Kemajuan teknologi memiliki peran yang cukup besar dalam setiap aktivitas yang dilakukan manusia. Pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan akan lebih mudah dengan adanya kemudahan yang ditawarkan melalui teknologi baik di bidang Pendidikan ataupun ekonomi.
Untuk itu, mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Universitas Pamulang (UNPAM) mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan di sekolah SMK PUSTEK Serpong, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Tentang “Edukasi Digital Marketing di Lingkungan Sekolah” pada sabtu, 5 November 2022.
Pengabdian Kepada Masyarakat ini sudah di setujui oleh Bapak Suryaningrat S.kom, M.kom selaku dosen pembimbing, serta persetujuan dari Bapak Masri S.E selaku kepala sekolah SMK PUSTEK Serpong dan Bapak Nahrowi S.pd selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMK PUSTEK Serpong.
Pembukaan dan sambutan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dibuka oleh Bapak Nahrowi, S,Pd selaku perwakilan dari pihak sekolah, Bapak Suryaningrat S.Kom., M.Kom selaku Dosen Pembimbing, Sdr. Rian Priadi Rhomadon selaku Ketua Pelaksana, serta MC (Master Of Ceremony) Sdri Annisa Ayuningtyas dan Sdri Ani Kurnia (Mahasiswa), Moderator sebagai pemateri oleh Sdr. Pratamar Dika, Sdr. Aldis Sahputra, Sdri. Erfina Yuanita (Mahasiswa/i), Dokumentasi Sdr. Rizal Jafar Sidiq, Sdr. Wahid Aditya Permana (Mahasiswa), Operator yang membantu acara oleh Sdr. Muhamad Rayhan Fazri, Sdr. Ari Setia Gunawan (Mahasiswa).
“Saya berharap dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini akan memberikan dampak yang efektif dan positif bagi siswa/I di SMK PUSTEK Serpong,” ujar pak Nahrowi S.pd selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.
Moderator materi mengangkat tema “Edukasi Digital Makerting” Dikarenakan banyak kalangan siswa/I yang kurang memahami apa itu Digital Marketing. Maka dari itu moderator materi menjelaskan arti, manfaat dan strategi pada Digital Marketing.
Manfaat Digital Marketing dikalangan Siswa/i merupakan bentuk dari action yang dapat dilakukan siswa/I untuk mengenal cara mempromosikan suatu product secara efesien dan kreatif. Selain itu dari Digital Marketing para siswa/i juga dapat mengenal dan menjangkau dunia pasar, target, serta meningkatkan sebuah brand yang ingin di pasarkan nya.
Setelah menyampaikan manfaat dari Digital Marketing, MC pun lanjut memberikan sebuah Quis dan sebuah Challenge kepada siswa/i dengan memcontohkan cara mengiklankan produk yang nantinya sebagai contoh siswa/I memasarkan produknya di media digital seperti tiktok, instagram dll. Challenger tersebut dilakukan agar siswa/I tidak merasa jenuh, dengan pemaparan yang telah disampaikan sehingga siswa/I merasa terhibur Kembali.
Diakhir kegiatan tim PKM menanyakan kepada siswa/I mengenai action dari real life materi yang telah disampaikan, adakah yang telah mencoba hal tersebut yaitu berjualan menggunakan media dan strategi Digital Marketing, dari 30 siswa/I, ada salah satu dari mereka yang sudah melakukan kegiatan tersebut guna menambah ilmu mereka di bidang kewirausahaan, mengasah mental serta mengasah kreatifitas mereka dalam hal menarik simpatik calon konsumen.
1. Rian Priadi Rhomadon (Ketua Pelaksana)
2. Pratamar Dika Pasca Anarki
3. Ari Setia Gunawan
4. Ani Kurniawati
5. Annisa Ayuningtyas
6. Muhamad Rayhan Fazri
7. Erfina Yuanita
8. Aldis Sahputra
9. Rizal Jafar Sidiq
10. Wahid Aditya Permana
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H