Pendahuluan
Pada abad ke-21 ini perkembangan teknologi semakin canggih dan pesat, terutama perkembangan di bidang informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi ini membuat kita semakin mudah dalam mendapatkan, mengirim, dan mengolah informasi yang ada, bahkan tanpa perlu usaha yang lebih. Seperti ketika kita ingin mencari informasi atau berkomunikasi kita hanya perlu mengoperasikan gadget yang terkoneksi dengan internet kita sudah bisa mendapatkannya.Â
Seiring dalam perkembangannya teknologi informasi dan komunikasi ini juga semakin membantu dan memudahkan manusia dalam berbagai sektor kehidupan, contohnya toko online dimana memudahkan kita berbelanja tanpa harus ke tokonya langsung, media sosial sebagai saran komunikasi, dan masih banyak yang lain. Peranan teknologi informasi dan komunikasi banyak sekali sektor kehidupan manusia yang semakin terbantu dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Bahkan sektor pariwisata pun juga terbantu dengan perkembangan teknologi dan komunikasi. Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam sektor pariwisata cukup besar dan penting, karena dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi memudahkan para wisatawan untuk mengetahui lebih mudah tentang tempat-tempat wisata yang ada sekalipun didaerah terpencil sekalipun.Â
Teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya memudahkan para wisatawan untuk mengetahui tempat-tempat wisata yang ada tetapi juga dalam perancanaan dan perjalanan liburan, contohnya seperti pemesanan tiket perjalanan, pemesanan hotel, pemilihan tempat wisata, bertransaksi, dll.Â
Hal-hal tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat, hanya dengan mengoperasikan gadget wisatawan bisa mendapat informasi yang cepat, tepat, akurat dan mudah. Kemudahan seperti ini akan membuat wisatawan puas dan senang, tentunya juga akan menimbulkan rasa ingin kembali lagi untuk berlibur. Selain bermanfaat bagi para wisatwan juga memberikan manfaat bagi para pengusaha di bidang pariwisata untuk mempromosikan jasa atau pun produknya
Pemanfaatan TIK dalam pariwisata Indonesia
Teknologi informasi dan komunikasi juga telah menjadi sebuah cara untuk memperkenalkan dan mepromosikan pariwisata di berbagai Negara. Seperti salah satunya yang dilakukan oleh Negara Indonesia beberapa tahun belakangan ini yang terus mempromosikan tempat-tempat pariwisata yang ada di Indonesia melalui iklan di media masa online maupun offline, agar menarik minat para wisatawan untuk berwisata ke indonesia. Â
Salah satu cara Pemerintah Indonesia meluncurkan program ITX (Indonesia Tourism Exchange), ITX ini merupakan sebuah paltfrom online marketplace yang memberikan kemudahan bagi para wisatawan untuk menemukan informasi mengenai akomondasi, destinasi, tour, event, dan pemesanan, selain itu ITX juga memberi kemudahan pembayaran dan konfirmasi secara digital untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke indonesia.Â
Dengan kemudahan seperti ini diharapkan nantinya para wisatawan merasa tenang dan tertarik untuk berkunjung ketempat wisata yang ada di Indonesia. Selain itu program ITX ini juga membantu para pengusaha yang berkecimpung dalam bidang pariwisata seperti pemilik penginapan atau biro pariwisata, karena pemerintah juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan dan para pengusaha di bidang pariwisata untuk memasarakan produk atau jasanya di ITX.Â
Dengan adanya ITX ini pemerintah juga memperoleh keuntungan karena mendapat kemudahan dalam mendapatkan informasi perjalanan wisatawan untuk mendukung mengambil keputusan pengembangan pariwisata di Indonesia.
Program ITX sangat berguna bagi pariwisata di Indonesia karena selain sebagai media informasi wisatawan, juga memberikan dampak positif kepada para penggiat usaha di bidang pariwisata. Yaitu ITX sebagai wadah untuk mengembangkan usahanya lebih luas lagi dan yang nantinya berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan, sehingga dapat berkembangannya tempat wisata.Â
Namun mungkin dalam penerapannya ITX masih mengalami beberapa kendala seperti kuranganya pengetahuan dan pemahaman masih rendah tentang ITX, sehingga masih banyak wisatawan atau pengusaha yang melakukan promosi, pemasaran jasa atau produknya, serta pencarian informasi secara konvensional. Ditambah lagi dengan pembangunan infrakstruktur teknologi informasi dan komunikasi yang belum merata di daerah-daerah terpencil yang mempunyai potensi wisata, yang mengakibatkan kurang mengetahui dan dan tidak bisa mengakses program ITX ini.
Terlepas dari semua masalah dan kendala yang ada, program ITX yang diluncurkan pemerintah ini sangat bagus untuk perkembangan wisata di Indonesia. Program ITX ini sebagai media pomosi wisata-wisata yang ada di Indonesia, Â juga sebagai media pengembangan usaha di bidang pariwisata. Namun ITX masih perlu di kembangkan lagi baik pemaksimalan sistim dan kerjasama dengan para pengusaha di bidang pariwisata.Â
Agar nantinya sistem yang ada pada ITX ini semakin memudahkan dan semakin diminati oleh para wisatawan, juga semakin banyak para pengusaha yang bergabung ke program ITX ini sehingga semakin banyak pilihan dan layanan bagi wisatawan. Serta ditambahnya pembangunan infraktruktur teknologi informasi dan komunikasi didaerah-daerah terpencil yang memiliki potensi wisata agar semakin luas dan banyak pilihan destinasi wisata yang ada dlam program ITX ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H