Mohon tunggu...
Erna Pudyaningsih
Erna Pudyaningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru SMAN 1 karangdowo Klaten jawa Tengah

Nama saya Erna Pudyaningsih, profesi saya sebgai guru SMAN 1 karangdowo klaten tempat saya dulu menimba ilmu dan sekarang mengabdikan diri di sana tuk berbagi ilmu dan mendorong siswa mencapai pendidkan karakter yang baik agar mendapat masa depan yang sukses dan berujung bahagia.Walau saya seorang guru saya punya hoby di kesenian khususnya tarik suara.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3

23 Desember 2022   23:34 Diperbarui: 24 Desember 2022   00:31 318
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam Penulisan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 saya menerapkan 4P yaitu :

1. Peristiwa

  • Imajiku tentang murit menggambarkan visi tentang sekolah yang di impikan (PPT dan Vidio PPT)
  • Mengartikulasikan nilai nilai filosofi harapan sekolah sebagai gambaran tentang sebuah VISI
  • Eksplorasi Konsep

Pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) merupakan strategi perubahan kolaboratif yang berbasis kekuatan. IA merupakan solusi strategi perubahan yang tidak dimiliki oleh pendekatan lainnya. IA mengaktualisasi potensi masing masing individu dalam kelompok menjadi kekuatan yang luar biasa dalam melakukan perubahan. BAGJA merupakan langkah -- langkah yang mengikuti pendekatan Inkuiri Apresiatif. BAGJA terdiri dari B = Buat pertanyaan, A= Ambil pelajaran, G = Gali mimpi, J = Jabarkan renncana dan A = Atur eksekusi.(Vidio PPT)

  • Ruang Kolaborasi

Membuat dan mempresentasikan hasil diskusi tentang satu rencana BAGJA lengkap dari tahap ke tahap menggunakan canvas BAGJA terdiri dari 5 orang (PPT)

  • Demonstrasi Kontektual

Membuat prakarsa perubahan diri berdasarkan visi yang telah di buat kemudian menyusun BAGJA berdasarkan kalimat prakarsa tersebut.(Vidio ppt)

  • Elaborasi Pemahaman

Berdialog virtual dengan instruktur (Google meet)

  • Koneksi antar materi

Mengaitkan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan KHD dan profil pelajar Pancasila pada murit dengan paradigma inquiry apresiatif(IA) (Vidio PPT)

  • Aksi Nyata

Mengeksekusi rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan diri yang suudah di buat dalam demontrasi kontektual.(Vidio PPT)

2. Perasaan

Dalam mempelajari modul 1.3 mendapatkan pengetahuan  dan pengalaman bagaiman merumuskan visi untuk menggerakkan hati dan kolaborasi dalam mewujudkan profil pelajar pancasila dan mengupayakan ketercapaian visi melalui prakarsa perubahan

3.Pembelajaran

  1. Mengartikulasikan profil pelajar pancasila
  2. merumuskan visi menggerakkan hati dan kolaborasi
  3. menentukan prakarsa perubahan yang menantang,bermakna kontekstual relevan
  4. prakarsa perubahan untuk mencapai visi yang dirumuskan
  5. membuat rencana prakarsa perubahan menggunakan paradigma dan model inquiry apresiatif
  6. menjalankan  rencana prakarsa perubahan di sekolah dengan model BAGJA.

4.Penerapan

Mengeksekusi rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan pada tahap demonstrasi kontektual

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun