Saat melamar pekerjaan, Curriculum Vitae adalah salah satu kelengkapan yang diminta oleh perusahaan. CV harus dapat memberikan informasi penting sekaligus menarik minat perusahaan. Fungsi CV adalah mempermudah perusahaan untuk menilai tingkat kompetensi dan kemampuan pelamar, serta untuk melihat apakah pelamar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mereka.
Yang harus ada dalam sebuah CV:
1. Data Pribadi, Pendidikan dan Pengalaman Kerja (bila Anda sudah pernah bekerja)
2. Ketrampilan - bukan hal-hal abstrak seperti mampu bekerja sama dalam tim, dapat bekerja di bawah tekanan, dapat berkomunikasi dengan baik dengan atasan dan bawahan, atau senang mempelajari hal-hal baru. Semua ini sama sekali tidak memberikan nilai tambah pada CV Anda. Cantumkan ketrampilan dalam bidang komputer (program dan aplikasi) dan/atau ketrampilan berbahasa asing.
3. Bukan tentang kegiatan yang Anda kerjakan sehari-hari.
4. Ceritakan tentang apa yang telah Anda lakukan sehingga membuat perusahaan untung.
5. Training yang pernah diikuti. Pilih yang sesuai dengan posisi yang Anda tuju, tidak perlu memasukkan semua training.
6. Prestasi yang pernah Anda capai, baik dalam pendidikan, pekerjaan  dan kemasyarakatan.
Syarat sebuah CV yang baik:
1. Rapi dan mudah dibaca. Pilih font seperti Arial, Helvetica, Garamond, Georgia, atau Myriad.
2. Informasinya lengkap dan relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Pakai gaya bahasa yang formal dan jelas. Tulis CV Anda dengan jujur dan tepat.
3. Ringkas. Paling panjang hanya dua halaman saja.
4. Customized. Sesuaikan CV yang Anda kirim dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Tunjukkan pada perusahaan bahwa kemampuan Anda sesuai dengan yang mereka cari.
 Apabila CV Anda cukup menarik bagi perusahaan, besar kemungkinan Anda akan mendapatkan panggilan untuk wawancara.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H