Mohon tunggu...
Erdin Nadid
Erdin Nadid Mohon Tunggu... Lainnya - Aktivis Gabut

Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi dan Manajemen Dakwah pada Masa Sekarang

16 Maret 2022   12:00 Diperbarui: 16 Maret 2022   13:20 1046
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wabah Virus Covid-19 nampaknya bukan lagi menjadi hal yang asing untuk didengar, sudah Lebih dari 2 tahun kita diresahkan olehnya, hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari termasuk kebiasaan kebiasaan yang kita lakukan saat ini. Banyak kegiatan yang awalnya bisa dilakukan secara tatap muka sekarang berubah menjadi daring atau online.

Kebiasaan lama yang sering kita lakukan menjadi berubah , Misalnya tidak ada sekolah tatap muka, Pengajian secara offline, shalat berjemaah dimasjid bahkan shalat hari raya atau liburan keluar kota juga dilarang. Pandemi juga dapat mengubah peradaban yang berpengaruh pada interaksi dan proses sosial (Harahap,2020). 

Kondisi dan Aktivitas Dakwah 

Adanya pandemic covid-19 sangat berpengaruh terhadap pola kehidupan manusia, dan menjadi tidak normal, namun kendatipun demikian, Hal ini lantas tidak menjadi penghalang aktivitas sehari hari yang dilakukan oleh masyarakat menjadi terhenti karena wabah ini walaupun semua aktivitas dibatasi.

Begitupun dengan aktivitas dakwah, yang mana dakwah merupakan ruh untuk menyebarkan nilai nilai kebaikan dalam islam, dakwah harus tetap dijalankan meskipun banyak aturan yang diterapkan Oleh pemerintah diantaranya untuk tidak berkerumunan, hal ini adalah salah satu bentuk ikhtiar yang dilakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid 19 yang saat ini sudah mulai landai. Dengan demikian, pelaku dakwah atau Da’i harus cerdas, kreatif dan harus bisa mencari jalan keluar atau alternative baru dalam menghadapi kondisi yeng terjadi saat ini. 

Definisi dan tujuan dakwah

Dakwah merupakan kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah sesuai dengan garis aqidah, syariat,dan akhlak islam. Kata dakwah merupakan masdar (kata benda) dari kata kerja da’a yad’u yang berarti panggilan,seruan atau ajakan.

Dakwah bertujuan untuk membentuk pribadi muslim yang mempunyai iman yang kuat, Beperilaku sesuai hukum-hukum yang berlaku dalam islam, Menjalankan apa yang diperintahkan dan meninggalkan yang dilarang sesuai Alquran dan Hadist. Serta membentuk masyarakat yang damai tanpa adanya diskriminasi dan eksploitasi, saling tolong menolong dan rasa salinng menghormati antara satu dengan yang lain. 

Strategi dan Manajemen Dakwah pada masa Pandemi

Dimasa sekarang, Salah satu cara alternative yg efektif dalam berdakwah yaitu dengan memanfaatkan kemajuan era teknologi yang berkembang sangat pesat. Yaitu dengan menggunakan media sosial yang saat ini banyak diminati oleh kebanyakan masyarakat umum. Pemanfaatan media sosial ini tentunya harus diiringi dengan kemampuan dalam mengelola dan menggunakan sosial media yang baik. Penguasaan media sosial menjadi suatu keharusan yang harus dimiliki oleh setiap individu pelaku dakwah atau Da’i. kondisi ini menjadikan dakwah mengalami pergeseran dari segi strategi dan media yang digunakan. Begitu juga dengan masyarakat yang menjadi sasaran dakwah dimana kegiatan kegiatan lainnya bisa berjalan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Pada saat pandemic covid-19, strategi dakwah dituntut untuk menyesuaikan kondisi. Strategi dakwah yang efektif juga dapat menjadi langkah yang strategis untuk memecahkan berbagai masalah dalam aktivitas dakwah. maka dari itu, untuk mencapai hal tersebut yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kualitas pendidikan pendakwah atau da’I, meningkatkan intensitas dakwah melalui pendekatan structural dan kultural, melaksanakan pelatihan untuk menambah dan memperkaya wawasan da’i, serta meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi sebagai media dakwah (Abzar,2015).

picsart-22-03-16-12-48-39-442-62317a8180a65a05db112902.jpg
picsart-22-03-16-12-48-39-442-62317a8180a65a05db112902.jpg
Media digital, Internet dan media sosial semakin sering digunakan pada saat pandemic covid-19 karena hampir semua hal dilakukan secara online. Sebagai pendakwah, harus bisa memahami kondisi yang terjadi saat ini sehingga pesan atau seruan yang akan disampaikan bisa terlaksana dengan baik. Dalam menghadapi hal tersebut, maka perlu strategi dakwah yang sesuai dengan kondisi covid 19 diantaranya melalui pendekatan kekeluargaan (fardhiyah) yakni kegiatan dakwah yang dilakukan pada anggota keluarga . dan dakwah melalui media sosial. Dengan menggunakan media ini maka jangkauan atau sasaran dakwah akan semakin luas. Dan penyampaiannyapun semakin variatif. Baik itu yang berupa gambar, audio, ataupun video. Banyak sekali media sosial yang dapat digunakan sebagai media dakwah seperti website, Whatsaap, Facebook, Instagram, Youtube, Line dan lain- Lain.

Kegiatan penunjang Dakwah Digital

Untuk menunjang kemampuan tersebut ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk menambah ilmu dalam dakwah digital, diantaranya:

1. Manajemen Konten

Kegiatan ini bertujuan untuk menyuguhkan konten yang baik dan menarik, baik dari segi pengumpulan konten, pengelolaan konten dan mempublikasikan konten. Sehingga, selain kemampuan ilmu pengetahuan atau substansi yang akan disampaikan , juga mengetahui bagaimana cara menyuguhkan atau menampilkan konten-konten yang menarik dan juga banyak diminati kalangan masyarakat.

2. Pelatihan Publik Speaking

Publik Speaking salah satu kemampuan yang penting dimiliki saat ini, public speaking adalah kegiatan komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung dimuka umum atau dihadapan sekelompok orang. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih keberanian, kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi didepan public/khalayak ramai

3. Pelatihan Desain Grafis

Di era digital seperti sekarang ini memiliki skill desain sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai macam keperluan. Termasuk dalam berdakwah. Salah satu tujuan dari kegiatan ini agar dapat membuat desain yang bagus sehingga dapat menarik orang yang melihatnya dan pesan yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik.

Beberapa kegiatan diatas dapat menunjang kemampuan untuk berdakwah di era pandemic Covid-19. Harapannya dengan menggunakan sosial media untuk aktivitas dakwah dapat memunculkan respon yang positif dan mudah untuk diakses. dan pendakwah dapat menyuguhkan dakwah yang menarik, kreatif dan mudah dipahami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun