat, mendengar, menghidung, merasa, meraba), menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi mengasosiasi dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain.
- KI. 4 :
- Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui Bahasa musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhak mulia.
Â
- KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR CAPAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSIÂ
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Nilai Agama dan Moral
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
1.1.1 Sayur Wortel ciptaan Tuhan
Fisik Motorik
- Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakan untuk perkembangan motorik kasar dan motorik halus
- Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus.
3.3.2 Mengenal berbagai gerakan tubuh
 4.3.2 Melakukan berbagai gerakan motorik kasar dengan berbagai variasi
Kognitif
- Mengetahui benda benda di sekitarnya (nama, bentuk, warna, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-cirinya)
- Menyampaikan tentang apa, dan bagaimana benda bendadi sekitar yang di kenalnya (nama, bentuk, warna, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan cirinya) melalui berbagai hasil karya
3.6.1-4.6.1 Membedakan benda-benda disekitarnya berdasarkan ciri-ciri tertentu
Bahasa
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukakan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai karya
3.12.3-4.12.3 Membuat kata w-o-r-t-e-l dengan berbagai media plastisin
Sosem
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar
2.7.1 Selalu bersikap sabar (dalam kegiatan    mewarnai usab abur
Seni
- Â Â Mengenal berbagai karya dan aktifitas seni
- Menunjukkan karya dan aktifitas seni dengan menggunakan berbagai media
3.15.1-4.15.1 Membuat berbagai karya seni dengan berbagai media (Mewarnai  gambar wortel dengan teknik stempel)
- TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah melihat video wortel, anak dapat menyimpulkan sayur wortel sebagai ciptaan Tuhan denga benar (PPK/Religius, HOTS/C4)
- Melalui tayangan video, anak mampu menirukan gerakan tanaman yang tertiup angin dengan benar (TPACK, P1)
- Melalui kegiatan Menentukan urutan ukuran sayur wortel, anak dapat membedakan benda dengan baik (STEAM, HOTS/C6)
- Melalui kegiatan membuat kata dengan plastisin, anak dapat mengenal kata dengan baik dan benar (STEAM, HOTS/C6, SAINTIFIK)
- Melalui kegiatan mewarnai teknik stempel anak dapat membentuk sikap sabar (HOTS/A4)
- Melalui kegiatan membuat gambar wortel dengan teknik stempel, anak dapat membuat karya seni dengan kreafititasnya secara tepat (STEAM, HOTS/P4)
- PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)
- Religius
- Kreatif
- Disiplin
- Mandiri
- Tanggung Jawab
- Materi kegiatan
- Pencipta buah wortel
- Koordinasi motorik kasar dan halus
- Mengurutkan gambar wortel
- Mengenal berbagai kata
- Memiliki perilaku sikap sabar
- Aktifitas seni
- Materi pembiasaan :
- Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
- Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan menggunakan sabun SOP penyambutan anak
- Media dan Bahan
- Video youtube
- Sayur wortel
- LKPD
- Pewarna Makanan
- Kartu angka
- Lem
- Plastisin
- Pendekatan :
- Saintifik
- TPACK
- STEAM
- Metode :
- Demontrasi
- Tanya jawab
- Pemberian tugas
- Alat Penilaian :
- Hasil Karya
- Ceklis
- Catatan Anekdot
- Langkah -- langkah pembelajaran
- No
- Kegiatan Pembelajaran
- Hot / karakter / 4C / Literasi
- Alokasi waktuÂ
- 1.
- Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyapa peserta didik dengan ceria
- Guru dan peserta didik memberi dan menjawab salam
- Guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan
- Guru menanyakan kondisi/ keadaan peserta didik
- Guru menyampaikan materi untuk kegiatan hari ini
- Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain.
- Motivasi :
- Guru mengajak anak untuk melakukan gerakan peregangan
- Menyanyi lagu "wortel"
- Menirukan gerakan tanaman yang tertiup angin
- PPK / Religius
- 4C/ Communication
- Neurosains
- TPACK
- 15 menit
- 2
- KEGIATAN INTI
- Mengamati :
- Anak mengamati link video yang di sediakan
- (https://www.youtube.com/watch?v=aT4w9IDJUJM)
- Guru dan anak bercakap-cakap mengidentifikasi  bagian- bagian tanaman wortel, bentuk wortel, manfaat, olahan jenis olahan wortel.
- Menanya :
- Guru menstimulasi anak untuk bertanya bagian-bagian tanaman wortel bentuk wortel,olahan wortel, manfaat, olahan wortel
- Guru menstimulasi anak untuk bertanya cara menentukan urutan ukuran buah wortel
- Guru menstimulasi anak untuk bertanya cara membuat kata worteldengan plastisin
- Guru menstimulasi anak untuk bertanya cara membentuk gambar wortelt dengan teknik stempel
- Mengumpulkan Informasi ;
- Kegiatan 1 :
- Menentukan urutan ukuran buah wortel
- Guru menyediakan LKPD, kartu angka, lem
- Peserta didik menentukan urutan ukuran
- Kegiatan 2 :Â
- Membuat kata ' w o r t e l dengan plastisin
- Guru menyediakan plastisin
- Peserta didik membuat kata wortel  dengan plastisin
- Kegiatan 3
- Membentuk gambar wortel dengan teknik stempel
- Guru menyediakan pola gambar wortel , pewarna makanan
- Peserta didik membentuk gambar dengan teknik stempel
Menalar dan Mengkomunikasikan
- Peserta didik mengidentifikasi  bagian- bagian tanaman wortel, bentuk, manfaat, olahan wortel
- Peserta didik bisa menjelaskan langkah-langkah cara menentukan urutan ukuran buah wortel
- Peserta didik bisa menjelaskan langkah-langkah membuat kata wortel dengan plastisin
- Peserta didik bisa menjelaskan langkah-langkah membentuk gambar wortel dengan teknik stempel
- ISTIRAHAT (Ditiadakan)
- TPACK
- SAINTIFIK
- STEAM
- 4C / Collaboration
- Menentukan
- (HOTS : C6)
- STEAM
- (Enginering, Mathematics)
- Membuat
- (HOTS : C6)
- STEAM
- (Sains, Technical, Engineering)
- Membentuk
- (HOTS : P4)
- STEAM
- (Sains, Technical, Art)
- 30 menit
- 3.
- KEGIATAN PENUTUP
- Guru dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan (recalling)
- Guru memberikan pertanyaan 5W + 1 H
- Siapa yang menciptakan buah wortel?
- Apa saja warna wortel?
- Kapan terakhir  makan wortel?
- Dimana kamu membeli wortel?
- Mengapa kita harus makan wortel?
- Bagaimana rasa wortel?
- Evaluasi dan Refleksi kegiatan yang telah dilakukan
- Guru memberikan ungkapan terima kasih kepada peserta didik yang disiplin belajar (reward)
- Pengumunan hari esok
- Berdoa, salam
- STEAM
- PPK
- 15 menit
- RENCANA PENILAIAN
- Indikator Penilaian
- Program Pengembangan
- KD
- Indikator
- Nilai Agama dan Moral
- 1.1
- Mengenal wortel sebagai ciptaan Tuhan
- Fisik Motorik
- 3.3-4.3
- Menirukan gerakan tanaman tertiup angin
- SOSEM
- 2.7
- Membentuk sikap sabar dalam kegiatan stempel
- Kognitif
- 3.6-4.6
- Menentukan urutan ukuran buah wortel
- Bahasa
- 3.12-4.12
- Membuat kata w-o-r-t-e-l dengan plastisin
- Seni
- 3.15-4.15
- Membentuk gambar wortel dengan teknik stempel
- Teknik Penilaian
- Ceklist
- Hasil karya
- Catatan anekdot
Mengetahui,
Kepala TK YWKA Kertosono
ETIK INDARWATI, Â S.Pd.AUD
Guru Kelas,
ERVER AYU SYSCASARI, S.Pd         Â
CARA MEMBUAT GAMBAR DENGAN TEHNIK STEMPEL - Alat dan Bahan
- Kertas LKPD Gambar Wortel
- Pewarna makanan
- Spons
- Cara Membuat:
- Warnai  gambar wortel dengan spon yang sudah di masukan kedalam pewarna makanan
- Tempel pelan-pelan dibagian gambar sayur wortel dan daun sayur wortel
- Ulang kembali sampai gambar penuh dengan teknik stempel
Tutorial dapat pada link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=553OapLCSjw
 Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD)Tema/Subtema       : Tanaman/ Sayur / Wortel
Kelompok / Usia     : B / 5-6 Tahun
KD Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 3.12 -- 4.12
Tujuan             : Melalui kegiatan membuat kata dengan plastisin anak dapat mengaitkan bunyi dan huruf dengan baik dan benar
Materi              : Mengenal berbagai kata
Model Pembelajaran  : Kelompok dengan sudut pengaman
Tugas Anak:
- Ambil plastisin warni-warni!
- Buat huruf w-o-r-t-e-l dengan cara memilin plastisin!
- Susun huruf-huruf tersebut pada kotak yang tersedia!
 Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD)Tema/Subtema       : Tanaman/ Sayur / Wortel
Kelompok / Usia     : B / 5-6 Tahun
KD Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 3.12 -- 4.12
Tujuan             : Melalui kegiatan membuat kata dengan plastisin anak dapat mengaitkan bunyi dan huruf dengan baik dan benar
Materi              : Mengenal berbagai kata
Model Pembelajaran  : Kelompok dengan sudut pengaman
Tugas Anak:
- Ambil plastisin warni-warni!
- Buat huruf w-o-r-t-e-l dengan cara memilin plastisin!
- Susun huruf-huruf tersebut pada kotak yang tersedia!
Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD)
Tema/Subtema             : Tanaman/ Sayur / Wortel
Kelompok / Usia     : B / 5-6 Tahun
KD Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 3.5-4.5
Tujuan             : Anak mampu menentukan urutan ukuran buah wortel melalui demostrasi dengan tepat (C4)
Materi              : Mengurutkan gambar wortel
Model Pembelajaran  : Kelompok dengan sudut pengaman
Tugas Anak:
- Tentukan urutan buah wortel dari yang paling kecil ke yang paling besar!
- Tempelkan kartu angka 1-4
- Lembar Kegiatan Peserta DIdik (LKPD)
Tema/Subtema       : Tanaman/ Sayur / Wortel
Kelompok / Usia     : B / 5-6 Tahun
KD Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 3.15-4.15
Tujuan              : Anak mampu membuat gambar wortel melalui kegiatan stempel dengan baik dan rapi (P4)
Materi              : Usap abur gambar wortel
Materi Pembelajaran  : Kelompok dengan sudut pengaman
Tugas Anak:
- Ambil spon masukkan kedalam pewarna makanan
- Setelah itu tap tao di gambar wortel pelan-pelan
- Warnai gambar sayur wortel dengan warna oranye untuk sayurnya!
- Warnai gambar daun wortel warna hijau tua atau hijau muda
- DOKUMENTASI KEGIATAN ANAK
Peserta Didik Mengamati Video Tentang Sayur Wortel
vidio-wortel-63958671eb51ce7d6b39a652.pngstempel-639586864addee4f03308972.pngDOKUMENTASI KEGIATAN ANAK
Peserta Didik Mengamati Video Tentang Sayur Wortel
vidio-wortel-639586c44addee6d757159f2.pngtanya-wortel-639586ba08a8b5157d1b50e2.pngstempel-639586b14addee644c4fd742.pnggambar-kegiatan-639586a54addee69ba41c352.png
                                          FORMAT HASIL KARYA
Â
Nama        : ARDIYAN
Kelompok    : A
Usia         : 5-6 TAHUNHASIL KARYA
HASIL PENGAMATAN
INDIKATOR - KD
Anada Ardiyan  mampu mengerjakan kegiatan stempel melalui mengecap gambar wortel menggunakan  spons dengan rapi
 SENI 3.3 4.3
Pembuat Ervera Ayu Syscasari, S.Pd
TK YWKA KERTOSONO
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H