Masa Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk terbiasa dengan pola kehidupan new normal yang terbatas, dan menuntut masyarakat untuk bisa menikmati hidup dengan cara yang baru.Â
Dengan hadirnya digitalisasi menjadi solusi untuk beradaptasi dengan perubahan pola hidup yang terjadi.Â
Kondisi seperti ini menjadi tantangan bagi para pemasar dalam melakukan pengembangan ataupun pemasaran produk dengan berbagai kampanye.
Menyikapi hal ini, PT Sasa Inti (Sasa) meluncurkan kampanye kolaborasi digital bertajuk SASA in Wonderland Augmented Reality Puzzle, dengan desain khusus guna menjawab tantangan era digital dalam meningkatkan interaksi dan engage dengan konsumen dimasa Pandemi Covid-19.Â
Kolaborasi digital yang dimaksud dari penggabungan seni dan teknologi dalam wujud permainan puzzle tradisional interaktif yang didukung oleh augmented reality (AR).
"Kami ingin berbagi kebahagiaan kepada semua kalangan lewat permainan puzzle interaktif yang didukung teknologi augmented reality, sehingga dapat memberikan pengalaman baru bagi konsumen yang memainkan. Kolaborasi ini juga mengedepankan seniman dan kreator game lokal dalam pembuatannya," ujar Nanda Rahmanu selaku Head of Digital Marketing PT Sasa Inti.
Augmented reality merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.Â
Teknologi AR ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, komputer, HP Android, maupun kacamata khusus.
Sesuai dengan namanya, game ini dirancang menjadi tiga seri, dimana setiap seri akan memperlihatkan karya ilustrasi terbaik dengan gaya dan karakter visual dari setiap illustrator.Â
Dalam penerapan teknologi ini menceritakan kisah petualangan Satria dan Sabrina mengarungi dunia penuh keajaiban dimana mereka akan memulai perjalanan dengan rasa penuh makna yang dihidupkan dalam teknologi augmented reality.
Selain ingin meningkatkan interaksi dan engage dengan konsumen, PT Sasa Inti juga ingin menginspirasi para creator lokal untuk bisa berkarya, tak hanya itu PT Sasa Inti juga menyediakan Sasa Magical Secret Recipe untuk para konsumen sebagai alternatif hiburan bagi keluarga di masa pandemi sekarang ini.
Dengan adanya inovasi ini, "Besar harapan kami, ke depannya kampanye kita ini dapat menginspirasi para creator lokal untuk bisa berkarya dan menjadi alternatif hiburan bagi keluarga terutama di masa pandemi seperti sekarang," tutup Nanda.
Demikian informasi mengenai augmented reality. Ternyata, inovasi ini mampu mengubah dunia kerja. Nah, augmented reality sendiri adalah satu dari banyak teknologi yang mampu lakukan hal tersebut. Masih banyak inovasi lainnya yang bisa mempengaruhi kariermu. Penasaran apa saja? Tenang, kamu bisa pelajari selengkapnya di kanal Kompasiana. Di sana, tersedia banyak pembahasan seputar teknologi penunjang kerja lainnya yang sudah di rangkum untuk para pembaca.
by : Erma Florentina Handayani
Dosen Pengasuh : Ibu Dr. Endang Sulistya Rini, SE., MSi.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H