Jumlah warung makan setiap waktunya semakin bertambah banyak. Orang Indonesia yang hobi kulineran membuat banyak pengusaha di bidang makanan membuka kedai di beberapa daerah yang strategis. Mulai dari warung makan seperti warteg, warung bakso, sampai warung nasi padang pasti selalu ada di setiap pinggir jalan dengan varian harga yang tentunya berbeda-beda.
Meskipun warung makan semakin menjamur namun tidak serta merta menjamin akan kualitas di dalamnya. Pelayanan yang baik menjadi ciri dari warung makan yang berkualitas di samping cita rasa masakan yang dijajakan kepada para konsumen. Ada warung makan sederhana namun banyak diserbu pelanggan karena rasa dan kualitasnya. Ada pula warung makan yang terlihat elite namun minim pelanggan.
Saya beberapa kali mendapati warung makan yang memang dari segi pelayanannya oke, namun masakan yang dijual kurang menusuk lidah. Saya juga pernah mendapati warung makan yang enak tapi pelayanannya buruk. Berikut ini merupakan warung makan yang sebaiknya kamu hindari demi kenyamanan.
#1 Pelayannya tidak sigap membersihkan meja bekas pelanggan lain
Selain dari rasa makanan, kualitas warung makan juga ditentukan dari segi pelayanannya. Jika pelayanan yang diberikan kurang begitu baik meskipun rasa masakannya enak, pelanggan juga enggan untuk kembali lagi. Terlebih saat pelayan di sebuah rumah makan yang nggak sigap untuk membersihkan meja bekas dari pelanggan lain. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan pelanggan yang baru datang dan kebetulan belum kebagian meja makan.
#2 Warung makan yang tidak menyediakan tisu
Setiap warung makan sebaiknya memang harus menyediakan tisu untuk para pelanggannya. Apalagi warung makan yang menjual makanan berkuah atau hidangan pedas. Tisu tentunya menjadi alat utama bagi pelanggan untuk mengusap keringat, mulut, atau saat tidak sengaja menumpahkan kuah sedikit. Jika warung tidak menyediakan tisu maka akan membuat repot pelanggan. Padahal harga tisu tidak seberapa, namun masih ada saja warung makan yang pelit.
#3 Gelas yang masih berbau sabun cuci
Saya paling kesal dengan warung makan yang tidak higienis. Mencuci gelas saja tidak becus karena wangi sabun cucinya masih kentara. Beberapa waktu lalu saya pernah minum dari gelas yang rasa sabun cucinya masih terasa sehingga membuat lidah ini ternodai. Warung makan seperti ini sudah pasti tidak mementingkan kebersihan dan terlalu terburu-buru sehingga meninggalkan noda di gelas atau piringnya.
#4 Lantai penuh sampah yang bikin makan nggak nyaman
Kebersihan adalah hal yang sangat penting di dalam usaha warung makan. Tempat yang bersih tentunya membuat nyaman setiap pelanggan yang berkunjung. Berbeda halnya ketika makan di warung makan yang kurang memerhatikan kebersihan seperti lantai yang kotor atau penuh dengan sampah. Tim kebersihan harusnya selalu gercep untuk membersihkan lantai demi kenyamanan pelanggan. Hal ini juga harus menjadi perhatian pelanggan agar tidak membuang sampah sembarangan.
#5 Tidak menyediakan kipas angin
Warung makan merupakan tempat umum yang sering didatangi oleh banyak orang. Kipas angin menjadi komponen penting yang ada di dalam suatu ruangan agar pelanggan tidak merasa gerah apalagi rumah makan yang ramai. Makan di tempat yang sumpek tentunya akan membuat kenikmatan menjadi berkurang. Sudah, mah, sumpek ditambah bau pula. Nggak lagi-lagi, deh, mampir ke warung makan itu.
Nah, itulah warung makan yang sebaiknya kamu hindari agar tidak menyesal. Setiap rumah makan memang memiliki standar kualitas berbeda-beda. Lebih dari itu, setiap rumah makan tentunya harus menghadirkan rasa nyaman dan aman bagi para pelanggannya.***
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H