Mohon tunggu...
Ermira NilansariPutri
Ermira NilansariPutri Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Indonesia/ SMP Negeri 3 Jatirono/ Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Indonesia/ Universitas Muhammadiyah Surakarta

Profesi sebagai guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Jatisrono. Mengembangkan bidang keilmuannya melalui keikutsertaan sebagai seorang mahasiswi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Memiliki ketertarikan mendalam pada ranah linguistik dan pengajaran.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Edutainment: Menjebatani Pembelajaran dan Kesenangan

6 April 2023   08:12 Diperbarui: 6 April 2023   08:42 305
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Edutainment: Menjembatani Pembelajaran dan Kesenangan

Ermira Nilansari Putri

Guru SMP Negeri 3 Jatisrono

Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Surakarta


          Sebagai awal dalam pengenalan teknologi pada guru, sejatinya SMP Negeri 3 Jatisrono mendorong penuh pelaksanaannya. Beragam fenomena yang dihadapi ketika banyak guru berusia tua kurang melek teknologi. Berkaitan dengan problematika tersebut pernah diagendakan lokakarya yang bertujuan mendorong pemahaman guru dalam sektor teknologi.

          Seminar tersebut bertujuan guna menjadikan guru melek teknologi. Pengimplementasian ilmu tersebut mampu digunakan dalam beragam aktivitas edukasi. Kegunaan dalam pembelajaran (mampu dimanfaatkan dalam pembuatan media belajar siswa). Media belajar yang sangat diminati siswa saat ini mayoritas dalam hal permainan edukasi. Melalui hal tersebut guru mampu mengambangkan permainan edukasi yang dibuatnya dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa, tujuan belajar, dan kesenangan siswa.

          Forum G20 (Group of Twenty) membahas empat isu mendesak, yakni pendidikan bermutu universal, teknologi digital dalam pendidikan, solidaritas dan kemitraan, serta masa depan dunia kerja. Fenomena perubahan teknologi digital yang cepat dalam beragam ranah kehidupan (khususnya pendidikan) memaksa setiap orang untuk belajar secara adaptif. Penggunaan teknologi digital dalam dunia pendidikan sangat pesat di masa pandemi.

          Teknologi digital dalam pendidikan memiliki kontribusi fisik sebagai alat bantu pembelajaran dan konsep multidimensi. Teknologi pendidikan mampu dipahami sebagai wujud praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan pencapaian melalui penciptaan, penggunaan, dan pengelolaan proses dan sumber daya teknologi yang tepat. Teknologi dipandang sebagai jawaban atas persoalan akses, kualitas dan keadilan sosial di bidang pendidikan. Kemajuan teknologi pembelajaran, seharusnya mampu memberikan solusi mengenai berbagai problematika pembelajaran secara konkret, efektif dan berdampak.

          Bidang pendidikan berkembang untuk menjawab tantangan baru, yaitu dengan terjun ke dunia digital sejak lahir (Daz et al., 2019). Mendapatkan pendidikan yang berkualitas untuk mendukung visi Indonesia tentu tidak mudah. Mutu pendidikan harus ditingkatkan melalui rancangan program yang jelas yang membimbing generasi muda dalam pelaksanaannya. Pemerintah harus membuat strategi baru untuk melanjutkan pendidikan.

          Untuk lebih mengoptimalkan pembelajaran, guru harus memiliki strategi agar kompetensi yang ingin dicapai dapat dilaksanakan. Salah satu kemungkinannya adalah pembelajaran kooperatif. Guru dapat menggunakan pembelajaran berbasis permainan. Ada banyak aplikasi permainan edukasi. Setiap aplikasi memiliki pro dan kontra, jadi seorang guru harus bijak dalam memilih aplikasi yang tepat untuk memanfaatkannya secara maksimal.

Apa itu Permainan Edukasi?

          Bermain pada hakikatnya merupakan kegiatan alamiah yang sangat disukai siswa dan mampu dijadikan sebagai sarana belajar. Dengan bantuan kegiatan bermain, siswa belajar beradaptasi dengan lingkungannya dan berkembang untuk mendapatkan pengetahuan baru. Permainan selain untuk hiburan juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Ini didasari oleh adanya sifat permainan yang menyenangkan, merangsang dan mendorong pemain untuk berkontribusi secara aktif, sehingga pemain secara otomatis mempelajari keterampilan dan kemampuan serta memproses banyak informasi.

          Permainan yang bertujuan untuk kegiatan pembelajaran dapat disebut sebagai permainan edukasi. Peranan permainan edukasi dalam pembelajaran dapat dilihat dari pengertian permainan sebagai sumber atau alat: (1) meningkatkan kesadaran dan motivasi; (2) melatih keterampilan; (3) mengembangkan pengetahuan; (4) komunikasi dan kolaborasi; dan (5) mengintegrasikan pengalaman belajar. Pada umumnya permainan edukasi berfungsi untuk menyampaikan materi pembelajaran atau untuk memperkuat pemahaman konsep pembelajaran.

          Peran permainan edukasi mampu meningkatkan kemampuan bahasa siswa, mengembangkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis. Pada dasarnya permainan edukasi materi Bahasa Indonesia dapat membantu meningkatkan kemampuan kosakata siswa. Misalnya, permainan tebak kata atau teka-teki kata membutuhkan pemahaman yang baik tentang arti kata dan bagaimana kata-kata digunakan dalam kalimat.

          Upaya permainan edukasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jatisrono mampu mengeksplorasi kosakata mereka dan meningkatkan pemahaman mereka tentang Bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, permainan edukasi Bahasa Indonesia juga mampu membimbing dalam mengembangkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis anak-anak. Misalnya, permainan yang meminta siswa untuk membuat kalimat dari beberapa kata yang diberikan dapat membantu meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP.

          Elemen pembelajaran dan hiburan mampu hidup berdampingan tanpa konflik, karena faktor hiburan mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam permainan. Relevansi dari permainan digital ini adalah memungkinkan siswa mempelajari materi Bahasa Indonesia tanpa hambatan ruang dan waktu (Champion, 2015). Pembelajaran berbasis permainan edukasi dalam telah membuka pintu dari beragam jenis interaksi dan memperpendek jarak antara siswa melalui simulasi dan partisipasi bersama.

Apa Manfaat Permainan Edukasi?

          Permainan edukasi sangat bermanfaat untuk meminimalisir rasa bosan siswa saat mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut sejalan dengan karakteristik permainan yang menyenangkan, memotivasi dan menghibur. Permainan edukasi pada hakikatnya suatu aktivitas yang bersifat mendidik, menyenangkan dan bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Pada pengimplementasian permainan edukasi di kelas juga mampu untuk meningkatkan konsentrasi serta memecahkan masalah.

          Penjabaran manfaat permainan edukasi, sebagai berikut: (1) sebagai media pembelajaran interaktif dan menarik bagi siswa; (2) untuk meningkatkan pemahaman siswa; (3) mampu merubah pandangan pembelajaran menjadi lebih bermakna; (4) mampu merangsang siswa dalam mengambil keputusan; (5) sebagai wadah untuk mengevaluasi hasil pembelajaran serta penerapan umpan balik.

          Pemanfaatan permainan edukasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Jatisrono untuk materi teks berita. Permainan edukasi mampu diproduksi serta dikembangkan oleh guru. Pembuatan permainan pada dasarnya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai guru. Namun, seperti yang terlihat bahwa tidak semua guru memiliki kompetensi dalam ranah pengembangan permainan edukasi yang interaktif.

          Keberhasilan implementasi permainan edukasi untuk materi teks berita kelas VIII mampu menarik minat dan menyenangkan. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, saat ini di internet permainan edukasi yang dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran. Tentunya dalam memilih permainan edukasi yang tepat harus disesuaikan dengan materi, tujuan pembelajaran, umur, jenjang pendidikannya, kemudahan akses dan kebutuhan perangkat untuk menjalankannya. Permainan yang disediakan telah dirancang guna membantu siswa dalam memahami konsep dasar dari materi teks berita yang dipelajari.

          Perspektif dalam penyampaian materi pelajaran, permainan edukasi yang tepat dan sesuai dapat digunakan untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Penerapan permainan edukasi yang semula dianggap sebagai sarana hiburan dan sekadar untuk bersenang-senang. Nyatanya mampu menorehkan manfaat, meningkatkan keterampilan, kreativitas, menambah ilmu pengetahuan, serta membantu guru. Mari jadikan pembelajaran hari ini menjadi pengalaman belajar yang bermakna dengan menerapkan semboyan "Bukan sekadar tontonan tapi juga tuntunan" bersama permainan edukasi.

          Sejalan dengan perkembangannya evaluasi integral di sekolah memiliki potensi untuk membantu sekolah dalam meningkatkan kinerja dan efektivitasnya dalam mencapai tujuan pendidikan. Evaluasi integral dapat membantu sekolah untuk mengevaluasi kinerjanya dari berbagai perspektif (hasil akademik, kepuasan, efektivitas pengajaran, dan kontribusi sekolah terhadap lingkungan).

          Kemampuan dalam memadukan perspektif pada evaluasi integral mampu mendorong sekolah untuk mengidentifikasi berbagai aspek. Sejalan dengan paparan tersebut bahwasannya evaluasi integral mampu membantu sekolah untuk menemukan keseimbangan (mengenai tujuan akademik, sosial, dan lingkungan yang berkelanjutan).

          Implementasi teknologi dalam ranah pendidikan dapat dilihat sebagai suatu keniscayaan. Ketertinggalan bertransformasi digital mampu menjadikan bangsa ini terdistorsi. Fenomena ini hendaknya tidak membuat kita merasa berada di zona aman, sehingga menjadi malas untuk mmengembangkan kompetensi diri. Teknologi mampu berkontribusi sebagai angin segar dalam kehidupan. Pesatnya perkembangan sejalan dengan taraf penetrasi internet yang semakin melonjak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun