Mohon tunggu...
Erma Wati
Erma Wati Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen tentang Audit Saldo Kas

20 April 2016   18:13 Diperbarui: 20 April 2016   18:28 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

ERMA WATI (2014017103)

AKUNTANSI 4A4

UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA

 

AUDIT SALDO KAS

Suatu hari ada mahasiswa (Ema) yang binggung tentang materi audit saldo kas. Kemudian dia menemui kakak tingkat untuk mendiskusikan materi tentang audit saldo kas tersebut. Kakak tingkat itu bernama Wening Diasim.

E          : pagi kak

W        : pagi juga dek, hayo ada apa?

E          : hehe, kak aku mau diskusi tentang audit saldo kas. Kaka bias bantu engga?

W        : kalo bias pasti kaka bantu

            Kemudian ema mulai berdiskusi dengan kak wening diasim

E          : kak, audit saldo ka situ dihasilkan dari pengaruh apa sih?

W        : saldo ka situ dihasilkan dari pengaruh kumulatif siklus transaksi yaitu siklus pendapatan, siklus pengeluaran, siklus pendanaan, siklus investasi dan siklus jasa personalia dek

E          : kalau tujuan audit saldo ka situ apa kak?

W        : Tujuan audit saldo kas adalah untuk memperoleh bukti tentang masing-masing asersi signifikan yang berkaitan dengan transaksi dan saldo kas.

E          : ohhh gitu, kak setiap salah apa saja yang  menghasilkan kesalahan dalam pembayaran atau menyebabkan kesalahan dalam penerimaan kas, tetapi tidak satupun dapat ditemukan dalam audit atas rekonsiliasi bank?

W        : itu ada 7 dek yaitu:

1. Kesalahan dalam menagih konsumen

2. Kesalahan dalam menagih konsumen

3. Pencurian kas dengan menghambat pembayaran kas dari konsumen sebelumnya dicatat, dengan akun dianggap sebagai piutang tak tertagih

4. Duplikasi pembayaran faktur vendor

5. Pembayaran tidak benar atas biaya pribadi pejabat perusahaan

6. Pembayaran atas bahan baku yang tidak pernah diterima

7. Pembayaran atas karyawan  lebih besar daripada jam kerja aktualnya

8. Pembayaran atas bunga pada pihak luar jumlahnya lebih besar dibandingkan tingkat bunga sebenarnya

E          : jenis-jenis akun kas itu apa saja kak?

W        : jenis-jenis dari akun ka situ ada 5 dek, yaitu: akun kas umum, akun impress, akun bank cabang, dana kas kecil impers dan setara kas dek.

E          : kak apa ada kecurangan atas saldo kas umum?

W        : ada lah dek

E          : oalah ada to kak. Kecurangan atas saldo kas umum itu terjadi karena apa apa?

W        : Kecurangan atas saldo kas umum ini terjadi karena tidak memadainya pemisahan tugas antara pemegang kas dan pencatatn transaksi kas dalam pencatatan akuntansi dan kurangnya rekonsiliasi bank bulanan yang independen.

E          : bagaimana cara kita mengatasi kecurangan itu?

W        : dengan melakukan prosedur-prosedur yang di gunakan untuk menemukan kecurangan atas penerimaan kas dek

E          : apa saja prosedur itu kak?

W        : Prosedur yang harus dilakukan auditor untuk menemukan kecurangan atas penerimaan kas meliputi: mempertimbangkan sifat dari kurangnya pengendalian internal, jenis kecurangan yang dapat terjadi dari kekurangan tersebut, potensi materialitas kecurangan, konfirmasi piutang dagang, pengujian yang dilakukan untuk menemukan pencurian uang, penelaahan aktivitas akun kas atas transaksi yang tidak lazim, pemeriksaan persetujuan dan dokumen pendukung untuk piutang tidak tertagih dan retur dan cadangan penjualan, serta prosedur audit yang palin efektif untuk menemukan kecurangan.

E          : kaka pa sih pengertian audit atas kas kecil impers?

W        : Kas kecil adalah akun yang unik. Meskipun jumlahnya tidak material, banyak auditor melakukan verifikasi kas kecil karena terdapat potensi kecurangan dan klien mengharapkan auditor memeriksa akun tersebut meski jumlahnya tidak material.

E          : bagaimana pengujian audit atas kas kecil itu?

W        : Dalam pengujian kas kecil, auditor pertama kali harus menentukan prosedur klien dalam menangani dana. Hal ini dilakukan dengan mendiskusikan pengendalian internal bersama pemegang kas kecil dan memeriksa dokumen atas beberapa transaksi. Saat hasil penilaian risiko pengendalian adalah rendah dan hanya sedikit pengeluaran dilakukan selama tahun berjalan, biasanya auditor tidak melakukannya.

E          : ohhh gitu kak. Aku sekarang jadi tahu apasaja materi tentang audit saldo kas.

            Makasih ya kak Wening Diasim.

W        : syukur deh dek kalo sekarang sudah mengerti apa saja materi tentang audit saldo kas.

            Sama sama dek Ema J

E          : besok kalo ada materi yang belum ngerti, aku boleh diskusi lagi sama kakak?

W        : iya boleh dek

E          : yasudah kak saya mau masuk kelas dulu ya, daaaaa

W        : daaaa

            Akhirnya ema sekarang mengethui apasaja materi tentang audit saldo kas berkat wening diasim.

 

 

 

 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun