* Berikut adalah penjelasan mendalam tentang teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget terkait perkembangan sosial dan kognitif:
---
A. Teori Lev Vygotsky (Sosial-Budaya)
Teori Lev Vygotsky dikenal sebagai teori sosial-budaya, yang menekankan bahwa perkembangan kognitif dan sosial anak dibentuk melalui interaksi dengan lingkungan sosial dan budaya. Beberapa konsep utama dalam teori Vygotsky adalah:
1. Zona Perkembangan Proksimal (Zone of Proximal Development/ZPD):
Definisi: ZPD adalah jarak antara kemampuan yang dimiliki anak saat ini (tanpa bantuan) dengan kemampuan yang dapat dicapai anak dengan bantuan orang lain yang lebih kompeten, seperti guru, orang tua, atau teman sebaya.
Contoh: Seorang anak yang sedang belajar berhitung mungkin hanya bisa menjumlahkan angka kecil sendiri, tetapi dengan bantuan guru, ia dapat memahami konsep yang lebih kompleks.
2. Scaffolding:
Definisi: Scaffolding adalah proses memberikan dukungan kepada anak selama berada dalam ZPD. Dukungan ini bersifat sementara dan akan dikurangi seiring dengan meningkatnya kemampuan anak.
Contoh: Ketika seorang anak belajar membaca, guru mungkin membantu dengan menunjukkan kata-kata, tetapi secara bertahap membiarkan anak membaca sendiri.
3. Peran Bahasa dalam Perkembangan Kognitif: