Mohon tunggu...
Eny DArief
Eny DArief Mohon Tunggu... Lainnya - An ordinary woman

Halloo, apa kabar?

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Vaksin Covid untuk Orang Asing

17 Desember 2021   14:56 Diperbarui: 17 Desember 2021   15:07 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagaimana seorang Warga Negara Asing yang tinggal di Indonesia bisa mendapatkan suntik vaksinasi covid 19 dosis lengkap dari program pemerintah Indonesia?

Sebelumnya saya tidak kebayang suami saya (Warga Negara Asing) bisa mendapat vaksin dosis lengkap layaknya warga negara Indonesia, karena yang saya ketahui sebelumnya vaksinasi program pemerintah hanya berlaku untuk Warga Negara Indonesia pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia.

Sampai pada suatu ketika saya melihat berita Jakarta, bahwa orang asing yang tinggal di Indonesia bisa memperoleh vaksinasi program pemerintah layaknya Warga Negara Indonesia.

Caranya gimana? Ikuti cerita saya

Meskipun akhirnya saya mengetahui bahwa Warga Negara Asing bisa mendapatkan vaksinasi program pemerintah layaknya Warga Negara Indonesia, namun ada kendala lain yang membuat saya dan suami pikir-pikir dulu untuk mendafarkan diri suntik vaksin. Karena kami takut dengan efek samping Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yaitu bentuk respons tubuh terhadap vaksin yang disuntikkan. Bagaimana bila efeknya berat seperti di berita-berita? Kuatir malah mendapat sakit berat.

Selain itu karena kami juga sudah pede dengan vaksin alamiah yang otomatis terbentuk pada tubuh kami setelah terkena Covid varian Delta pada Juli 2021 lalu. Ya, Kami terkena virus secara bersamaan.

Alhamdulillah kami sembuh dari Covid setelah isolasi mandiri  selama 14 hari

Ada tiga bulan pasca terkena virus untuk bisa menerima vaksinasi, walaupun pada pelaksanaannya banyak yang baru satu atau dua bulan terkena Virus Covid sudah langsung bisa di vaksinasi.
Boleh-boleh saja, saya toh melihat mereka baik-baik saja. Namun saya dan suami tetap kekeuh tunggu 3 bulan. Meskipun sana-sini sudah me warning : "AYOOOO VAKSIN, Nama Ibu muncul terus di Kelurahan."

Setelah tiga bulan lebih, pada akhirnya kami memutuskan vaksin, setelah kami merasa kondisi kami fit, sehat wal'afiat, maka kami memburu dimana tempat pelaksanaan vaksinasi PFIZER dosis pertama. Karena saya penduduk DKI Jakarta, caranya mudah untuk mencari kuota jenis vaksin yang kami minati dan waktunya sesuai dengan waktu kami, melalui web Dashboard Monitoring Faskes Penjadwalan Vaksinasi melalui JAKI Pemprov DKI Jakarta.

Syarat Mendapatkan Vaksin untuk WNA 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun