Mohon tunggu...
Erniwati
Erniwati Mohon Tunggu... Penulis - ASN Yang Doyan Nulis Sambil Makan, Humas Kanwil Kemenkumham NTB

Traveling dan dunia tulis menulis adalah hal yang paling menyenangkan. Memberi manfaat kepada masyarakat melalui edukasi adalah hobby.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Pesan Ayam Taliwang, yang Datang Serasa Kodok Panggang

10 Juni 2024   20:54 Diperbarui: 10 Juni 2024   21:43 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : dokumentasi pribadi

Kali ini saya ingin berbagi cerita yang bisa disebut lucu iya, menyebalkan iya, tapi bikin sedikit trauma juga. Saya asli Lombok dan ayam taliwang bukanlah hal asing bagi saya. 

Beberapa kali makan di rumah makan atau resto khas taliwang, saya hampir tak pernah komplain dengan ukuran ayamnya. Namun kali ini sepertinya emosi saya agak bermain-main, campur aduk tak karuan antara marah dan ingin tertawa.

Mami Minta Ayam Bakar

Bagaimana tidak, ketika Emak saya yang di Cinere sana pesan dibawakan ayam Bakar, otomatis yang khas dan kepikiran ya  cuma ayam taliwang. Lihat jam di tangan, sudah setengah sembilan malam. Alhasil cari resto ayam taliwang terdekat dari rumah.

Saya pun bertanya terlebih dahulu kepada ibu yang ada di kasir, 'bu, boleh tahu ga ukuran ayamnya segimana?' dan dengan pede si Ibu menjawab, 'oh lumayan besar bu, segini' katanya denga menggabungkan dua telapak tangan digabungkan berjajar.

Saya pun akhirnya berfikir, oh berarti ukuran ayamnya ini lumayan lah, ga kecil ga juga besar-besar amat. Karena memang Ayam taliwang itu bahan bakunya adalah ayam kampung muda yang dagingnya tidak alot dan masih manis-manisnya.

Kemudian saya pesan 2 ekor dengan tambahan besek agar dibawa dengan rapi, dan kelihatan cantik tentunya. 20 menit menunggu dan pesanan saya pun keluar. Saya ke meja kasir untuk membayar. Totalnya 100 ribu.

Si ibu tetiba mengambil satu kartu nama berpesan, siapa tahu nanti bisa pesen lagi dan bisa direkomendasikan ke teman atau keluarganya. Namun entah kenapa saya penasaran dengan ukuran ayam bakar taliwang yang ada dalam besek. Hal ini bukan tanpa sebab.

Pasalnya, saya tipe orang yang realistis, yang jika merekomendasikan sesuatu harus saya takar dulu kuantitas dan kualitasnya. Kenapa? Agar saya tidak salah dan asal saja memberikan informasi apalagi rekomendasi. 

Ayam Bakar Taliwang Miniiiiii

Namun alangkah terkejut dan kecewanya saya ketika mendapati ayam bakar yang tadinya di bilang lumayan besar (segini : 2x lebar telapak tangan) berubah menjadi hampir setengahnya. Aseli, miniiii sekali, bahkan saya hampir tertawa dan keceplosan bilang "ini ayam bakar apa kodok panggang".

Namun saya tahan, ada perasaan marah karena merasa sedikit dibohongi sebenarnya. Saya pun berkata pada ibu tersebut, apakah semua jenis ayam bakar taliwang semini ini? Karena yang saya beli di Cakra atau di beberapa rumah makan taliwang tidak sekecil ni bu.

Dan jawaban klasik dari si ibu saya telan saja. Katanya ini memang ukuran seporsi, soalnya ayamnya ambil dari satu penyedia, memang ayam taliwang besarnya segini dan bla,,bla,bla pembelaan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun