Mohon tunggu...
M. ERIK IBRAHIM
M. ERIK IBRAHIM Mohon Tunggu... Freelancer - 🐇🦢🌱Berakit Rakit Ke hulu, Berenang renang ketepian, aku bersungguh sungguh untuk kamu, TAPI, kamu malah demikian🌴🌿
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

🐇🦢 Terbentur----TeRBENTUR----TerbENTUR----TERBENTUK🐇🦢

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Jamu Gendong Elon Musk

19 November 2022   21:05 Diperbarui: 10 Desember 2022   15:46 390
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar oleh okezone. Com / Ahmad Muhajir. Sabtu, 19/11/2022. | Elon Musk , seorang CEO aplikasi Twitter

santer terdengar riuh Elon Musk ingin bantir stir berjualan Jamu gendong saja sembari membenahi program Twitter era Elon Musk .... 

Begini ceritanya,... 

suatu hari terdengar raut wajah Elon Musk nampak bingung dan bimbang, risau menangani perusahaan twitternya yang mulai merebak, menggema bahkan banyak peminat, meski kini mulai agak menurut. 

Tapi...! Bukan Elon musk kalau tidak menyiasati nya. jangan merasa gundah. Elon musk punya banyak inisiatif untuk mendobrak usahanya agar bisa maju... 

Menelisik... Mencari cari...! Berjalan jalan menyambangi pulau pulau peraduan...! Mencari inspirasi.... 

" Bagaimana caraku, agar bisa berkembang ini akun twitter ku... " Ujarnya.

melanjutkan eksplorasi nya untuk menemukan ide-ide baru dengan menapaki jalan jalan sepi di kota Kota yang katanya angkuh...! Namun, tidak melulu begitu... 

"Harus melihat dari 2 sisi"

Tidak kunjung bertemu....! Ia mengemudikan sepeda dengan kayuhan perlahan-lahan untuk sambil berangan menatap angin angin semua dipagi hari.... 

tengah perjalanan,.... 

Dihadapkan pada burung burung Camar berkicauan, burung pelatuk yang sedang bertengger di pepohonan... Hingga cendrawasih yang menyejukkan hati dan mata... 

Pastinya...! Kaget... Terkejut... Terperangah..., untung saja tidak jatuh... 

Tanpa membuang waktu lagi, melarung mengarungi jalanan pedesaan untuk menemukan inspirasi baru sampai tibalah ia pada dedaunan yang berguguran tepat di desa dengan ibu ibu yang sedang asyik berbincang dengan penjual jamu... 

ada yang mengenakan batik, kebaya... Jarik... Hingga Topi Caping ( untuk berladang disawah yang ia dekati dan ia sambangi... 

" Wah... Rupanya seru sekali ngobrol nya, apakah aku boleh gabung?... " Tanya Elon musk... 

"Wooahhh.... Tentu saja boleh.... Ini lagi mbahas trik marketing bisnis perjamuan... " Ujar ibu ibu... 

mendengar itu Elon musk semakin membuka telinganya lebar lebar... Mendengarkan dengan seksama apa yang dibicarakan.... 

Sampai pada akhirnya,... 

Ia berinisiatif bertanya pendapat mengenai bisnis digital makanan yang cocok itu jualan apa...! 

wah... Dengan sigap, cermat, cerdas , menantang dan garang....! Ibu ibu langsung menjawab... " Jualan Jamu aja gimana, ini lho kerjasama sama ibu penjual jamu ini... "

"Iya nggak, Bu... "... Ujar ibu ibu sembari melirik penjual jamu.... 

Menelisik membayangkan bisnis nya yang semakin turun, Membuatnya ingin tergugah membuat gebrakan baru.... 

" Woh... Betul juga ya... "... Ujar Elon musk sembari izin pamit meninggalkan ibu ibu itu untuk mencari dan memikirkan masak masak...? Apa yang harus dilakukan... 

mengayuh sepeda lagi... 

Suatu pagi di suatu rumah Elon musk, ia merenung dan merelung perkataan ibu ibu kemarin... 

" Wah apa aku kerjasama aja ya sama ibu Ibu itu, jenuh juga ini kalau jualan aplikasi terus"

Sambil mengira ngira.... 

Sambil menerka-nerka... 

Sambil Berucap acapkali hanya celotehan kecil... 

Sembari menikmati air putih dingin di pagi hari... 

"Segarnya.... "

... Tanpa buang waktu kembali, berpikir sejenak, bergegas bertandang kerumah ibu penjual jamu yang sudah lebih dulu dikasih alamatnya tadi...! Setelah tadi berbincang bincang... 

Sesampainya disana... 

"Tuk... Tukk..., permisi.. " Ujar Elon musk

" Iya, tunggu sebentar, eh... Kamu lagi.. Ada apakah sampai kesini segala..? " Tanya ibunya... 

"Saya kepikiran mau kerjasama sama ibu, ibu bersedia nggak, nanti keuntungan kita bagi rata, pastinya nanti bisa nambah relasi dan pundi-pundi uang nanti... Bagaimana?... " Ujar Elon. 

" Wah... Ide bagus itu, Mas... Mulai kapan jualannya... Besok, bagaimana... Ini nanti takk siapin resep jamu gendong nya dulu dan dan tak buatin, nanti kamu yang njualin online dilapak kamu... " Ujar ibu memberikan saran... 

"Wah... Boleh tu bu... Yuk segera... Semoga sukses dan bisa membawa perubahan baru... "... 

Tos dulu, Bu.... Hehhehe.... 

******

setelah sekian lama mencari inspirasi, wah akhirnya menemukan jalannya untuk menghindari kejenuhan dan membawa gebrakan baru...

Semoga sukses Elon Musk... Amiin

Kota semarang, 19/11/2022

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun