Fasilitator: Bambang Effendi
Pengajar Praktik: Hertin Nopianti
Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
1.3.a.3 Mulai dari Diri
Pada modul 1.3.a.3 ini, saya akan memaparkan tentang Refleksi Mandiri 1 tentang Imajiku tentang Muridku di Masa yang Akan Datang. Refleksi Mandiri 2, melanjutkan kalimat rumpang, dan Refleksi Mandiri 3 merumuskan visi sesuai dengan pertanyaan yang kita jawab.
Refleksi Mandiri 1 Â
Berdasarkan gambar yang saya buat,  saya membayangkan bahwa semua murid-murid akan sukses sesuai dengan apa yang mereka impikan (sesuai versi masing-masing). Tentu kesuksesan tersebut merupakan hasil kerja sama seluruh warga sekolah, terutama guru yang lebih sering mendampingi mereka. Tiga tahun belajar di SMK bukan waktu yang singkat untuk berproses. Tempaan, binaan yang mereka terima sungguh merupakan sebuah  tuntunan yang sangat berarti. Semua kesuksesan diikuti dengan karakter yang senantiasa beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki jiwa kang kreatif, inovatif, cerdas, memiliki jiwa Profil Pelajar Pancasila. Tak lupa dukungan dari pihak sekolah berupa fasilitas-fasilitas yang sangat mendukung ketercapaian kesuksesan seluruh murid-murid.
Refleksi Mandiri 2
1. Saya memimpikan murid-murid yang soleh/solehah, berakhlak mulia, santun kepada orang tua baik di rumah maupun di sekolah, berbudi pekerti yang luhur berpikir kritis, semangat dalam belajar, senang dengan tantangan dan perubahan, selalu berinovasi.
2. Saya percaya bahwa murid adalah anak-anak yang memiliki karakter dan keunikan masing-masing, memiliki keistimewaan dan bakat yang dapat kita gali seoptimal mungkin sehingga mereka dapat menjadi individu yang tumbuh dan berkemang dengan baik.
3. Di sekolah, saya mengutamakan Pendidikan karakter
4. Murid di sekolah saya sadar betul bahwa mereka berada di sekolah untuk mendapatkan Pendidikan dan pengajaran yang layak, mendapatkan ilmu dan budi pekerti
5. Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk dapat menuntun dan membimbing murid agar dapat mencapai kebahagiaan dan keselamatan sesuai dengan potensi yang dimiliki mereka.
6. Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa setiap anak memiliki bakat dan kemampuan masing-masing yang satu sama lain saling melengkapi. Tugas kita adalah mengoptimalkan bakat dan keistimewaan mereka tersebut dengan cara yang berbeda sesuai denga napa yang mereka miliki, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang lebih maksimal.
Refleksi mandiri 3
Apa makna pernyataan visi bagi Bapak/Ibu?
Makna visi bagi saya adalah awal dari sebuah usaha seseorang atau Lembaga untuk mencapai tujuan tertentu. Visi akan memberikan arah dan tujuan, yang memotivasi kita untuk menggapai perubahan yang kita rencanakan.
Apa harapan, cita-cita Bapak/Ibu untuk murid, rekan pendidik, komunitas sekolah, kehidupan masyarakat di daerah Bapak/Ibu, dan bangsa-negara Indonesia?
Harapan saya adalah agar seluruh murid yang menjadi didikan para guru menjadi murid yang beriman dan bertakwa terhadap tuhan yang maha esa, berbudi pekerti yang luhur, beretika mulia, berakhlak terpuji, kreatif, mandiri, selalu berinovasi, bernalar kritis (memiliki Profil Pelajar Pancasila), sehingga mereka dapat membangun bangsa dan negara dengan lebih baik lagi, penuh dengan hati nurani, dan cinta tanah air.
Apa yang selama ini jadi keyakinan bersama dan menyatukan sekolah kita?
Bahwa sekolah kita akan mencapai sekolah yang diimpikan dan didambakan, bukan hanya bagi seluruh warga sekolah, lebih jauh untuk seluruh warga masyarakat. Kesatuan visi dan misi untuk dapat menggapai tujuan bersama sangatlah penting, sehingga perlu adanya kesepahaman dan kesepakatan tentang visi dan misi yang dirumuskan.
Apa yang diharapkan menjadi pembeda antara murid di sekolah Bapak/Ibu dengan murid di sekolah lain?
Diharapkan murid di sekolah saya memiliki rasa bangga terhadap almamater, menghormati semua guru-gurunya sampai kapanpun, dan memiliki karakter yang baik. Semua sukses denga napa yang mereka impikan.
Apa kontribusi orang dewasa dan para pemangku kepentingan di sekolah kita dalam mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila?
Kontribusi orang dewasa dengan para pemangku kepentingan di sekolah kita dalam mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila adalah:
1. Turut serta mendukung dan menyukseskan Proyek Penguatan Pelajar Pancasila sebagai upaya jalan menuju tercapainya tujuan tersebut.
2. Melaksanakan aktualisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
3. Turut serta merumuskan rencana kegiatan P5, dan memfasilitasi  semua yang diperlukan guna terealisasinya program P5 tersebut.
4. Kompak dan komunikasi dengan baik sehingga tujuan mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila dapat terwujud.
5. Memberikan teladan kepada murid dengan bersikap pribadi yang mencerminkan nilai-nilai yang terdapat di dalam dimensi Profil Pelajar Pancasila.
Susunlah rumusan VISI Bapak/Ibu dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan Bapak/Ibu masing-masing.Â
Visi: " Menghasilkan  murid-murid yang Berakhlakul karimah, Kompeten, Berdaya saing tinggi, dan Menguasai IT.
SALAM GURU PENGGERAK
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H