PENDAHULUAN
Perkembangan internet yang pesat menciptakan sebuah dunia baru yang disebut dengan dunia maya. Dunia maya memungkinkan seseorang untuk menjalankan kegiatan di dalam jaringan tanpa ada yang membatasinya. Dan dari seluruh aspek kehidupan manusia, sektor yang paling terpengaruh dengan adanya internet ini adalah sektor bisnis. Manusia mulai mengembangkan software dan aplikasi perbelanjaan online yang memudahkan penggunanya untuk berbelanja kapanpun dan dimanapun mereka berada.
Manusia merupakan makhluk dinamis, dimana mereka akan terus berkembang dan tidak diam di salam satu hal yang dijalani. Mereka akan terus membutuhkan hal-hal yang mendukung mobilitasnya. Tidak heran arus perdagangan terus mengalir deras mengikuti permintaan konsumen. Kebutuhan manusia yang terus berganti menuntut sektor perdagangan untuk selalu menyediakan barang dan jasa. Efektivitas perdagangan juga perlu diperhatikan, mereka harus menonjolkan keunggulannya baik dalam penyediaan, transaksi, dan juga distribusi barang dan jasa. Untuk itu manusia berlomba-lomba berinovasi menciptakan sebuah platform bisnis melalui internet atau yang lebih dikenal dengan e-commerce.
Perkembangan e-commerce ini diyakini dapat menaikan perkembangan ekonomi di Indonesia dengan sangat pesat. BukaLapak menjadi salah satu contoh platform e-commerce sukses yang ada di Indonesia. Kesuksesannya membawa perekonomian Indonesia meningkat dan berjalan ke arah yang lebih baik. Namun apakah kondisi tersebut dapat terus berjalan ketika terdapat suatu peristiwa yang mempengaruhi kondisi perekonomian Indonesia, seperti halnya KTT G20?
KTT G20
Grup Dua Puluh atau Grup G20 adalah grup yang terdiri dari 19 negara dan Spanyol yang merupakan tamu tetap dengan perekonomian terbesar dunia dan organisasi antar pemerintah dan supranasional, yaitu Uni Eropa. Secara resmi, kelompok G20 disebut Kelompok Dua Puluh (G20) Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral atau The Group of Twenty (G20) Finance Ministers and Central Bank Governors. Kelompok ini didirikan pada tahun 1999 sebagai forum antar pemerintah yang secara sistematis menyatukan kekuatan ekonomi maju dan berkembang untuk membahas masalah ekonomi global yang penting. Tujuan dari forum G20 adalah untuk mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang dan inklusif.
Latar belakang pembentukan forum ini adalah krisis keuangan tahun 1998 dan pendapat yang muncul di forum G7 tentang ketidakefektifan pertemuan kecuali kekuatan ekonomi lain berpartisipasi, sehingga keputusan yang mereka buat lebih berpengaruh dan mencakup hal penting yang belum tentu termasuk dalam kelompok kecil ini. Kelompok ini mengumpulkan hampir 90% produk domestik bruto (PDB, GDP) dunia, 80% dari seluruh perdagangan dunia, dan dua pertiga populasi dunia.
Sebagai forum ekonomi, G20 lebih dari sekadar forum diskusi dan kerja sama mengenai isu-isu terkait sistem moneter internasional. Pertemuan diadakan secara teratur untuk mempelajari, meninjau dan merangsang diskusi di antara negara maju dan berkembang terkemuka tentang strategi menuju stabilitas keuangan internasional dan untuk mencari solusi atas masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh negara tertentu saja.
BUKALAPAK
PT Bukalapak.com Tbk. atau sering dikenal dengan Bukalapak, merupakan sebuah perusahaan perdagangan berbasis elektronik (e-commerce) di Indonesia. Para pengguna Bukalapak dapat melakukan transaksi jual beli melalui situs e-commerce ataupun aplikasi Bukalapak. Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen ke konsumen dimana saja dan kapan saja.
Bukalapak didirikan pada tanggal 10 Januari 2010 oleh Ahmad Zacky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid. Sejak berdiri 12 tahun lalu, Bukalapak telah memiliki 90 juta pengguna aktif, melayani lebih dari 6 juta Pelapak serta memiliki 5 juta Mitra Bukalapak. Memiliki misi untuk menciptakan perekonomian yang stabil dan adil untuk semua lapisan masyarakat. Bukalapak memberikan kesempatan dan pilihan bagi setiap orang untuk mendapatkan hidup yang lebih baik dengan cara memberikan perhatian khusus dalam pemberdayaan serta bantuan untuk memajukan UMKM di Indonesia.
Dengan pesatnya teknologi informasi, pada tahun 2017 Bukalapak masuk ke dalam jajaran startup unicorn di Indonesia. Pada tahun 2017, Bukalapak menempati peringkat keempat perusahaan startup unicorn di Indonesia setelah Gojek, Tokopedia dan Traveloka, selain itu Bukalapak juga menempati posisi perusahaan startup unicorn keenam di Asia Tenggara.
DAMPAK KTT G20 BAGI BUKALAPAK
Konferensi Tingkat Tinggi G20 Bali 2022 merupakan sebuah forum kerja sama internasional yang beranggotakan negara negara dengan perekonomian besar di dunia. Konferensi ini berlangsung di Bali, Indonesia sejak 1 Desember 2021 hingga November 2022. Pada presidensi G20 kali ini mengusung tiga isu utama. Pertama, arsitektur kesehatan global. Kedua, transformasi berbasis digital. Dan yang ketiga, transisi energi berkelanjutan.
Isu mengenai transformasi berbasis digital menjadi sorotan dalam bidang perekonomian, karena dari adanya isu tersebut perkembangan transaksi jual beli bisa dilaksanakan lebih efektif melalui digitalisasi yang ada. Dalam hal nya e-commerce di Indonesia, Bukalapak menjadi salah satu perusahan berbasis elektronik-digital yang merasakan dampak dari hasil kesepakatan KTT G20.
Pada tanggal 14 November 2022, telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Kerjasama Konektivitas Pembayaran Kawasan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo, Gubernur Bank Negara Malaysia Shamsiah Yunus, Managing Director Monetary Authority of Singapore Ravi Menon, Deputi Gubernur Bank Sentral Filipina Mamerto E Tangonan, dan Deputi Gubernur Bank of Thailand Ronadol Numnonda. MoU tersebut mengatur tentang adanya konektivitas payment regional yang bergerak secara bilateral. Dalam hal ini Bukalapak dipermudah dalam transaksi lintas batas antar negara. Bukalapak sebagai penyedia layanan dapat terhubung langsung secara digital ke bank yang telah menjalin kerja sama dengan perusahaannya. Hal ini bisa menekan biaya administrasi yang biasanya ada ketika melakukan pembayaran melalui bank perantara. Sehingga dari hal tersebut terciptalah integrasi ekonomi akibat dari adanya kemudahan bagi konsumen, produsen, dan distributor.
Selain itu pada tanggal 16 November 2022 di Bali, telah dilakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) Kerja Sama Ekonomi Digital antara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dengan Menteri Perdagangan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Wentao. Dimana MoU tersebut mengatur adanya kerangka kerja dan forum dalam pembahasan kerja sama ekonomi digital Pemerintah Indonesia dengan RRT. Dalam hal ini Bukalapak memiliki kesempatan yang semakin luas untuk mengembangkan perusahaannya. Kesepakatan kerja sama ini mempermudah Bukalapak dalam memperluas jangkauan pasarnya. Selain itu, secara tidak langsung Bukalapak menjadi lebih “dekat” dengan ekonomi digital internasional. Hal tersebut dikarenakan MoU ini memiliki tujuan untuk memberikan dorongan baru ke dalam kerja sama bilateral antar negara dalam konteks ekonomi digital. Bentuk - bentuk dorongan yang dimaksud seperti :
- Integrasi teknologi interaktif cerdas
- Kesehatan digital
- Transportasi
- Bisnis
- Kesehatan digital
- Keuangan digital
Lalu pada acara Digital Economic Working Group yang diselenggarakan pada Senin 29 Agustus 2022 di Nusa Dua, Badung, Bali. Yang merupakan side event dari G20. Bukalapak memperkenalkan "Warung Bukalapak".
Pada kesempatan ini Juragan Made, yang merupakan perwakilan mitra Bukalapak menunjukan bagaimana usahanya dapat memanfaatkan teknologi digital. Warung Bukalapak ini sendiri merupakan sebuah aplikasi digital yang membantu warung - warung di Indonesia untuk melakukan aktivitas perdagangan pada umumnya, yaitu seperti membeli stok barang, menjual produk secara virtual, dan juga pelayanan logistik. Howard Ganti selalu CEO Buka Mitra Indonesia menyebutkan bahwa, hingga saat ini Mitra Bukalapak memiliki 14,2 juta warung dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdaftar sebagai mitra mereka.
Menyimpulkan dari hal ini. Indonesia dapat membuktikan bahwa Indonesia siap dan juga mampu untuk memulai proses digitalisasi perekonomiannya.
KESIMPULAN
Terlaksananya rangkaian acara KTT G20 ini telah banyak memberikan Indonesia tidak hanya sekedar ilmu dan pengalaman saja, namun juga penguatan hubungan luar negeri antar anggota G20. Indonesia juga berhasil dalam menunjukan pertumbuhan dan juga kemajuannya kepada negara - negara anggota G20. Dan dari KTT ini juga tentu telah meletakkan Indonesia pada kancah internasional.
SARAN
Perhelatan KTT G20 menjadi peluang bagi Indonesia untuk menunjukan eksistensinya di kancah Internasional. Indonesia sebagai penyelenggara konferensi ini sudah seharusnya mempersiapkan dan merencanakan strategi serta rencana guna untuk menampilkan dirinya sebagai pemimpin bagi negara anggota KTT G20 lainnya. Sebaiknya kita sebagai rakyat Indonesia selalu mendukung program yang pemerintah laksanakan baik di tingkat nasional maupun internasional.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H