Jelajahi "Miniatur" Indonesia, Bareng Honda Vario 150 eSP! (Dok. Pribadi)
Satu dekade silam, Pasar Roda 2 Tanah Air heboh kehadiran skuter matik, yang efeknya masih terasa sampai sekarang. Mau bukti? Silahkan turun langsung ke jalan raya di kota-kota besar, Kemudian lihat sendiri perbandingan kuantitas antara skuter matik dan jenis motor lain. Wajar, Selain harganya relatif terjangkau... Bobot yang ringan, Kelincahan serta Tak perlu repot oper gigi, Jadi alasan kuat mengapa jenis motor ini mudah disukai berbagai kalangan. Perkembangannya dimulai dengan kapasitas mesin 110cc, merangkak ke 125cc, hingga belakangan ini naik kelas ke 150cc - Yang salah satu pionirnya adalah Honda Vario 150 eSP.
Menggabungkan kapasitas mesin 150cc bak motor sport serta Kelincahan khas skuter matik standar, Konsep yang coba diusung Honda Vario 150 eSP tentu sangat brilian! Tapi yang jadi pertanyaan selanjutnya: Bagaimana kalau konsep keunggulan tersebut kita tes langsung ke penggunaan sehari-hari, Di Jalanan Indonesia dengan beragam keunikannya? Mampukah skuter matik 150cc tersebut menjawab segala ekspektasi konsumen Indonesia?
Itu jadi pertanyaan netizen sekaligus misi besar bagi saya, Saat pertama bertatap muka dengan Honda Vario 150 eSP di sesi riding test PT Astra Honda Motor bersama Blogger beberapa waktu lalu. Ya! Saya adalah satu dari segelintir orang yang berkesempatan mencoba Vario-series terbaru ini, Bahkan sebelum unitnya sampai ke dealer-dealer terdekat di kota Bro & Sist.Â
Jangan tanyakan betapa bangganya saya bisa menghadiri acara tersebut (bisa dibaca jelas di paragraf sebelumnya kok, hehehe), Tapi silahkan simak usaha saya untuk menjawab puluhan pertanyaan netizen yang penasaran terhadap skuter matik 150cc ini via blog pribadi. Menjelajahi "miniatur" Indonesia alias Taman Mini Indonesia Indah, Sepertinya merupakan venue tepat untuk mengungkap segala keunggulan Vario 150 pada kondisi jalanan yang sesungguhnya...
Pembahasan kita mulai dari sisi estetika... Secara tampilan, Honda Vario 150 eSP hadir dengan sentuhan berbeda dibanding beberapa generasi sebelumnya. Desainnya kini lebih sporty berkat detail yang terlihat meruncing dan keren, Seperti di bagian Dual Keen Eyes LED Headlamp, Dynamic Speedometer, Sayap samping, Bodi, serta Velg cast-wheel 5 palang Y-Spoke ala motor sport. Meskipun demikian, Kesan elegan tetap dipertahankan Honda lewat Emblem 3D Chrome, plus Pilihan warna yang terdiri dari Exclusive Black Metallic, Exclusive Matte Black, Exclusive Matte Blue, Exclusive Matte Brown, serta Exclusive Pearl White. Kombinasi antara eleganisme dan unsur sporty yang ciamik bukan?
Beralih ke sisi fitur, Sebenarnya kebanyakan fitur yang ada di Honda Vario 150 eSP sudah ada di produk skuter matik Honda sebelumnya. Tapi kabar baiknya, Semua fitur-fitur tersebut dikombinasikan menjadi satu di skuter matik 150cc ini loh! Pertama ada Dual Keen Eyes LED Headlamp yang nampak futuristik. Tak cuma keren dan terang, Tapi lampu berjenis Light Emitting Diode tersebut juga minim arus aki serta daya tahannya diklaim hingga seumur motornya tuh! Keren...
Selanjutnya ada Answer Back System. Apa fungsinya? Yang satu ini punya fungsi vital, Terutama jika Bro-Sist sering memarkirkan kendaraan di area yang padat, Mall misalnya. Selama ada Answer Back, Nggak perlu takut kelupaan atau khawatir posisi parkir motor dipindahkan oleh abang penjaga parkir... Cukup klik tombol yang ada di kunci Honda Vario 150 eSP, Kemudian motor akan merespon dengan bunyi "tiitt" disertai kedipan lampu sein. Dari percobaan saya secara langsung di lapangan, Fitur ini bekerja hingga jangkauan 15-20 meter lho!
Kemudian ada juga bagasi Helm-In berukuran 18 liter. Sesuai namanya, Helm open-face dan full-face standar Honda mampu dilahap dengan mudah oleh Bagasi Honda Vario 150 eSP. Jadi nggak perlu lagi khawatir kehilangan helm kesayangan deh, Tinggal masukkan ke dalam bagasinya saja!
Dan asiknya, Itu baru beberapa dari keseluruhan fitur yang terdapat di Honda Vario 150 eSP. Masih ada beberapa fitur standar lainnya, Seperti Parking Brake Lock (pengunci rem saat motor diparkir di area menanjak atau menurun), Secure Key Shutter (kunci kontak anti maling dengan pengaman magnet), Side Stand Switch (standar samping otomatis dengan saklar pemutus arus listrik), Tombol Pembuka Jok di area Kunci Kontak, Tangki Bahan Bakar 5,5 Liter, serta seabrek fitur lain yang bakal ditemui pada penjelasan dibawah.
Setelah puas mengamati sekaligus mencoba langsung beberapa fiturnya, Kali ini saatnya saya mengeksplor sisi ergonomi serta performa mesin 150cc terbarunya. Duduk diatas Honda Vario 150 eSP, Sambutan jok empuk, Posisi tangan yang rileks, Bobot 109 Kg yang terasa ringan serta Kaki menapak sempurna (Tinggi badan 172 cm), Menyapa seluruh anggota gerak tubuh - Seolah menghipnotis saya untuk ogah kembali pakai motor sport yang cenderung berat, merunduk hingga membuat pinggang terasa pegal... Kata nyaman maksimal adalah penjelasan sederhana soal ergonominya. Tak berlebihan, Vario 150 Sempurna di sektor ini.
Putar kunci kontak ke posisi on, Tombol starter elektrik kemudian saya tekan... Loh, Kok nggak ada suaranya ya? Ternyata, Fitur ACG Starter yang disematkan membuat proses menyalakan Vario 150 jadi tanpa suara sedikitpun! Kombinasinya dengan mesin berteknologi eSP, Kembali menghasilkan suara mesin dan knalpot yang benar-benar halus, ramah lingkungan, tanpa suara yang mengganggu - Bahkan hingga di kecepatan tinggi sekalipun.
Karena makin penasaran dengan kemampuan Honda Vario 150 eSP melibas kemacetan, Skuter matik ini langsung saya arahkan keluar area parkir. Tapi saat antre karcis parkir, Disini saya kembali menemukan satu lagi fitur yang sangat bermanfaat, Yaitu Idling Stop System (ISS) - yang mematikan mesin secara otomatis setelah berhenti 3 detik dan kembali menyala saat gas dipuntir. Fitur ini jelas bukan gimmick semata, Tapi pada kenyataannya memang sangat berguna! Contohnya seperti saat antre keluar parkiran diatas, ataupun kala berada di lampu merah... Selain menghemat konsumsi bahan bakar karena mesin tak perlu bekerja saat motor terdiam, Secara teknis fitur ini juga berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap dingin dan optimal.
Setelah merasakan keampuhan ISS, Saya kemudian mengarahkan Honda Vario 150 eSP keluar area Taman Mini Indonesia Indah. Kebetulan saat itu jalanan sedang padat karena memasuki jam pulang kerja. Tapi disisi lain, Inilah momen yang tepat untuk mengetes keandalan Vario-series terbaru. Tenaga dari mesin eSP 150cc 4-Tak berpendingin cairan begitu halus saat diajak melahap kemacetan... Â Kombinasi Ergonomi yang nyaman, Ban tubeless, Transmisi otomatis, serta bobot yang ringan membuat Honda Vario 150 eSP terasa lincah dan mudah diajak selap-selip diantara kepadatan lalu-lintas. Pengereman Combi Brake System (CBS) juga melakukan tugasnya dengan baik, Sebagai fitur yang berfungsi membagi penggunaan rem depan dan belakang sekaligus secara proporsional. Jadi nggak perlu takut ban depan slip karena kaget ngerem mendadak deh!
Setelah mendapatkan impresi melahap kemacetan, Saya kemudian kembali menuju area Taman Mini Indonesia Indah. Kali ini waktunya kita berkeliling "miniatur" Indonesia, Untuk menjajal performa dan kemampuan Honda Vario 150 eSP saat melibas tikungan serta berbagai kontur jalan. Lumayan cocok kan, Menggambarkan kondisi jalanan Indonesia yang beraneka ragam? Hehehe...
Saat gas dipuntir di area yang sepi, Ternyata performa mesin 4-Tak, 150cc, milik Honda Vario 150 eSP tak seliar yang saya kira sebelumnya. Powernya terasa smooth, senyap, dan minim getaran. Sangat bersahabat, Tanpa mengintimidasi pengendara, ataupun mengorbankan akselerasi 0-80 km/jam yang tetap mengigit. Karakternya cocok untuk user yang baru naik kelas dari motor 110-125cc, bahkan bagi pemula sekalipun.Â
Terpaan angin di kecepatan 100 km/jam (bahkan lebih, di speedometer) pun sempat saya cicipi, Meski membutuhkan trek yang lebih panjang. Secara keseluruhan, Performa Honda Vario 150 eSP jelas setingkat diatas sang 'adik', Vario 125 eSP, ataupun skuter matik lain di kelasnya. Eits! Meskipun tergolong gesit, Tapi jangan khawatir soal konsumsi bahan bakarnya... Dilengkapi dengan Injeksi PGM-FI plus Honda Smart Technology, Honda mengklaim konsumsi BBM nya tembus 48 km untuk penggunaan 1 liter bahan bakar!
Kombinasi Sasis mumpuni, Suspensi bertipe kaku, Ban tipe tubeless, serta Power yang halus membuat Handling Vario 150 terasa mantap saat keluar-masuk tikungan... Berbagai curve tikungan yang ada di area pengetesan mampu dilahap dengan mudah - Semudah menghabiskan seporsi mie ayam langganan saya, hehe.
Namun bantingan suspensi yang terasa kaku demi kehandalan menghandle tikungan, Justru sedikit jadi problem kala dipaksa melewati jalan berlubang - sekaligus rel kereta api yang melintang di area pengetesan... Lingkar ban 14 inci khas skuter matik serta suspensi yang diset kaku, Sempat mengagetkan saat halang-rintang tersebut saya lewati dengan kecepatan sedang. Beruntung, Jok nya yang empuk mampu mengimbangi kekurangan ringan tersebut, Sekaligus membuat pinggang tetap terasa rileks.
Rasa letih yang hinggap setelah seharian menjelajah "miniatur" Indonesia, Terbayarkan sudah. Jawaban tentang konsep dan keunggulan Honda Vario 150 eSP rampung diterjemahkan dalam penggunaan nyata sehari-hari. Menggabungkan karakter motor yang gesit, bersahabat dan mudah digunakan dari berbagai aspek, Wajar apabila Vario 150 terbukti jadi 5 motor terlaris di Indonesia tahun 2015 silam (sumber: otomotif kompas)... Meski berada di segmen Hi-End dengan banderol harga lebih tinggi, plus dikepung berbagai nama skuter matik lain di kategori entry/pemula - Dengan spesifikasi lebih rendah.
Skuter matik ini mungkin bukan pilihan cocok untuk para penggila kecepatan hingga ratusan km/jam, Motor sport sepertinya lebih memuaskan keinginan tersebut... Tapi jika Bro & Sist mendambakan sebuah motor yang nyaman dan ringan untuk dikendarai, lincah melahap kemacetan, punya akselerasi mengigit, irit bahan bakar, didukung seabrek fitur mumpuni yang membantu di bermacam kondisi, serta kepraktisan khas ala skuter matik, Maka Honda Vario 150 eSP adalah pilihan terbaik dan satu-satunya yang bisa diandalkan... Seperti tagline yang diusungnya selama ini - The One And Only Vario 150! Yang sekaligus menjadi pionir sebuah era baru, Era skuter matic 150cc di Indonesia...
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H