Mohon tunggu...
Enok Ratnayu
Enok Ratnayu Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya Enok Ratnayu menyukai hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan, sastra, psikologi, filsafat, dan politik.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Melejitkan Prestasi Siswa dengan Pemberian Tugas KBM secara Diferensiasi

24 Juni 2024   20:49 Diperbarui: 24 Juni 2024   21:14 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MELEJITKAN PRESTASI SISWA DENGAN PEMBERIAN TUGAS KBM SECARA DIFERENSIASI

Ditulis oleh: Enok Ratnayu

Setiap siswa berhak menyandang prestasi! Namun demikian dalam KBM terkadang para siswa dibenturkan dengan tugas belajar yang tidak sesuai dengan passionnya. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi guru-guru untuk bisa memberikan energi positif sekaligus pemahaman kepada para siswa bahwa setiap orang bisa berprestasi sesuai passionnya. 

 

Salah satu upaya yang bisa dilakukan guru untuk mengatasi hal di atas adalah pemberian tugas belajar secara diferensiasi, yaitu memberi pilihan tugas kepada siswa sesuai bakat, minat, dan kemampuan maksimalnya dalam batas dan rambu-rambu sesuai kurikulum. Jadi, dalam pemberian tugas KBM, hendaknya guru tidak hanya menyediakan satu tugas, tetapi memberi pilihan yang memberi keleluasaan kepada siswa untuk menentukan sendiri tugas seperti apa yang ingin dikerjakannya.

Pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024, saya mengajarkan mapel bahasa Indonesia di Kelas X SMKN 12 Malang. Ada tiga materi KBM yang kami ajarkan kepada para siswa pada semester tersebut, yaitu: negosiasi, biografi & cerita sejarah, serta puisi. Saya mencoba menerapkan teknik diferensiasi, walau masih parsial. Namun di akhir semester saya menemukan pencapaian nilai hasil belajar yang sangat membanggakan bagi saya pribadi.

Di bawah ini, saya kutipkan uraian tugas KBM semester tersebut:

AKTIVITAS KBM BIN KELAS X SEMESTER GENAP 2023/2024

MATERI:

1. NEGOSIASI

a. Membuat PPT (Individu)

b. Presentasi (Individu) dengan teknik boleh langsung di depan kelas, boleh diupload di youtube

c. Praktik Negosiasi (Kelompok)

(Video yg diupload di Youtube)

d. Ulangan

2. BIOGRAFI & CERITA SEJARAH

a. Membuat PPT (Individu)

*) Nomor presensi ganjil Biografi, nomor presensi genap Cerita Sejarah

b. Presentasi (Individu) dengan teknik boleh langsung di depan kelas, boleh diupload di youtube

c. Menganalisis Biografi atau Cerita Sejarah (Individu)

*) Silakan memilih salah satu antara biografi atau cerita sejarah sesuai minat masing-masing.

d. Menulis Autobiografi (Individu)

e. Ulangan

3. PUISI

a. Membuat PPT (Individu)

b. Presentasi (Individu) dengan teknik boleh langsung di depan kelas, boleh diupload di youtube

c. Menganalisis Unsur Intrinsik Puisi (Individu). Puisi yang dianalisis diambil dari Buku antologi puisi karya warga SMKN 12 Malang

d. Mengekspresikan Puisi (Individu)

*) Memilih salah satu:

- Menulis puisi (diupload di Blog Kompasiana) ' Setelah dikonsultasikan kepada guru pengampu

- Membaca Puisi (boleh karya sendiri, boleh karya orang lain) diupload di Youtube

- Musikalisasi Puisi (boleh karya sendiri, boleh karya orang lain) diupload di Youtube

e. Ulangan

Pada materi negosiasi, tugas diferensiasi yang penulis tawarkan hanya pada tugas presentasi. Para siswa diberi pilihan untuk presentasi langsung di depan kelas atau membuat video yang diunggah di youtube. Sementara pada materi biografi & cerita sejarah, ada dua tugas diferensiasi yaitu presentasi dan menganalisis dengan pilihan biografi tokoh atau cerita sejarah. Dan pada materi puisi juga ada dua tugas diferensiasi yaitu presentasi dan ekspresi puisi. Khusus ekspresi puisi, penulis menawarkan tiga pilihan tugas yaitu: menulis puisi, membaca puisi, dan musikalisasi puisi.

Setelah tugas terkumpul dan penilaian dilaksanakan, penulis dapat menyampaikan hasil pengamatan sebagai berikut:

Untuk tugas presentasi dari ketiga materi, penulis menemukan ada siswa yang untuk ketiga materi memilih presentasi langsung di depan kelas, ada siswa yang untuk ketiga materi memilih presentasi dalam youtube, dan ada juga siswa yang memilih dua variasi cara presentasi yaitu ada yang presentasi langsung dan presentasi melalui youtube. Siswa yang memilih semua materi presentasi langsung adalah para siswa yang sudah biasa berbicara di depan publik, di antaranya para aktivis organisasi kesiswaan. Sedangkan siswa yang memilih ketiga materi presentasi melalui youtube adalah mereka yang cenderung pendiam atau pemalu, namun presentasi mereka melaui youtube cukup bagus bahkan ada yang sangat bagus. Hal ini kemungkinan karena ketika mereka melaksanakan rekaman, hanya sendirian di dalam kamar, jadi mereka lebih rileks dan hasilnya maksimal. Dan siswa yang memilih dua variasi cara presentasi adalah mereka yang berani mengeksplorasi diri menguji kemampuannya.

Untuk tugas menganalisis biografi atau cerita sejarah, pilihan ini hanya seputar materi. Siswa yang lebih suka mengetahui kisah hisup seseorang pasti memilih biografi, dan yang lebih suka mengetahui latar belakang kejadian suatu tempat, peristiwa, atau benda; mereka akan memilih cerita sejarah.

Mengekspresikan puisi adalah tugas diferensiasi yang memiliki tiga pilihan, yaitu: menulis puisi, membaca puisi, dan musikalisasi puisi. Tugas ini betul-betul mengeksplor kemampuan siswa. Siswa yang introvert sudah pasti memilih menulis puisi, sementara mereka yang ekstrovert, yang senang tampil pasti memilih membaca puisi atau musikalisasi puisi. Di antara membaca puisi dan musikalisasi puisi, juga para siswa akan mengukur kemampuan masing-masing. Mereka yang sadar bahwa suaranya bagus, bisa bernyanyi, pasti memilih musikalisasi puisi; apalagi bila mereka bisa memainkan alat musik, misalnya gitar. Sementara para siswa yang berani tampil namun sadar kurang kompeten dalam bernyanyi, mereka memilih membaca puisi.

Dan hasilnya, nilai ekspresi puisi mereka bagus, yaitu 85 ke atas.

Dengan demikian, dari pengalaman tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa bila siswa diberi kemerdekaan memilih tugas, mereka akan mempertimbangkanya dan menyesuaikannya dengan kompetensi masing-masing. Mereka akan lebih nyaman dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas KBM, sehingga dapat meraih nilai maksimal, sekaligus melejitkan prestasinya!

***

 

*) Penulis adalah guru Bahasa Indonesia di SMKN 12 Malang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun