Mohon tunggu...
Erfransdo
Erfransdo Mohon Tunggu... Lainnya - Journalist, Traveler

Penggiat aksara dan penggemar tualang | Chelsea fans

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kenapa Kita Harus Minum Kopi Secara Perlahan?

2 Februari 2022   02:11 Diperbarui: 2 Februari 2022   02:12 456
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : Pixabay

Kopi barangkali sudah menjadi kawan bagi sebagian besar orang di setiap harinya. Entah kawan saat pagi hari, siang, atau malam hari. Hidup tanpa kopi rasa-rasanya seperti ada yang kurang dalam diri. Apalagi kalau sedang ngobrol dengan kerabat di beranda rumah. Maka kopi dan rokok sudah menjadi paket yang spesial. Dan akan lebih spesial jika ada camilan di sampingnya. Entah itu pisang goreng, ubi goreng, atau goreng-goreng yang lainnya.

Di keluarga saya hampir semua pecinta kopi, kecuali nenek saya yang tidak pernah mencicipi kopi barang satu seruput pun. Mungkin blio takut gula darahnya naik atau memang tidak suka saja dengan kopi. Bahkan saudara sepupu saya yang baru umur satu tahunan sudah kenal sama yang namanya kopi. Suatu ketika saya sedang asyik baca buku sambil ngopi, doi merengek ingin meminum apa yang saya minum. Ya sudahlah saya kasih coba dikit, eh doi malah ketagihan. Meskipun pada akhirnya saya yang kena omel ibunya.

Penikmat kopi memang tidak muda tidak tua, bahkan balita pun doyan sama yang namanya kopi. Teman saya bilang, nggak emyu nggak makan nggak ngopi nggak asyik. Ya memang betul, kalau lagi baca buku atau nyambi nugas tanpa kopi itu nggak asyik dan nggak semangat. Makanya setiap saya nugas sampai larut, biasanya saya akan siap sedia kopi di pinggir laptop dengan camilan-camilan yang malah bikin gagal fokus.

Entah, saya agak-agak lupa kapan pertama kali saya minum kopi. Tapi satu yang pasti, ketika saya ngopi dan juga lihat orang-orang di luar sana yang ngopi manja di senja hari, pasti ada satu kesamaan : meminum kopi secara perlahan. Maksudnya saya dan juga mereka tidak meneguknya sekali habis. Saya antara bingung dan tidak mengerti, apakah seni meminum kopi harus seperti itu? Tapi meskipun begitu bagi saya kebiasaan tersebut sepertinya memang sudah menjadi sebuah penerimaan (normalisasi) di kalangan pecinta kopi maupun yang bukan pecinta kopi.

Saya sama sekali nggak tahu asal mula kenapa kita harus meminum kopi secara perlahan. Saya tidak begitu tahu manfaat dan esensinya. Tapi saya sangat menikmati seni berkopi ria tersebut. Menurut hemat saya, mungkin ada beberapa alasan mendasar seseorang meminum kopi secara perlahan hingga butuh waktu berjam-jam untuk menghabisinya. Berikut ini daftar alasannya.

#1 Kopi biasanya disajikan dalam keadaan panas

Seperti yang kita ketahui, yang namanya kopi biasanya diseduh menggunakan air yang panas. Meskipun ada juga kopi yang disajikan dalam keadaan dingin dengan es batu, namun mayoritas kopi disajikan dalam keadaan panas. Tapi entah panas atau dingin, biasanya para penikmat kopi akan menyeruput kopi secara perlahan tidak langsung satu kali tegukan.

Dengan keadaan yang panas itulah, barangkali bermula formula untuk menikmati satu cangkir kopi. Karena tidak akan mungkin jika masih dalam keadaan panas kita akan menghabiskannya dalam satu kali tegukan. Yang ada lidah kita akan meleleh dan tenggorokan kita akan menjadi korbannya. Maka meminumnya secara perlahan adalah kenikmatan yang hakiki.

#2 Meminum kopi secara perlahan terasa nikmat

Entah anggapan ini datang dari mana, tapi saya sendiri yang merasakannya. Meminum kopi secara perlahan, satu seruput setiap lima menit sekali, membuat saya merasakan kenikmatan yang tidak bisa diungkapkan dengan sekadar kata-kata. Seperti kata seseorang, "Ketika kata-kata tak lagi banyak berbicara, secangkir kopi bisa jadi perantara dan mencairkan suasana.", mantap jiwa, Slur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun