Kemampuan menulis seperti halnya dengan kemampuan berbahasa yang lain, yaitu tidak akan datang secara otomatis, melainkan harus melalui latihan dan praktek yang banyak dan teratur (Henry GunturTarigan, 1993: 3).
Menulis merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki dan dikuasai oleh siswa Sekolah Menengah Pertama. Kesulitan siswa dalam menulis biasanya terlihat ketika diminta untuk menulis sebuah karangan sederhana, mendeskripsikan suatu benda ataupun ketika menulis puisi atau cerpen, mereka sering mengeluh dan terlihat bingung dengan apa yang ingin mereka tulis. Kebosanan, kejenuhan, serta kebingungan siswa dalam hal menulis dapat mengakibatkan menurunnya prestasi belajar dalam pembelajaran menulis.
Menulis cerita pendek adalah salah satu bentuk seni yang memungkinkan penulis untuk menggali kreativitas, mengembangkan imajinasi, dan menyampaikan pesan dengan cara yang singkat dan padat. Keterampilan menulis cerita pendek bukan hanya dilakukan penulis profesional, tetapi juga dapat menjadi aktivitas yang bermanfaat bagi siapa saja termasuk siswa SMP yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa dan berpikir kreatif.
Memfasilitasi siswa SMP dalam menulis cerita pendek memerlukan pendekatan yang mendukung kreativitas dan pengembangan keterampilan menulis. Berikut adalah beberapa Cara efektif untuk memudahkan siswa SMP menjadi penulis cerita pendek:
Ciptakan Lingkungan Kreatif:
Lingkungan belajar yang mendukung kreativitas dapat memberikan stimulasi visual dan menginspirasi imajinasi siswa. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memasang poster-poster, kutipan inspiratif, atau gambar-gambar menarik di sekitar lingkungan sekolah.
Berikan Kebebasan Ekspresi:
Biarkan siswa bebas untuk mengekspresikan ide dan gagasan mereka tanpa hambatan. Dorong mereka untuk percaya diri dalam memulai menulis dan tidak takut salah dalam menulis kreatif, dan yakinkan setiap ide itu bernilai.
Latihan Menulis Bebas:
Menulis cerita pendek membutuhkan latihan yang rutin. Untuk membantu mereka merasa lebih bebas dan kreatif, berikan waktu untuk menulis bebas di mana siswa dapat mengeksplorasi ide-ide mereka tanpa batasan. Alokasikan waktu khusus untuk menulis setiap hari atau minggu, dan eksplorasi berbagai gaya dan genre untuk mengembangkan keterampilan menulis.
Berikan Petunjuk Menulis: