PENGERTIAN BELAJAR
Belajar adalah suatu proses atau usaha yang berlangsung setiap hari. Hal ini dilakukan oleh setiap individu dengan tujuan untuk mengubah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku, dan nilai-nilai positif yang mereka alami dari berbagai bahan yang diteliti. Seseorang telah belajar ketika ia dapat menunjukkan perubahan dalam dirinya setelah belajar.
Menurut Syaiful dan Aswan (2014:5)
"Belajar adalah perubahan tingkah laku melalui pengalaman dan praktek. Artinya perubahan tingkah laku, baik dalam hal pengetahuan, keterampilan dan sikap, maupun dalam hubungannya dengan semua aspek organisme atau orang. meningkat. Berdasarkan beberapa pendapat tersebut, para ahli berpendapat bahwa belajar adalah suatu peristiwa atau proses internal yang harus ditujukan untuk mengubah diri menjadi perilaku yang lebih baik.
Belajar sangat penting dalam hidup kita. Belajar adalah proses dimana seseorang berusaha untuk mencapai perubahan baru dalam perilaku sebagai hasil dari pengalaman berinteraksi dengan lingkungan.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan pembelajaran adalah untuk mengembangkan kemampuan beradaptasi yang lebih baik. Kegiatan belajar memperluas wawasan Anda dan memungkinkan perspektif dan cara berpikir yang lebih luas. Hal ini sangat berguna untuk menghadapi berbagai macam perubahan yang terjadi di masa yang akan datang.
Menurut Sardiman A.M. (2016), tujuan belajar adalah untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan serta menanamkan sikap dan nilai mental. Menurut Oemar Hamalik (2015:85) Tujuan pembelajaran adalah hasil yang dicapai seorang siswa setelah melakukan suatu kegiatan pembelajaran.
Tujuan pembelajaran, atau tujuan pendidikan, adalah hasil belajar perilaku yang diharapkan terjadi, dimiliki, atau dikendalikan oleh seorang siswa setelah berpartisipasi dalam kegiatan belajar tertentu. Tujuan pembelajaran adalah arah yang dihasilkan dari serangkaian kegiatan yang berlangsung dalam proses pembelajaran.
CIRI CIRI BELAJAR
Menurut Djamarah (2011:15) Karakteristik pembelajaran seperti:
- Perubahan yang terjadi secara sadar.
- Perubahan pembelajaran bersifat fungsional.
- Perubahan pembelajaran bersifat positif dan aktif.
- Perubahan belajar tidak bersifat sementara.