Assalamualikum Wr.Wb
Disini saya akan menjelaskan beberapa aliran filsafat pendidikan, tokoh-tokoh aliran pendidikan serta pemikiran kunci tokoh filsafat pendidikan.
1) Aliran Filsafat Pendidikan
Disini aliran filsafat pendidikan di bagi menjadi 3 yaitu:
a. Aliran Filsafat Idealisme, yaitu sebuah aliran yang tertua dan dipelopori oleh Plato. Pada aliran ini didasarkan pada kebenaran yang ada dan dapat untuk dirasakan.
Jadi idealisme merupakan suatu aliran filsafat pendidikan yang menyatakan bahwa suatu hal yang bersifat benar dan pengetahuan berasal dari sebuah ide, yang dimana ide tersebut akan bersifat tetap.
Baca juga : Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Filsafat Pendidikan
b. Aliran Filsafat Esensialisme, aliran ini berdiri atas dua aliran yaitu idealisme yang didasari pemikiran plato dan realisme yang di dasari pemikiran oleh Aristoteles. Aliran ini muncul pada zaman renaissance. Pada aliran ini lebih mengutamakan kebudayaan atau nilai-nilai yang ada sejak zaman dahulu.
c. Aliran Perenialisme,yaitu berasal dari kata perennial yang artinya abadi atau fana. Aliran ini berpegang teguh pada nilai-nilai yang bersifat abadi. Atau bisa disebut dengan aliran yang hanya melihat secara substansial. Contohnya: bertindak secara kriminal dan tidak peduli siapapun yang melakukannya.
2) Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan
-Plato yaitu merupakan filosofi yunani yang mengembangkan filsafat. Ia merupakan filusuf yang aktif dalam mengembangkan filsafat dengan mendirikan sebuah sekolah. Ia juga berpandangan bahwa ide merupakan hakikat segala yang ada.
Baca juga : Pendidikan: Filsafat dan Radikalisme
-Aristoteles yaitu bapak ilmu yang berpandangan bahwa ilmu pendidikan itu dibangun melalui riset pendidikan. Riset ini merupakan suatu gerak untuk menuju prinsip umum. Pandangan ini berkembang pada abad 13-14.
-Roger Bacon yaitu seorang tokoh filsafat pendidikan yang mengemukakan bahwa terdapat 3 materi dari melakukan eksperimental diantaranya yaitu melalui penalaran, kemudian penyelidikan, dan selanjutnya melalui kekuatannya sendiri, tanpa adanya bantuan.
-Ockham, yaitu menjelaskan tentang membandingkan dua hal khusus yang dimana satu ada pengaruh tentang metode tersebut dan satunya tidak berpengaruh.
-John Duns Scotus, yaitu menerangkan sebuah metode induksi dalam bentuk persamaan atau dalam bentuk teknik analisis.
3) Pemikiran Kunci Tokoh Filsafat Pendidikan
-Pragmatisme, yang dimana dinyatakan bahwa aliran ini bersifat absolut atau mutlak.
-Realisme, yang dimana dinyatakan bahwa sebuah hakikat termasuk dari dunia fisik dan rohani.
Baca juga : Hubungan Ontologi dan Filsafat Pendidikan
-idealisme, yang dimana dinyatakan bahwa kenyataan pada seluruh dunia atau seisinya yang bersifat rohani. Aliran ini memandang bahwa nilai- nilai akan selalu bersifat tetap.
-Metadealisme, yang dimana dinyatakan bahwa kenyataan yang sebenarnya pada alam semesta dan seisinya adalah alam semesta badaniyah.
-Eksistensialisme, yang dimana dinyatakan bahwa aliran ini lebih memfokuskan pada pengalaman-pengalaman pribadi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H