Fasilitator: Bambang Effendi
Pengajar Praktik: Hertin Nopianti
Tujuan Pembelajaran Khusus:Â Calon Guru Penggerak mampu menjalankan rencana manajemen perubahan yang telah dibuat.
Pada modul 1.3 ini, para Calon Guru Penggerak mendapat tugas merevisi  dan mengeksekusi rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan diri  yang sudah dibuat pada tahap Demonstrasi Kontekstual. Penerapan Aksi Nyata ini bukan semata penugasan modul Program Pendidikan Guru Penggerak, melainkan sebuah praktik dalam pengembangan profesi berkelanjutan.
Latar Belakang
Pendidikan sejatinya adalah menuntun anak mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya sehingga mereka bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya untuk dapat bersosialisasi dalam masyarakat di era globalisasi abad 21 ini tanpa meninggalkan kultur budaya pada lingkungan sendiri.
Latar Belakang Aksi Nyata
Melalui pendekatan Inquiry Apresiatif, saya mencoba mmerumuskan visi Guru Penggerak dan mencoba untuk mengejawantahkan visi tersebut melalui Prakarsa perubahan diri.
Visi:
Mewujudkan Murid-murid yang Berprofil Pelajar Pancasila, Berdaya Saing Global, dan Menguasai TIK
Aksi Nyata
Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi Mandiri dan Kreatif melalui pembiasaan positif di sekolah.
Prakarsa Perubahan Diri
Mengembangkan Kemandirian Murid yang Berprofil Pelajar Pancasila dengan berupaya menumbuhkan kaaraakter disiplin, penuh semangat, dan motivasi yang tinggi, serta menumbuhkan rasa percaya diri murid melalui pembiasaan-pembiasaan positif dalam pembelajaran yang benar-benar berpihak kepada murid di SMKN 1 Cianjur.
Tahap Persiapan:
1. Membuat pengamatan khusus kepada murid dengan memberikan kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang hal yang membuat murid menjadi bersemangat dan termmotivasi menjadi lebih percaya diri;
2. Berkomunikasi dengan orang tua murid dan memberikan pertanyaan kepada mereka melalui kuesioner;
3. Berkolaborasi dengan seluruh warga sekolah, baik kepala sekolah, guru, karyawan, pengawas, komite, dan masyarakat;
4. Terus mencari referensi tentang cara-cara dan kiat meningkatkan semangat dan motivasi murid, disiplin, dan percaya diri, serta menumbuhkan karakter mandiri dan kreatif.
Â
Persiapan
Melaksanakan sosialisasi, dan mulai berkolaborasi dengan seluruh warga sekolah.
Aksi Nyata
1. Pengenalan Profil Pelajar Pancasila kepada guru-guru dan siswa;
2. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kepada guru dan siswa
3. Pembiasaan Disiplin Positif (Hadir tepat waktu, berbaris dengan sikap sempurna dan rapi pada saat upacara, budaya antre, 5S;
4. Pemberian motivasi dan semangat untuk menumbuhkan motivasi intrinsic
5. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk menumbuhkan kecintaan dan motivasi belajar
6. Menumbuhkan karakter mandiri dan gotong-royong melalui kerja kelompok, diskusi, tugas kelompok.
7. Menumbuhkan karakter mandiri dan percaya diri melalui kegiatan presentasi dan seluruh siswa diberi kesempatan untuk tampil.
Refleksi:
Pada tahap refleksi, saya menuliskan pada jurnal refleksi mengenai pengalaman, perasaan, dan pembelajaran apa yang saya dapatkan dalam kegiatan aksi nyata. Saya juga membuat Tindak lanjut apa yang akan saya perbaiki dan perlu saya tingkatkan dari aksi nyata yang sudah saya lakukan.
Â
Â