Mohon tunggu...
Erfano
Erfano Mohon Tunggu... Guru - Pencinta Perjalanan, Kuliner, Musik, Buku dan Film

Hidup ini singkat. Ayo semangat!

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Dua Skill Ini yang Harus Di-upgrade Saat Ramadan

3 April 2023   21:59 Diperbarui: 3 April 2023   22:27 809
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: PEXELS

Memiliki umur yang mulai tak muda, saya baru sadar banyak kemampuan atau skill yang sudah ada sejak muda yang perlu di-upgrade.

Awal mulanya saya merasa cukup dengan keterampilan yang ada, namun berada di zona nyaman dengan kemampuan tersebut nyatanya jadi boomerang bagi diri.

Di tengah pekerjaan yang mulai tidak stabil, peraturan di perusahaan yang mulai tidak berpihak, saya harus keluar dari zona nyaman untuk terus bertahan dalam tatanan kehidupan. Salah satu yang harus saya kembangkan adalah keterampilan-keterampilan yang sudah ada di diri sejak lama.

Menulis

Ini salah satu skill yang sudah ada sejak saya remaja. Skill menulis makin berkembang saat saya mulai memasuki kuliah dan makin berkembang ketika sudah bekerja dan fokus menjadi blogger.

Namun saya merasa tulisan-tulisan yang saya buat stuck dan tidak berkembang. Tulisan yang dibuat akhir-akhir ini sekadar memenuhi kebutuhan klien. Modal membaca yang harus imbang untuk  kebutuhan menulis pun mulai berangsur-angsur pudar.

Mulailah kembali saya mengikuti beberapa kelas menulis untuk mengupgrade skill menulis, mulai membuat tulisan-tulisan panjang dengan tidak hanya menyelesaikan tulisan karena deadline dari klien. Mulai kembali menghadirkan nyawa lewat tulisan-tulisan yang dibuat agar menggugah pembaca.

Banyak tulisan-tulisan di blog yang saya buat adalah review-review produk, review makanan, review restauran, dan membahas hal lainnya. Padahal saat pertama kali menulis, kekuatan saya ada di menulis cerita pendek dengan menghadirkan imajinasi dari karakter dan latar. Kekuatan membuat sebuah cerita tersebut yang membantu sekali dalam membuat tulisan demi tulisan.

Selain ikut kelas, saya juga mulai mengamati dan tentu saja mempelajari tulisan-tulisan untuk skrip dan untuk konten sosial media. Bagaimana tulisan-tulisan itu dibuat dan menjadi sesuatu yang menarik bagi penonton.

Sebenarnya mengupgrade tulisan dengan meningkatkan kualitas bukan perkara gampang namun bukan juga perkara yang sulit. Apalagi kemampuan menulis ini sudah dimiliki sejak lama.

Skill Making Video

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun