Mohon tunggu...
Eny Ariyanti
Eny Ariyanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya guru Pendidikan Anak Usia Dini, sangat menyukai anak-anak, hobby musik dan tari

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Alat Permainan Edukatif (APE) Kotak Berhitung - Anak Usia Dini

3 Oktober 2022   19:58 Diperbarui: 8 Oktober 2022   17:46 2772
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MAKALAH 

ALAT PERMAAINAN EDUKATIF (APE) 

ANAK USIA DINI

"KOTAK BERHITUNG"

             

Disusun Oleh:

Eny Ariyanti, S.E. S.Pd.

NUPTK.2850752654220002

 

TK SARTIASARI

JL. WONOREJO III

SURABAAYA

2021

           BAB I

PENDAHULUAN


           1.1 Latar Belakang

Masa anak usia dini merupakan periode penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Masa ini merupakan masa emas (golden age) di mana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dan merupakan masa yang sensitif  untuk menerima berbagai rangsangan dan aktif  untuk mengembangkan semua aspek perkembangannya. Masa usia dini merupakan masa awal di mana anak sangat mudah menerima rangsangan untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, bahasa, sosial emosional, agama, moral, dan kreatifitas.

UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pasal 1 butir 14 menyebutkan bahwa :

Pendidikan Anak Usia Dini adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujukan untuk anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut.

Hasil penelitian mengemukakan bahwa pertumbuhan sel jaringan otak pada anak usia 0-4 tahun mencapai 50 % dan pada saat usia 8 tahun mencapai 80 %. Periode perkembangan masa kanak-kanak sebagai masa emas (golden age) yang hanya terjadi satu kali dalam perkembangan kehidupan manusia.

Pada usia 4-6 tahun merupakan periode terpenting untuk merangsang pertumbuhan otak anak salah satunya dengan pembelajaran menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE).

Melalui bermain anak akan menggunakan sensorimotorik atau fungsionalnya sehingga anak dapat menyalurkan daya imajinasi, fantasi, berfikir kritis, sampai pada problem solivingnya. APE menumbuhkan minat dan motivasi belajar sambil bermain yang dapat merangsang semua aspek perkembangan anak. Sebagai solusinya Alat Peraga Edukatif Kotak Berhitung  ini akan memberikan manfaat edukasi pada anak.


1.2 Rumusan Masalah

Apa pengertian dalam alat permainan edukatif?

Apa tujuan penggunaan  Alat Permsinsan Edukatif?

Apa manfaat penggunaan Alat Permainan Edukatif?


1.3 Manfaat Penulis

Meningkatkan kemampuan kognitif

Meningkatkan konsentrasi

Mengenalkan konsep penjumlahan

Mengenalkan warna, bentuk, ukuran, tekstur

        BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Alat Peraga Edukatif di TK

                  Alat permainan edukatif merupakan alat-alat permainan yang dirancang dan dibuat untuk untuk menjadi sumber belajar anak-anak usia dini agar mendapatkan pengalaman belajar yang berguna untuk  meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak yang meliputi aspek fisik motorik, emosi, sosial, bahasa, kognitif dan moral. Alat permainan edukatif dapat mengoptimalkan perkembangan anak disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangannya. APE adalah permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan, sekaligus sebagai alat bermain yang dirancang untuk untuk tujuan meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini. APE didesain dengan menarik minat anak untuk bermain dengan berbagai variasi, tidak mudah rusak dan dapat diterima oleh semua kebudayaan. segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai pendidikan (edukatif) dan dapat mengembangkan seluruh kemampuan anak.

 APE Kotak Berhitung  adalah alat yang dapat dipergunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai pendidikan (edukatif) dan dapat meningkatkan kemampuan bilangan dan berhitung dengan pengembangan seluruh aspek kemampuan perkembangan anak yaitu melatih kemampuan motoric, melatih konsentrasi, mngembangkan konsep sebab akibat, melatih bahasa, sosial emosional, megenalkan ukuran, penjumlahan, warna, bentuk, nilai agama dan dapat merangsang minat dan motivasi belajar anak


       2.2 Tujuan Penggunaan Alat Peraga Edukatif

Alat permainan edukatif Kotak Berhitung mempunyai sasaran untuk anak usia yaitu 4-6 tahun, dengan harapan dapat memberikan stimulasi pada kemampuan dasar yang dimiliki anak secara optimal dan menyeluruh.


      2.3 Manfaat Alat Peraga Edukatif

Alat permainan edukatif Kotak Berhitung ini di aplikasikan dengan

Model pembelajaran kelompok kecil aktif yang berisi berbagai variasi kegiatan

bermain seraya belajar yang berpusat pada anak ( Child Oriented) serta berbasis pada Kecerdasan Jamak (Muiltiple Intelligent). Manfaat dari alat permainan edukatif ini antara lain:

         1.Pengembangan Moral dan Nilai Agama

            Anak belajar sabar menunggu giliran dan mengikuti aturan permainan serta berdoa ketika hendak memulai kegiatan bermain.

         2.Pengembangan Sosial Emosional

             Meliputi pengembangan perasaan dan emosi serta pengembangan kemampuan sosial. Anak mampu mengharagai pendapat

             dan bertenggang rasa juga memiliki empati.

          3. Pengembangan Bahasa

               Meliputi pengembangan bahasa agar anak mampu berkomunikasi secara aktif dengan lingkungan. Di dalam permainan anak                    diberi tugas untuk memasukkan benda kelubang dengan menghitung, menunjukkan angkanya, menjumlah dengan                                       menghitung dan mencocokkan bilangannya

          4. Pengembangan Kognitif

         Meliputi pengembangan matematika permulaan mengenal angka, penjumlahan. Pengembangan ini mengarah pada                               pencapaian kecerdasan logika matematika dan pengenalan pada numerasi.

          5. Pengembangan Fisik Motorik

              Meliputi pengembangan motorik halus (fine motor) dan motorik kasar (gross motor) untuk pertumbuhan dan kesehatan                            anak.     Hampir semua kegiatan Kotak Berhitung ini mengandung unsur gerakan- gerakan yang merangsang perkembangan                     motorik anak. Mulai dari mengambil , memasukan, menghitung, mencocokkan bilangan dengan menggunakan koordinasi                       mata, tangan dan kaki.

           6. Pengembangan Seni

               Menata. menyusun material dalam bermain kotak berhitung sebagai pengembangan seni pada anak

                                                  BAB III

ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK BERHITUNG


3.1 Fungsi Permainan Edukatif Kotak Berhitung 

1. Meningkatakan kognitif

2. Melatih motorik

3. Mengasah kecerdasan fisik kinestetik ( Body Smart)

4. Menumbuhkan rasa percaya diri

5. Menumbuhkan pengembangan sosial emosional

6. Mengasah penguasaan bahasa

7. Meningkatkan nilai agama moral


3.2.Waktu Pembuatan

Untuk waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan APE ini antara 60-120 menit dengan  jumlah bidang pengembangan yang di munculkan


3.3 Bahan Dan Alat

Bahan:

-Kardus bekas

-Gelas plastik bekas

-Kertas Origami

-Lem Tembak

-Kertas warna

-Palstik mika    

-Batu kerikil/Bola kecil


Alat yang digunakan

-Gunting

-Cutter

-Lem tembak



3.4 Cara Pembuatan

1. Potong kardus bekas berbentuk persegi panjang ukuran 40x10 cm sebanyak 3 buah, ukuran 40x40cm sebanyak 1 buah, 40x10 sebanyak 2 buah. Beri 2 lubang sisi kiri dan kanan kardus bagian atas kotak berhitung.

2. Bungkus kardus yang sudah dipotong dengan kertas warna.

3. Rekatkan sisi-sisonya dengan lem tembak.

4. Potong 2 gelas plastik bagian bawahnya hingga membentuk lubang lingkaran.

5. Pasang gelas plastic pada lubang atas sisi kanan kiri.

6. Bentuk kotak saku dengan pastik mika potong dan tempelkan dengan lem tembak pada depan kanan dan kiri.

7. Beri tanda tambah (+) pada tengahnya dengan kertas origami dan tanda (=).


Gambar Media Kotak Berhitung:




 

     3.5 Cara Menggunakan Kotak Beritung

     Kegiatan bermain dengan media kotak berhitung dilakukan sebelum masuk pada kegiatan inti. Guru mengenalkan media kotak              berhitung, bagian-bagiannya, fungsinya, bentuknya, warnanya, cara bermainnya. Adapun cara bermain Kotak berhitung antara            lain :

  • Anak mengambil batu kerikil atau bola kecil sesuai keinginan anak dan memasukkan ke lubang sebelah kiri sambil dihitung dan anak mengambil kartu angka sesuai  jumlahnya.
  • Guru membimbing anak dengan bertanya tanda apa yang ada di tengah kotak (+).
  • Anak mengambil batu kerikil/bola kecil, memasukkan ke lubang sebelah kanan sambil dihitung, kemudian anak mengambil kartu angka sesuai jumlahnya.
  • Anak mengambil keseluruhan benda yang sudah dimasukkan dari lubang sebelah kiri dan kanan lalu menghitungnya dan mengambil angka sejumlah bilangannya.
  • Guru memberi penguatan yang didapat anak dengan mengulangi dan mengatakan jadi berapa jumlahnya... misalkan 3 + 5= 8.
  • Anak mencobanya dengan beragantian dan memperhatikan temannya bermain.

   BAB IV

PENUTUP


     4.1 Kesimpulan

     Alat permainan edukatif (APE) adalah merupakan alat-alat permainan yang dirancang dan dibuat untuk menjadi sumber belajar            anak-anak pada usia dini agar mereka mendapatkan pengalaman belajar yang konkrit. Pengalaman ini akan berguna untuk                      meningkatkan seluruh aspek perkembangan anak  seperti aspek fisik/motorik, emosi, sosial, bahasa, kognitif dan moral.

      Alat permainan edukatif memiliki manfaat meningkatkan kecerdasan dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan         bagi anak dengan media yang menarik, mengembangkan indra/sensori, ketrampilan motorik, kognitif, pemecahan masalah,                    bahasa, social emosional, dan nilai-nilai agama moral.  Guru dapat merancang dan membuat Alat permaian edukatif,                                  menggunakan kreasi dan inovasi sendiri dengan berprinsip pada pembentukan karakter dan unsur edukatif bagi anak didik.

      4.2 Saran

     Para guru diharapkan dapat berkreasi dan berinovasi membuat alat permainan edukatif sendiri sesuai dengan kebutuhan dan                    tingkat perkembangan anak untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memotivasi anak untuk belajar dan                        meningkatkan seluruh aspek perkembangan anak didik.

DAFTAR PUSTAKA

Ismail, Andang . 2007. Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Martuti, A.2008. Mengelola PAUD dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Waseso, Mulyadi Guntur. 2002. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, Vol. 9, No.2, Oktober 2002: 

140-145.

MierEdu (2020) dan Sander (2019) Manfaat APE Terhadap Stimulasi Perkembangan Anak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun