Mohon tunggu...
Erika Nina yuliana
Erika Nina yuliana Mohon Tunggu... Guru - Guru

hobi saya adalah memasak. selain seorang guru saya adalah ibu rumah tangga. di sela-sela kesibukan saya selalu menyempatkan memasak untuk keluarga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Menggunakan Metode Proyek

1 Desember 2023   13:51 Diperbarui: 1 Desember 2023   14:27 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
kegiatan kerjasama anak membuat pigora

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI METODE PROYEK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK CEMPAKA PUTIH SURABAYA TAHUN AJARAN 2021-2022

Erika Nina Yuliana

TK Cempaka Putih, Surabaya, Indonesia

erikaninayuliana@gmail.com

ABSTRAK

   Kemampuan kerjasama merupakan proses sosial  yang sangat penting untuk anak usia dini sebagai tujuan untuk menumbuhkan rasa kasih sayang, Mengenalkan sikap gotong royong dan mengajarkan anak untuk mau berbagi karena anak usia 4-5 tahun masih memiliki sikap yang egosentris , salah satu cara yang diterapkan guna bisa meningkatkan kemampuan kerjasama anak adalah dengan memilih metode pembelajaran yang tepat yaitu dengan metode proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  meningkatkan kemampuan kerjasama anak melalui metode proyek anak  kelompok A di TK Cempaka Putih Semampir Surabaya. 

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tiga  kali pertemuan. subyek pada penelitian ini adalah 18 anak kelompok A TK Cempaka Putih Semampir Surabaya yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.obyek penelitian ini yaitu kemampuan kerjasama anak  yang meliputi kemampuan berinteraksi,tanggung jawab, dan saling membantu. Metode pengumpulan data yang digunkan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah  lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase seluruh aspek menunjukkan 76%. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama anak menigkat setelah adanya tindakan kelas melalui kegiatan menggunakan metode  proyek. dari data kegiatan pra tindakan menunjukkan persentase kemampuan kerjasama  secara keseluruhan adalah  47%. Pada siklus 1 persentase kemampuan kerjasama anak secara keseluruhan 63%. Pada siklus 2 kemampuan kerjasama anak kembali mengalami peningkatan menjadi 83% . dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil karena persentase sudah mencapai angka yang ditentukan yakni 76%. 

Kemampuan kerjasama meningkat melalui metode proyek karena metode proyek mempunyai sintaks  pembelajaran yang  berbeda dengan metode pembelajaran yang lain. Sintaks pembelajaran yang digunakan adalah sintaks pembelajaran metode proyek 2013, yaitu menentukan pertanyaan mendasar, menyusun perencanaan proyek, pelaksanaan proyek, dan presentasi hasil. Hal ini menjadikan anak lebih meningkatkan kemampuan  kerjasama dalam hal berinteraksi dengan teman, tanggung jawab, dan saling membantu.

Kata kunci : Kemampuan kerjasama, metode  proyek,anak usia 4-5 tahun.

                                                               

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun