Mohon tunggu...
Erni Choeroni
Erni Choeroni Mohon Tunggu... Guru - guru tk

saya seorang guru tk yang sangat menyukai dunia anak-anak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Meronce

21 November 2023   21:35 Diperbarui: 21 November 2023   21:41 464
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Meronce  di TK Badak Putih Kec. Arcamanik Kota Bandung Jawa Barat (Dokpri)

Anak- anak pada usia bermain atau usia 5-6 tahun seharusnya tahapan kemampuan motorik halus sudah pada tahapan mengambil benda dengan jari, memindahkan benda dari satu ke tangan yang lain dan sudah bisa memasukkan dan mengeluarkan benda dari wadah. Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan motorik halus yaitu meronce. Meronce merupakan cara pembuatan benda hias atau benda pakai yang dilakukan dengan menyusun bagian-bagian bahan berlubang atau yang sengaja dilubangi memakai bantuan benang, tali dan sejenisnya.

Menurut Sumanto(2005) Meronce adalah suatu cara pembuatan benda hias atau benda pakai yang dilakukan dengan menyusun bagian-bagian bahan berlubang atau yang sengaja dilubangi memakai bantuan benang, tali dan sejenisnya.Dalam kegiatan pembelajaran seni rupa di TK yang dimaksud dengan kreatifitas meronce adalah kegiatan berkarya seni rupa yang dilakukan dengan cara menyusun bagian-bagian bahan yang dapat dibuat benda hias atau benda pakai. Menurut Hajar Pamadhi dalam buku seni keterampilan anak meronce adalah menata dengan bantuan mengikat komponen tadi dengan utas atau tali.

Objek benda yang digunakan untuk meronce sangat beragam, antara lain

  • Manik-manik.
  • sedotan.
  • Sayuran seperti, batang daun singkong, kacang panjang, batang daun pepaya, dll.
  • Kerang.
  • Bunga.
  • Kertas.

Manfaat Meronce Bagi Anak

Selain menghasilkan karya yang indah, kegiatan meronce ini memiliki banyak manfaat bagi anak, sebagai berikut

1. Melatih Motorik Halus
Meronce membutuhkan kerja tangan secara konsisten dan membutuhkan kekuatan otot jari tangan. Ketika anak melakukannya terus menerus, maka mereka dapat mengasah kemampuan otot jari tangannya. Hal ini bermanfaat untuk melatih kemampuan mereka menulis dan memegang benda-benda.

2. Melatih Konsentrasi
Ketika meronce, anak akan belajar konsentrasi, karena mereka harus memasukkan benda ke dalam tali atau benang, sehingga secara oromatis, anak akan memadukan kerja mata dan tangan yang membutuhkan konsentrasi. Anak-anak akan belajar fokus untuk menyelesaikan tugasnya.

3. Belajar Mengenal bentuk
Media meronce yang bermacam-macam, memberikan pelajaran mengenal bentuk bagi anak. Mereka akan belajar mengenali bentuk dari kegiatan meronce. Anak-anak akan belajar mengelompokkan benda berdasarkan bentuknya, untuk disusun menjadi hasil seni yang indah dan menarik.

4. Belajar Mengenal Warna
Objek benda meronce yang berwarna-warni, memberikan pelajaran mengenal warna bagi anak. Mereka dapat belajar mengurutkan bentuk berdasarkan warna.

5. Mengasah Kreativitas Anak
Meronce juga dapat mengasah kreativitas. Anak akan bereksplorasi membuat aneka kreasi dari permainan ini. Mereka dapat menggabungkan aneka bentuk dan warna, menjadi sebuah karya yang indah.

6. Melatih Koordinasi Mata dan Tangan
Melatih koordinasi mata dan tangan merupakan salah satu ketrampilan yang penting untuk dikembangkan pada anak. Meronce menjadi salah satu cara bagi anak untuk belajar melatih koordinasi mata dan tangan. Orangtua dapat melatih anak dengan memberikan manik-manik berdasarkan ukuran, bentuk dan warna.

Kegiatan Meronce di TK Badak Putih Kec. Arcamanik Kota Bandung Jawa Barat (Dokpri)
Kegiatan Meronce di TK Badak Putih Kec. Arcamanik Kota Bandung Jawa Barat (Dokpri)

Dari Penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan meronce dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini di TK, kegiatan menguntai dengan membuat untaian dari bahan-bahan yang berlubang, disatukan dengan tali atau benang. Memasukkan benang atau tali ke dalam lubang-lubangnya dibantu dengan jarum/tanpa jarum. 

Kegiatan Meronce memiliki beberapa tahap perkembangan. Anak dapat dikatakan siap diajari membaca jika sudah bisa meronce dengan menggunakan pola. Anak sudah mampu mengklasifikasi sesuatu pada tahapan ini. 

Daftar Pustaka    : 

1. https://www.ulfahwahyu.com/2022/06/manfaat-permainan-meronce-bagi-anak.html 

2. https://www.neliti.com/id/publications/556414/upaya-meningkatkan-kemampuan-motorik-halus-melalui-kegiatan-meronce- pada-anak-us

Penulis   : Erni Choeroni, S.Pd TK Badak Putih Kec. Arcamanik Kota Bandung

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun